Artikel merupakan salah satu jenis konten yang dibutuhkan jika anda memiliki website atau blog. Baik untuk website bisnis, portofolio atau galeri, maka artikel bisa digunakan untuk membawa website anda naik peringkat di mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, anda perlu mempelajari cara menulis artikel SEO friendly blog dan website anda.
Dimulai dari riset keywords sampai dengan promosi dan update artikel, berikut ini cara ampuh menuliskan artikel SEO friendly untuk blog serta website yang bisa langsung dietrapkan. Penasaran? Berikut ini pembahasannya.
Baca juga: Tips Menuliskan Judul Konten Yang Menarik
Contents
Cara Membuat Artikel SEO Friendly
Sebelum mengetahui cara menuliskan artikel SEO friendly, anda harus tahu bahwa Google akan berevolusi dan mengembangkan algoritma ketika memberikan penilaian untuk konten yang muncul pada halaman pencarian atau Google Search Engine Result Page (SERP).
Artikel SEO friendly adalah artikel yang penting bagi pembaca yang sekaligus disukai oleh Google. Tugas anda sebagai penulis adalah mengembangkan tulisan anda sehingga bermanfaat untuk pembaca dan bisa mendapatkan peringkat yang cukup tinggi pada halaman hasil pencarian Google.
Algoritma Google akan terus berkembang sehingga anda wajib up-to-date dengan perkembangan cara menuliskan artikel SEO friendly. Berikut ini beberapa poin penting yang menjadi landasan utama cara menuliskan artikel SEO friendly serta bermanfaat untuk pembaca.
1.Carilah Keywords yang Relevan
Riset keyword adalah cara pertama yang wajib dilakukan ketika menulis artikel SEO. Carilah keyword yang relevan dengan tema website dan kemungkinan sering dicari oleh audiens yang dituju. Anda bisa mencari inspirasi dengan menggunakan tools gratis seperti Google Trends.
Kemudian, pastikan berapa banyak jumlah pencarian keywords tersebut dengan memeriksa volume pencarian menggunakan tools seperti SEMRush. Selain mengetahui berapa banyak volume pencarian, cara ini tentu juga bisa membuat artikel anda menjadi lebih SEO friendly.
Baca juga: Kenali Beberapa Formula Copywriting Terbaik
2. Pahami Search Intent (Tujuan Pencarian) Pembaca
Google akan memberikan penilaian yang lebih baik pada artikel yang sejalan dengan prinsip mereka yaitu bisa memberikan jawaban untuk pengguna. Pengguna yang dimaksud adalah mereka yang mengetikkan keywords pada kolom pencarian Google. Ini yang disebut dengan search intent atau tujuan pencarian pembaca.
Sebelum menulis artikel, anda sebaiknya menentukan lebih dulu pertanyaan apa yang bisa dijawab oleh artikel yang anda tulis. Kalau menurut para pembaca artikel anda bisa menjawab pertanyaan mereka maka Google akan mempertimbangkan artikel anda untuk menjadi rekomendasi bagi pengguna lain pada hasil pencarian.
3. Menentukan Judul yang Menarik
Untuk menuliskan artikel SEO, anda juga harus memiliki kepandaian dalam merangkai kata-kata yang menarik perhatian pengguna. Anda punya kesempatan sepersekian detik untuk meyakinkan pembaca supaya mereka mau membaca artikel anda yaitu dengan menggunakan judul. Oleh karena itu tentukan judul menarik yang bisa mewakili isi artikel sehingga pembaca merasa perlu mengetahui informasi apa yang ada dalam artikel anda.
Sekalipun tidak ada batasan jumlah huruf atau kata dalam pembuatan judul di CMS tertentu namun judul sebaiknya tidak bertele-tele. Jangan sampai judul tidak sesuai dengan isi artikel. Judul pastinya harus bisa dipahami dengan mudah dan juga menarik.
Baca juga: Gunakan Layanan Copywriting
4. Membuat Struktur Artikel
Ketika kita menuliskan suatu artikel, apalagi artikel yang SEO friendly, anda wajib memiliki struktur yang jelas supaya tidak menyimpang dari topik utama. Selain menjadi patokan, agar pembahasan anda tidak menyimpang, struktur artikel juga bisa mempermudah anda ketika sedang menjelaskan isi artikel. Cara mudahnya yaitu posisikan diri anda sebagai pembaca kemudian perkirakan jawaban apa yang ingin anda dapatkan dari artikel tersebut.
Kalau masih sulit, anda bisa mempertimbangkan untuk menjawab pertanyaan dasar 5W+1H. Ini akan sangat berguna dalam mengatasi kesulitan.
5. Gunakan Heading dan Subheading
Heading dan subheading sama seperti subtopik dari sebuah artikel. Penggunaan heading dan subheading bisa membantu anda memaksimalkan struktur artikel. Karena heading akan menjadi elemen yang membagi artikel menjadi beberapa subtopik yang utama.
Ketika kita mennetukan heading, perhatikan kembali search intent yang dituju. Jika artikel dibuat dalam bentuk listicle maka sebaiknya tempatkan H2 (heading 2) setelah H1 atau judul.
Tetapi artikel yang membahas suatu topik secara mendalam (bukan berbentuk listicle) biasanya membutuhkan penggunaan heading dengan cara yang berbeda. Anda bisa menggunakan heading pada level H2 sampai dengan H4. Yang pasti jangan sampai melompati level heading.
Manfaat Artikel SEO Friendly
No | Tujuan dan Manfaat Artikel SEO Friendly |
1 | Meningkatkan jumlah visitor website |
2 | Memudahkan pembaca memahami informasi dalam teks |
3 | Mempercepat optimasi SEO blog/website |
4 | Mempermudah Google mendeteksi konten anda |
5 | Meningkatkan kredibilitas blog atau website |
6. Optimasi Meta Title
Berbeda dengan judul atau H1, meta title nanti akan tampil pada mesin pencarian. Judul inilah yang akan terbaca oleh Google sebagai syarat penilaian untuk menentukan peringkat pada mesin pencarian. Syaratnya adalah gunakan 50-60 karakter huruf agar ketika artikel anda muncul pada hasil pencarian, maka judulnya tidak akan terpotong.
Anda juga wajib membuat judul yang bisa memancing ketertarikan pembaca. Caranya yaitu dengan menunjuk secara spesifik.
7. Melakukan Optimasi Meta Description
Meta description biasanya sering menjadi penilaian oleh Google. Anda bisa membuat meta description yang mengandung keyword di dalamnya dan bisa memancing pembaca untuk mengklik halaman tersebut. Misalnya anda bisa menyertakan call to action (CTA) atau kalimat pertanyaan yang bisa memancang rasa penasaran.
Selain itu, pastikan meta description yang anda buat juga bisa mewakili isi artikel. Kemudian, agar artikel anda bisa SEO friendly maka jangan membuat meta description yang terlalu panjang. Cukup 120-150 karakter saja.
8. Optimasi Gambar
Tidak hanya dengan meta description, anda juga sebaiknya mengoptimasi gambar sebagai salah satu cara membuat artikel yang SEO friendly. Tujuan optimasi gambar yaitu untuk mempersingkat loading time di website. Karena website dengan load time yang lelet bisa mendapatkan penilaian yang buruk dari Google hingga bisa menurunkan peringkat website anda.
Oleh karena itu, anda harus memperhatikan ukuran gambar yang digunakan pada artikel. Anda bisa memperkecil ukuran gambar melalui website sejenis Tiny JPG atau Tiny PNG. Anda juga wajib menambahkan alternative text untuk mendekripsikan gambar supaya Google bisa memahami apa gambar yang ada di artikel anda.
9. Persingkat Tulisan Per Paragraf
Menggunakan 3-5 kalimat dalam setiap paragraf mungkin dapat diterapkan dalam konteks wacana yang pernah ada di materi sekolah. Tetapi aturan ini tidak berlaku dalam cara menulis artikel SEO friendly di website dan blog karena tingkat fokus pembaca yang ada di internet lebih rendah dibandingkan dengan pembaca buku.
Buatlah tulisan yang singkat dan jelas pada artikel anda. Daripada harus menggunakan 3-5 kalimat, anda juga bisa menuliskan 4-5 baris kalimat dalam satu paragraf dimana ada maksimal 20 kata per baris. Semakin singkat tulisan per paragraf, maka akan semakin baik. Pastikan pesan yang dimaksud bisa disampaikan dengan jelas.
FAQ
Apa itu SEO friendly?
-SEO friendly adalah cara yang dilakukan agar konten dalam suatu situs website diumakan dalam mesin pencarian dan meningkatkan traffic situs website perusahaan.
Apa perbedaan artikel SEO dengan artikel biasa?
-Artikel SEO bertujuan agar website bisa ditemukan dengan mudah oleh search engine sedangkan artikel biasa umumnya untuk sekedar mengedukasi pengunjung website atau untuk kebutuhan lainnya.