Jika anda memiliki website bisnis sebagai alat pemasaran, maka anda tentu berharap website anda didatangi oleh banyak pengunjung. Oleh karena itu, banyak bisnis yang mempekerjakan seorang ahli SEO untuk memaksimalkan proses optimasi.
Banyak pemilik bisnis yang ingin websitenya menempati peringkat teratas pada halaman pertama mesin pencarian. Tetapi, tidak ada jalan pintas untuk SEO. Jika anda ingin bisnis anda menempati posisi teratas halaman pencarian dalam waktu singkat, SEO mungkin bukan pilihan yang tepat. Bagaimanapun juga, hasil optimasi dengan SEO membutuhkan waktu namun hasil yang didapatkan akan sangat sebanding dengan waktu yang telah anda investasikan.
Jadi, selain menginvestasikan uang, anda juga harus bersabar menunggu hasil kinerja SEO. Jika hasilnya memang akan memuaskan pada akhirnya, bukankah it’s worth it to fight? SEO nantinya akan membantu anda meraih target penjualan/bisnis yang telah ditetapkan.
Baca juga: Cara Menuliskan Artikel SEO Friendly Di Blog Dan Website
Contents
Pengertian SEO
SEO merupakan strategi optimasi website sehingga website anda bisa menempati peringkat atas mesin pencarian. Berbeda dengan google Adwords yang membuat website anda menempati peringkat atas dalam waktu singkat, SEO membutuhkan waktu yang lebih lama, kurang lebih 3 sampai dengan 6 bulan.
Jika bidang bisnis/niche website anda kompetitif maka dibutuhkan waktu yang mungkin lebih lama. Semuanya tergantung dari banyak faktor.
Bagaimana Cara Kerja SEO?
Crawling
Crawling adalah proses pengambilan seluruh halaman website yang terhubung dengan situs website tersebut. Crawling dilakukan oleh sebuah software yang disebut dengan crawler atau Googlebot.
Indexing
Indexing adalah proses pembuatan indeks untuk seluruh halaman website yang telah diambil dan disimpan dalam database. Intinya, proses pengindeksan seperti identifikasi kata-kata dalam suatu halaman website sehingga halaman tersebut masuk ke dalam database mesin pencarian dan bisa ditemukan dengan kata kunci.
Processing
Ini adalah proses dimana mesin pencarian menerima request dari user dengan keyword tertentu. Kemudian mesin pencarian tersebut melakukan proses pencarian dari berbagai situs website yang sebelumnya telah diindeks dan dimasukkan ke dalam database mesin pencarian.
Calculating Relevancy
Sebuah halaman website pasti punya banyak keyword yang dimasukkan ke mesin pencarian sehingga mesin pencarian menghitung relevansi kata kunci yang diterima dengan setiap halaman yang telah diindeks.
Retrieving Result
Retrieving result adalah mengambil hasil yang paling relevan dari kata kunci yang sebelumnya telah diproses lalu menampilkannya ke dalam daftar mesin pencarian yang ada di browser.
Baca juga: Perbedaan SEO On Page Dan SEO Off Page
Mengapa SEO Membutuhkan Waktu yang Cukup Lama?
1. Perlu Melakukan Audit Website
Jika anda menginginkan strategi SEO yang sukses, maka dibutuhkan audit website secara komprehensif/menyeluruh. Pakar SEO akan memeriksa bagian website mana saja yang bermasalah sehingga menghambat website menempati peringkat teratas. Website anda mungkin terlihat baik-baik saja namun di mata Google bisa saja tidak demikian.
Audit website yang berkualitas membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu bahkan bulan. Belum lagi jika website yang ditangani adalah website besar yang punya ribuan halaman. Audit akan membantu anda menemukan permasalahan pada website yang mungkin membutuhkan perbaikan total.
Kemudian, optimasi situs akan dilakukan berdasarkan hasil audit. Audit akan memastikan bahwa tidak ada permasalahan pada website anda yang bisa mencegahnya muncul pada mesin pencarian.
2. Menulis Konten yang Berkualitas Tidak Mudah
Setiap saat, banyak konten website yang dibuat dan dipublikasikan di internet. Jika anda berpikir bahwa artikel anda sudah cukup berkualitas, yang lain mungkin juga berpikir sama seperti anda. Mereka bahkan mungkin menuliskan artikel yang kualitasnya jauh lebih baik dibandingkan anda.
Menuliskan sebuah konten yang bisa menarik perhatian pengguna dan memuaskan Google butuh waktu yang tidak sebentar. Bahkan, tim copywriter dari agensi SEO sekalipun perlu riset dan memproduksi konten dalam hitungan hari.
Untuk bisa membuat konten yang layak mendapatkan peringkat teratas dari mesin pencarian, anda harus mempertimbangkan human-friendly, keunikan, emosi yang mungkin muncul dari para pembaca, jumlah kata, headline, backlinks dan social shares.
3. Persaingan yang Ketat
Mudahnya akses terhadap pemasaran digital membuat bisnis online juga punya banyak pesaing. Lihatlah ke sekeliling anda dan anda akan menyadari bahwa pesaing anda juga sedang menjalankan strategi SEO.
Persaingan semakin ketat jika bisnis anda juga tergolong kompetitif. Persaingan meliputi jumlah dan kualitas konten, backlinks, peringkat mesin pencarian, kecepatan website dan lainnya. Hal inilah yang membuat strategi SEO membutuhkan waktu yang cukup lama.
Oleh karena itu, ahli SEO hadir untuk mengamati tingkat persaingan bisnis anda, menemukan kekurangan pesaing dan pada bagian apa, anda bisa menjadi lebih baik daripada mereka.
4. Mendapatkan Backlink yang Berkulitas Butuh Waktu
Salah satu alasan mengapa SEO membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terlihat hasilnya adalah menanam backlink membutuhkan kerja keras. Kerja keras tersebut tidak akan menghasilkan sesuatu yang instan. Tetapi ingat bahwa link yang berkualitas akan meningkatkan performa SEO anda.
Kriteria Backlink Berkualitas
No | Kriteria Backlink yang Berkualitas |
1 | Berasal dari website yang relevan dan sudah mapan |
2 | Memiliki nilai domain authority (DA) yang tinggi |
3 | Perpaduan antara dofollow dan nofollow |
5. Algoritma Google Selalu Diperbarui
Algoritma mesin pencarian selalu diupdate sehingga setiap website juga harus menyesuaikan agar bisa mempertahankan/meningkatkan peringkatnya di mesin pencarian. Tujuan update algoritma adalah memberikan hasil dengan kualitas terbaik dan relevan kepada pengguna tanpa spam. Google sadar dengan tren terkini dan perilaku pengguna sehingga mereka ingin memberikan layanan terbaik untuk pengguna. Oleh karena itu, hasil dari strategi/kinerja SEO tidak bisa instan.
Baca juga: White Hat SEO: Strategi & Keunggulannya
Keuntungan SEO Jangka Panjang
Sekalipun prosesnya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun ada banyak keuntungan SEO yang bisa anda dapatkan dalam jangka panjang, antara lain:
- Membentuk audiens. Setiap kali seseorang membaca artikel di website anda, anda memiliki member baru dari audiens. Semakin tinggi kualitas konten di suatu website maka semakin potensial traffic yang didapatkan dan semakin banyak audiens baru yang akan datang.
- Menarik pengunjung ke website anda. Karena anda telah menempatkan website pada peringkat teratas mesin pencarian, maka lebih banyak orang yang akan datang dan melihat website anda.
- Membentuk traffic referral. Jika anda menuliskan artikel yang berkualitas tinggi, maka anda mungkin menemukan situs lain yang mengarah pada website anda. Link tersebut sangat menguntungkan peringkat website pada mesin pencarian. Hal ini akan membuat Google melihat bahwa konten anda mendapatkan nilai positif dari pengguna.
FAQ
Mengapa audit website membutuhkan waktu yang cukup lama?
-Karena tujuan audit adalah untuk menemukan permasalahan pada setiap bagian website. Jika jumlah halaman sebuah website mencapai ribuan maka itu tentu akan membutuhkan waktu yang lama.
Mengapa link yang berkualitas diperlukan?
-Karena link yang berkualitas sangat penting untuk meningkatkan otoritas dan peringkat website.