fbpx

Ada beberapa website yang berhasil mendapatkan banyak klik, views dan pengunjung website. Apa yang menjadi alasan hal tersebut? Satu hal yang bisa mendatangkan banyak visitor website adalah karena mereka menuliskan judul atau headline yang menarik dan meningkatkan engagement. Hal pertama yang dilihat oleh seseorang ketika melihat sebuah konten yaitu judul. Judul konten sangat penting dalam menjual sebuah konten.

Jika anda adalah pemilik website e-commerce maka calon pelanggan mungkin akan merasakan kesan pertama mereka tentang brand dari headline yang anda gunakan. Tujuan utama judul konten bukan hanya menjual produk atau jasa bisnis anda. Judul konten harus bisa menarik sehingga pembaca bersedia membaca artikel sampai selesai.

Dalam digital marketing, headline konten digunakan untuk email marketing, social media marketing, dan SEO. Untuk itulah, menuliskan judul konten yang menarik dan engaging. Bagaimana caranya? Inilah penjelasannya.

Contents

Pakai Formula 4U Untuk Judul Konten

Headline tidak ada yang benar atau salah namun ada jenis headline yang bisa mendatangkan banyak pengunjung. Dengan formula yang mirip, judul anda bisa mendorong banyak orang untuk mengklik konten anda dan membacanya. Ada formula yang dinamakan formula 4U. Formula ini diyakini bisa mendorong visitor website untuk membaca konten anda sampai selesai.

1.Useful

Cobalah anda memikirkan headline seperti apa yang akan anda klik kalau anda sedang scroll news feed anda. Jenis judul artikel yang akan anda klik biasanya adalah artikel yang menawarkan sesuatu yang bermanfaat. Anda juga bisa menerapkan strategi yang sama yaitu menawarkan manfaat kepada pembaca. Mulailah memahami apa yang ingin diketahui oleh audiens anda dan tawarkan hal yang sama pada mereka.

Judul ini harus bisa mengidentifikasi masalah dan memberikan solusi. Demikian juga dengan isi artikelnya. Poin ini bisa digunakan dengan baik oleh perusahaan produk atau jasa. Keduanya bisa membantu pengguna menyelesaikan masalah. Jenis artikel yang memiliki headline bermanfaat antara lain artikel listicles dan how-to.

2. Urgent

Seorang blogger biasanya mampu menarik perhatian pembacanya dengan membuat headline yang menciptakan urgensi. Dengan nada judul yang penting, orang-orang biasanya akan lebih tertarik untuk mengklik artikel tersebut. Mereka pastinya tidak mau ketinggalan berita yang sedang ramai dibahas dan informatif.

Urgency menjadi poin yang paling sulit dilakukan karena karakteristik ini belum tentu sesuai dengan topik artikel anda. Poin ini banyak dipakai di berita-berita yang ada di TV.

3. Unique

Pengguna internet cenderung menyukai sesuatu yang unik. Sesuatu yang unik biasanya akan langsung menarik perhatian seseorang sehingga mereka rela mengklik artikel yang anda tuliskan. Sebagian besar website menggunakan plesetan kata-kata pada judul untuk menarik perhatian. Contoh website dengan berbagai judul yang unik adalah Buzzfeed.

4. Ultra-Specific

Anda tentu sudah sering melihat berbagai judul artikel yang menggunakan angka. Judul artikel seperti inilah yang dimaksud dengan ultra-specific. Pembaca akan mengetahui secara pasti apa yang akan mereka dapatkan jika mereka mengklik artikel tersebut.

Dengan memenuhi keempat kriteria judul tersebut, anda bisa menarik lebih banyak perhatian pada pembaca. Selain itu, masih ada banyak tips yang bisa anda lakukan untuk membuat judul artikel yang menarik dan meningkatkan angka engagement.

