Entah Anda adalah seorang solopreneur, pengusaha kelas menengah, perusahaan atau korporasi multinasional, bisnis dalam bidang tertentu, satu hal yang pasti – Anda membutuhkan identitas brand yang unik. Brand identity atau identitas visual menjadi ciri khas suatu brand dan berinteraksi dengan audiens. Brand identity menentukan kesan pertama untuk bisnis anda, entah itu positif atau negatif.
Logo profesional adalah fondasi dari setiap brand identity. Ini akhirnya menjadi symbol terkenal yang digunakan untuk komunikasi visual. Selain itu, logo merupakan titik awal pengembangan lebih lanjut dari brand identity anda. Logo menjadi cara komunikasi visual setiap perusahaan melalui satu symbol yang mewakili segala sesuatu yang berhubungan dengan perusahaan. Itulah mengapa sangat penting memilih desainer grafis yang tepat untuk membuat logo perusahaan anda harus dilakukan dengan sangat serius.
Contents
Cara Memilih Desainer Logo Terbaik
1. Memilih Desainer yang Karyanya Variatif
Ketika menugaskan seorang desainer untuk membuat logo maka perhatikan portfolio pekerjaan mereka. Beberapa desainer memiliki gaya tertentu ketika membuat logo. Gaya khas mereka, bahkan jika anda menyukainya, mungkin tidak sesuai untuk logo bisnis perusahaan anda. Anda sebaiknya mencari desainer yang memiliki portfolio yang menunjukkan bahwa mereka bisa menyesuaikan gaya yang dibutuhkan untuk desain logo anda.
2. Logo Harus Berbentuk Vektor
Logo anda akan digunakan dalam banyak hal mulai dari ikon situs website kecil hingga tanda di gedung dan stiker kendaraan. Untuk itu logo anda harus bisa digunakan pada semua skala. Bukan untuk menghambat namun pada dasarnya, grafik vector bisa diskalakan ke ukuran apa saja tanpa harus kehilangan kualitasnya. Namun beberapa desainer membuat logo dalam format raster yang tidak bagus digunakan jika ukurannya berubah.
Pernahkah anda mencoba memperbesar gambar atau foto di komputer dan tiba-tiba pecah? Nah itu akan terjadi dengan logo jika logo diberikan dalam bentuk bitmap raster dan bukan vector.
3. Cek Portfolio Mereka
Portfolio adalah identitas pribadi setiap desainer. Dalam portfolio, anda bisa mengetahui banyak hal tentang seorang desainer mulai dari gaya desain hingga niche desain yang paling disukainya. Hal-hal penting yang berhubungan dengan desain logo juga bisa ditemukan dalam portfolio seorang desainer. Salah satunya adalah pengalaman sebelumnya dan konfirmasi logo bahwa desain tersebut real, dan digunakan dalam suatu project atau hanya ide dan seni kreatif saja.
Itu penting jika anda ingin menggunakan jasa desainer logo berpengalaman dengan bukti karyanya. Namun ingat bahwa portfolio tidak harus menjadi syarat wajit saat memilih desainer karena ada banyak pekerja kreatif berbakat yang belum punya banyak portfolio namun memiliki skill dan etos kerja yang baik.
4. Ketahui Proses Desain Logo
Setiap desainer logo memiliki proses desain mereka sendiri dan disarankan untuk menanyakannya kepada mereka. Proses pembuatan logo harus mencakup pertanyaan desainer tentang brand dan tugas yang diberikan kepadanya, melakukan research, melakukan brainstorming, membuat sketsa, memilih gaya yang tepat, membuat vector dan lainnya. Pertanyaan dari desainer sangat penting dan harus jelas yang akan membantunya untuk mengembangkan ide-ide yang tepat. Langkah-langkah proses desain logo bisa bervariasi namun yang disebutkan di atas adalah standar. Tanpa berbagai langkah tersebut, akan jauh lebih sulit membuat logo profesional.
Kriteria Logo Perusahaan yang Baik
No | Kriteria Logo yang Baik |
1 | Bisa berkomunikasi |
2 | Relevan |
3 | Mudah diingat |
4 | Timeless |
5 | Tampak sempurna |
6 | Didesain dengan baik |
7 | Multifungsi |
5. Pembayaran
Dalam industry desain dan di antara desainer grafis berpengalaman, ada aturan bahwa “Anda mendapatkan apa yang Anda bayarkan” artinya pengeluaran dalam jumlah yang lebih besar dari yang direncanakan tidak boleh dianggap sebagai kerugian namun anggap saja sebagai investasi. Logo yang profesional bisa meningkatkan peluang kesuksesan secara signifikan.
Logo bisa berdiri sendiri hanya dalam waktu singkat karena ketika perusahaan berkembang maka kebutuhan identitas visual juga meningkat. Warna perusahaan, tipografi perusahaan dan web serta aturan cetak untuk identitas hanyalah beberapa elemen yang harus dimiliki oleh panduan brand. Bagi seorang desainer, akan jauh lebih mudah jika bekerja menggunakan buku panduan.
6. Komunikasi
Komunikasi yang baik menjadi kunci sukses pada hampir setiap perusahaan. Oleh karena itu, ketika anda memilih seorang desainer yang menutut anda sesuai dengan kebutuhan, anda harus menghubungi via telepon. Skype.Whatsapp untuk melakukan panggilan video singkat agar komunikasi berjalan lancar. Beberapa orang mungkin tidak nyaman dengan panggilan video sehingga melakukan panggilan telepon biasa. Dalam percakapan singkat, anda bisa menjelaskan ide-ide anda dan menanyakan beberapa hal penting kepada desainer logo.
Tidak disarankan untuk meminta pendapat desainer mengenai ide-ide anda karena itu bisa membawanya ke situasi yang tidak menyenangkan jika dia tidak setuju dengan pendekatan seperti itu jadi sebaiknya katakan saja apa keinginan dan pemikiran anda. Biarkan desainer mengambil langkah lebih lanjut dalam memutuskan.
Pastikan anda mengkompilasi semua persyaratan dan keinginan dalam suatu brief kreatif. Dokumen ini tidak hanya akan memberikan panduan kepada desainer namun juga berfungsi sebagai bukti ketika proyek selesai.
7. Testimoni
Testimoni sangat diinginkan dalam proses memilih desainer yang tepat. Dari testimoni positif oleh orang lain dan bisnis yang telah mempekerjakan desainer, anda bisa mempelajari banyak hal.
Jika kebanyakan testimoni yang diberikan positif maka itu bisa menjadi pertanya baik bahwa anda berada pada jalur yang benar untuk menyewa desainer grafis terbaik. Anda tidak perlu sekadar melihat rekomendasi yang bagus namun anda juga harus melihat testimoni yang negative. Dari testimoni negative, anda bisa mempelajari masalah apa yang mungkin muncul ketika anda mempekerjakan seorang desainer.
Jangan Salah Pilih Desainer Logo untuk Bisnis, Pakai Jasa Logodesign Business
Di Logodesign Business, kami menyadari bahwa logo yang berkelas membantu bisnis mencapai potensi terbaiknya. Logo merupakan fondasi dari identitas sebuah merk. Kami percaya bahwa desain logo yang original telah melewati proses riset. Ya, Logodesign Business akan melakukan riset lebih dulu sebelum mulai bekerja. Kami akan melakukan pendekatan dengan mempelajari bisnis anda dan produk/layanan yang ditawarkan. Dengan demikian, kami mengetahui kebutuhan bisnis anda.
Ingin konsultasi dulu? Silahkan kunjungi website https://logodesign.business/ dan dapatkan harga terbaik untuk logo profesional.
FAQ
Apa yang dimaksud dengan branding dan logo?
-Logo brand adalah salah satu bentuk identitas visual yang memiliki karakteristik tertentu berbentuk warna, filosofi, dan masih banyak lainnya. Biasanya hal tersebut digunakan untuk membedakannya dengan yang lain supaya unik.
Mengapa logo harus tahan lama dan tidak mudah usang dimakan zaman?
-Logo yang merupakan identitas, harus dirubah apabila tidak mampu mewakili pemiliknya. … Desainnya yang fleksibel dan tetap cocok karena mampu mengakomodasi perusahaan yang diwakilinya tentu akan membuat masa pakai logo tersebut menjadi lama.