fbpx

Riset pasar menjadi aspek penting dari strategi bisnis serta untuk memimpin pasar. Hal itu sudah dilakukan sejak dulu namun cara untuk mengumpulkan informasi telah berkembang. Pengumpulan data yang rumit telah tergantikan oleh teknologi yang serba otomatis. Riset pasar adalah cara mengumpulkan informasi penting tentang selera dan preferensi konsumen, tren terbaru, tentang pesaing, dan sebagainya. Proses pengumpulan informasi ini disebut dengan riset pasar.

Tujuan utama dari digital marketing adalah mempromosikan brand, produk dan layanan melalui berbagai bentuk media online. Setiap bisnis membutuhkan riset pasar terhadap produk mereka dan mereka harus mengetahui berapa banyak pelanggan yang menyukai dan tidak menyukai produk mereka. Bisnis harus melakukan perubahan yang dibutuhkan terhadap produk atau fasilitas mereka.

Untuk melakukan penelitian, anda harus berinteraksi dengan pelanggan. Saat ini, anda bisa melakukannya secara digital seperti mengajukan kuesioner yang berhubungan dengan produk, merk, dan bisnis mereka. Digital marketing memfasilitasi bisnis untuk mengetahui kampanye digital mereka secara real time dan mencari tahu strategi mana yang berhasil dan mana yang harus ditingkatkan.

Contents

Pentingnya Riset Pasar dalam Digital Marketing

Riset pasar memberikan informasi penting tentang prospek segmen pasar tertentu, selama kurun waktu tertentu dan dalam kelompok usia tertentu. Dengan riset pasar, anda bisa mendapatkan berbagai data dalam bisnis anda yang bisa digunakan untuk bekerja secara efisien. Berikut ini beberapa poin yang bisa membuat anda memahami manfaat atau pentingnya riset pasar:

1. Memudahkan Anda Memahami Kebutuhan Konsumen

Riset pasar yang mendalam bisa membantu anda dalam memahami kebutuhan dan selera para konsumen. Setiap bisnis membutuhkan ikatan yang kuat dengan para pelanggannya agar bisa berjalan dengan efektif. Hal ini hanya bisa terjadi jika penjual sangat menyadari preferensi, selera dan perilaku konsumen. Digital marketer akan menggunakan informasi ini sesuai dengan preferensi konsumen mereka untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik. Ini memungkinkan pelanggan untuk lebih sering mengunjungi situs website mereka.

2. Mengenali Perubahan Tren Pemasaran

Peneliti pasar juga bisa mengidentifikasi tren terbaru yang ada di pasar. Mengikuti tren digital marketing terbaru bisa menarik perhatian konsumen secara maksimal. Riset pasar juga bisa membantu digital marketer mendapatkan wawasan yang mendalam seperti lokasi pelanggan potensial, apa saja yang mereka sukai, apa saja yang mereka benci, apa saja pendapat mereka tentang produk pesaing dan sebagainya. Informasi seperti ini bisa digunakan untuk menciptakan strategi digital marketing yang kuat dan lebih mudah mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Sebagai Tool Digital Marketing

Riset pasar juga memberikan berbagai informasi tentang pasar sehingga lebih mudah untuk membidik audiens. Peneliti pasar mengawasi perilaku pelanggan. Ini akan membantu anda mengumpulkan data pada penelitian primer (memantau pelanggan secara langsung) serta penelitian sekunder ( pengumpulan data yang sudah diterbitkan). Riset pasar juga bisa berfungsi sebagai alat pemasaran digital yang menyediakan data-data yang dibutuhkan tentang konsumen sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah.

Komponen Riset Market

NoKomponen Riset Market
1Merancang rencana riset
2Menentukan alat pengumpul data
3Mengumpulkan data
4Memproses dan menganalisa data
5Menginterpretasikan data
6Menuliskan laporan
7Bertindak berdasarkan hasil riset

4. Menciptakan Strategi Branding untuk Jangka Panjang

Analisis yang mendalam tentang konsumen yang ditargetkan, demografi, perilaku dan preferensi belanja mereka serta analisis pesaing untuk memahami strategi mana yang paling berhasil. Pemahaman ini membuat bisnis bisa merumuskan strategi branding jangka panjang yang efektif untuk bisnisnya. Ini akan membantu merumuskan rencana digital marketing karena akan mempengaruhi keberhasilan jangka panjang dan jangka pendek.

5. Berinteraksi Langsung dengan Pelanggan

Untuk bisa melakukan survei, anda harus berinteraksi dengan pelanggan baik secara langsung ataupun tidak langsung. Tidak setiap orang memiliki waktu untuk mengisi survei. Jadi, anda tidak bisa mengumpulkan data yang memadai. Namun dengan bantuan digital marketer, anda bisa berinteraksi dengan mereka pada situs media sosial dimana anda dapat mengajukan pertanyaan atau anda juga bisa mengirimkan kuisioner ketikan mereka punya banyak waktu untuk mengirimkan feed back.

6. Meningkatkan Pertumbuhan

Riset pasar bisa membantu mengidentifikasi pesaing anda. Anda bisa menganalisis pesaing anda dan bekerja dengan lebih baik atau anda berusaha memberikan yang terbaik untuk memimpin pasar. Analisis marketing tidak hanya tentang mempelajari data konsumen yang berhubungan dengan kelompok target. Ini juga termasuk mengenal pesaing anda serta memahami strategi marketing online dan offline.

Ketika blogger membicarakan bisnis atau produk, maka itu akan memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan dengan hanya memposting sesuatu di situs website organisasi atau halaman media sosial. Ketika banyak orang membicarakan brand bisnis anda secara positif maka hal tersebut bisa mendatangkan lebih banyak kepercayaan.

FAQ

Bagaimana riset pasar bisa berperan penting dalam digital marketing?

Riset pasar dan pemasaran digital akan bekerja sama untuk memantau, mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk meningkatkan pemahaman terhadap digital marketing.

Apa yang bisa didapatkan dengan riset pasar?

Melalui riset pasar, bisnis bisa menaikkan tingkat konversi dengan berbagai cara.

Services: jasa google ads & jasa backlink terbaik

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp