CASE STUDY HERAWATI FLORIST SURABAYA

Herawati Florist merupakan salah satu klien Core Freelancers yang ingin menggunakan layanan SEO. Herawati Florist melayani pembuatan bunga papan di daerah Surabaya sejak tahun 1988. Dengan pengalaman melayani pelanggan selama puluhan tahun, Herawati Florist ingin memperluas cakupan pelanggannya agar lebih banyak orang yang mendapatkan rangkaian bunga berkualitas.

TENTANG LAYANAN SEO CORE FREELANCERS

Core Freelancers memberikan layanan SEO mulai dari proses audit hingga memberikan laporan bulanan. Untuk klien Herawati Florist, kami melakukan strategi SEO andalan kami dan hasilnya adalah beberapa keyword yang kami bidik untuk klien kami berhasil menduduki halaman pertama mesin pencarian. Penghasilan klien kami pun meningkat pesat.

LANGKAH-LANGKAH SEO YANG KAMI KERJAKAN

1

WEBSITE AUDIT

Kami menganalisis struktur, arsitektur internal dan elemen kunci pada website Herawati Florist untuk memberikan rekomendasi bagaimana cara meningkatkan performa website dalam mesin pencarian dan menyelaraskan penargetan kata kunci. Kami memberikan saran untuk semua aspek SEO mulai dari skema, migrasi situs dan lain sebagainya.
2

RISET KEYWORD

Kami melakukan riset keyword lebih dulu untuk mencari keyword dengan volume tinggi dan banyak dicari. Ini karena riset yang solid membantu menyusun strategi serta memungkinkan kami memberikan proyeksi dan perkiraan peluang yang realistis untuk website yang sedang kami kerjakan. Kami menggunakan tool premium untuk mendapatkan daftar keyword yang akan kami optimasi.
3

ANALISA PESAING

Karena banyak toko bunga atau florist yang memiliki website dan bersaing untuk kata kunci yang sama, maka kami berusaha menganalisis pesaing dari Herawati Florist. Tujuan kami melakukan analisis pesaing yaitu untuk menemukan kekuatan dan kelemahan website klien agar mendapatkan peluang baru bagi website klien. Dengan melakukan analisis lebih dulu, kami bisa membantu meningkatkan performa website klien secara berkelanjutan.

OPTIMASI ON PAGE

Setelah mendapatkan keyword yang akan kami targetkan, kami menganalisa serta mengoptimalkan SEO on page situs secara keseluruhan sehingga situs menjadi semakin relevan dengan target keyword. Beberapa cara yang kami lakukan dalam proses optimasi on page:

#1

Menggunakan meta deskripsi dalam menempatkan deskripsi judul yang dibuat.

#2

Kami juga mengusahakan agar alamat URL bisa SEO friendly. Kami menyajikan alamat URL yang pendek dan efektif membuatnya lebih mudah dipahami isi artikelnya.

#3

Kami menambahkan gambar pada postingan. Gambar ini kami optimasi sehingga bisa muncul pada mesin pencarian.

#4

Optimasi artikel agar relevan dengan keyword yang sudah kami targetkan. Kami menuliskan artikel dengan memperhatikan segi letak kata kunci. Kami tidak hanya menyajikan artikel yang berkualitas dan layak baca namun juga banyak dicari oleh pengguna internet.

OPTIMASI OFF PAGE

Selain optimasi on page, kami juga melakukan optimasi off page. Seo off page ini berhubungan dengan website seperti usia domain. Seo off page merupakan optimasi yang diambil pada luar sitis website yang bisa mempengaruhi peringkat website pada halaman hasil mesin pencarian (SERP). SEO off page ini sangat penting karena berperan lebih dari 50% dari total seluruh ranking factor yang diterapkan oleh Google. Kami melakukan link building yaitu proses mendapatkan backlink dari website lainnya.

Backlink yang kami cari tentu saja yang sangat berkualitas. Selain itu, kami juga menggunakan metode SEO lokal yang semakin populer setiap harinya karena banyaknya penggunaan smartphone dan koneksi internet yang semakin cepat. SEO lokal ini berbeda dengan SEO pada umumnya karena fokus memberikan hasil yang berhubungan dengan lokasi penggunanya.

LANGKAH TERAKHIR YANG KAMI LAKUKAN

MONITORING SERP

Kami melakukan monitor terhadap SERP dan SEO setiap hari terhadap peringkat kata kunci untuk halaman website yang sudah ditentukan.

LAPORAN BULANAN

Kami ingin melayani klien secara transparan sehingga kami memberikan laporan bulanan. Kami ingin klien mengetahui progress dari pekerjaan yang kami lakukan dan sejauh mana websitenya mengalami perkembangan. Beberapa hal yang kami cantumkan dalam laporan antara lain total klik, total impression, analitik, traffic channel, active user, visitor berdasarkan: waktu, lokasi, dan device serta halaman yang populer.

Hasil

Dan keyword potensial lainnya.