Alasan Judul Blog Sangat Penting

NoAlasan Judul Blog Sangat Penting
1Anda bisa menarik perhatian dalam waktu 5 detik
2Judul menceritakan tentang apa artikel anda
3Meningkatkan traffic dari mesin pencarian
4Melibatkan pembaca anda
5Banyak pembaca yang tertarik
6Memberikan alasan pada seseorang untuk membaca postingan anda
7Memenuhi rasa penasaran pembaca
8Pembaca hanya tertarik pada judul

Tips Menuliskan Judul Konten yang Menarik dan Meningkatkan Engagement

Berikut ini langkah-langkah membuat judul konten yang menarik dan meningkatkan engagement:

1. Tunjukkan Manfaat Artikel dari Judulnya

Kalau judul konten anda memang bermanfaat maka orang-orang akan mengklik dan membaca artikelnya. Orang-orang mungkin akan mengklik sebuah artikel kalau mereka tahu apa yang akan mereka dapatkan. Judul anda harus bisa meyakinkan pembaca bahwa mereka akan mendapatkan sesuatu yang berharga dengan membaca artikel anda. Agar pembaca berfikir demikian, anda harus lebih dulu mengenal audiens anda.  

2. Gunakan Perbandingan untuk Menarik Perhatian

Ketika anda membuat perbandingan pada judul konten, maka orang-orang biasanya merasa penasaran dengan hubungan antara kedua hal yang dibandingkan tersebut. Banyak orang yang membuat keputusan setiap hari. Konten dengan judul yang mengandung perbandingan biasanya mampu mengundang rasa penasaran. Mengapa si penulis merasa bahwa hal A lebih baik/lebih direkomendasikan dibandingkan dengan hal B?

Biasanya, mereka akan membaca artikel anda. Di samping itu, artikel perbandingan juga bisa membantu pembaca menentukan mana produk atau jasa yang paling tepat untuk mereka.

3. Masukkan Angka dalam Judul Konten

Konten listicles merupakan salah satu jenis konten yang paling populer di Internet. Orang-orang cenderung suka membaca listicles karena ini memang mudah dibaca dan menghemat banyak waktu. Listicles yaitu konten yang berbentu daftar. Oleh karena itu, memasukkan angka pada judul konten blog bisa menarik perhatian pembaca. Jika anda mengakses website populer, anda akan melihat banyak sekali headline yang mengandung angka.

Artikel yang menggunakan angka pada judulnya biasanya merupakan artikel yang berisi tips dan tricks. Oleh karena itu, anda sebaiknya berencana membuat artikel-artikel tips dan tricks yang bisa langsung diterapkan oleh para pembaca artikel.

4. Gunakan Keyword pada Judul

Jika anda menggunakan keyword pada seluruh artikel, maka anda juga harus memasukkannya ke dalam judul. Pembaca akan mengetahui apa yang menjadi isi artikel anda dan apa yang akan mereka dapatkan dengan membacanya. Demikian juga dengan mesin pencarian. Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Dengan menggunakan keyword pada judul, anda bisa menarik lebih banyak klik serta pembaca, mendapatkan lebih banyak share pada media sosial, peringkat yang lebih tinggi di SERPs, dan mendapatkan lebih banyak traffic yang mengarah ke website. Ketika seseorang mencari keyword tersebut, maka Google akan memunculkannya pada halaman hasil pencarian. Pengguna akan mengetahui bahwa postingan anda mengandung apa yang mereka cari.

Satu hal yang mungkin harus anda ingat adalah judul tidak hanya untuk artikel saja. Namun judul juga digunakan untuk setiap jenis konten yang anda buat mulai dari video, podcast, email dan postingan media sosial.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan judul konten yang baik?

-Judul konten yang baik merangkum ide dari konten tersebut. Judul konten yang baik biasanya tidak terlalu panjang dan bisa mendeskripsikan konten.

Mengapa harus menuliskan judul konten yang menarik?

-Karena pembaca cenderung melihat judul sebelum membaca keseluruhan konten.   

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp