Untuk orang-orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia marketing, istilah inbound marketing pasti sudah tidak asing. Namun bagi orang-orang yang baru terjun ke dunia marketing mungkin masih belum familiar dengan istilah yang satu ini. Inbound marketing merupakan strategi marketing yang sedang trending dan terbilang cukup efektif dalam pemasaran.
Inbound marketing melibatkan teknologi dalam penerapannya sehingga marketing menjadi lebih powerful dan sangat menarik. Apa dan bagaimana sebenarnya inbound marketing ini?
Contents
Strategi Inbound Marketing
No | Strategi Inbound Marketing |
1 | Attracting |
2 | Engaging |
3 | Delighting |
Asal Mula Inbound Marketing
CEO dan co-founder HubSpot, Brian Halligan memperkenalkan konsep yang sampai saat ini dikenal sebagai Inbound Marketing. Konsep ini mulai dikenal meskipun terbilang agak lambat. Inbound marketing dikenal untuk pertama kali pada tahun 2007. Pada tahun 2012, inbound marketing tumbuh dengan pesat.
Konsep ini diperkenalkan oleh Brian beberapa tahun yang lalu dan cukup moncer di kalangan marketer online seperti Search Engine Optimization (SEO).
Pengertian Inbound Marketing
Inbound marketing adalah strategi digital marketing yang memaksimalkan penggunaan internet untuk pemasaran. Media-media yang digunakan dalam inbound marketing antara lain media sosial, website design, SEO, dan lainnya supaya bisa ditemukan oleh audiens anda.
Tujuan utama inbound marketing adalah membangun brand awareness kepada audiens yang tertarget sehingga audiens yang menyukai produk/brand tersebut akan merasa butuh dan akan mencari informasi dengan sendirinya.
Menurut Hubspot, inbound marketing adalah cara membangun bisnis dengan menarik perhatian (attracting), keterlibatan (engaging) dan memuaskan (delighting) masyarakat untuk membangung kredibilitas.
Strategi Inbound Marketing
Inbound marketing ternyata bukan hanya mengatur fitur ads atau optimasi SEO saja. Ada beberapa strategi ampuh yang bisa membuat promosi menjadi jauh lebih efektif hingga sampai ke para audiens.
Agar inbound marketing bisa membuat pengalaman pelanggan lebih bernilai dan mendatangkan dampak positif dalam dunia bisnis, berikut ini adalah strategi efektif Inbound Marketing:
1. Attract
Anda bisa menarik calon pelanggan menuju ke website dan blog anda dengan menggunakan konten yang sangat bermanfaat seperti artikel blog, promo dan akun media sosial.
Anda bisa mengisi detail-detail dari produk yang anda jual, diskon, testimonial, dan yang paling penting adalah penjelasan tentang produkmu. Penjelasnnya harus relevan. Maksudnya, bisa memberikan solusi atas masalah yang sedang dihadapi oleh para konsumen.
Anda juga bisa mempertajam strategi ini dengan strategi SEO dengan kata kunci yang dibidik. Dengan menggunakan strategi SEO maka produk anda bisa lebih sering muncul pada hasil pencarian di search engine seperti Google.
Dari sanalah, orang-orang yang membutuhkan produk anda akan menemukannya ketika memasukkan kata kunci yang relevan.
2. Engaging
Apa yang harus dilakukan setelah anda mendapatkan banyak konsumen? Naik ke level strategi inbound marketing selanjutnya yaitu engaging. Dalam inbound marketing, perusahaan wajib menjalin hubungan baik dengan para customer. Anda wajib membuat engagement produk secara personal dengan setiap customer agar kerja sama dan hubungan dengan pelanggan menjadi lebih langgeng ke depannya.
Salah satu engagement yang bisa mendatangkan hasil cukup baik adalah dengan memperdalam skill customer service. Anda bisa belajar memberikan solusi atas pertanyaan customer, menangani after sales yang baik dan tentu saja menciptakan gaya komunikasi yang luwes.
Gaya komunikasi dengan customer ternyata sangat berpengaruh. Jangan sampai komunikasi dengan customer terasa seperti robot yang sangat kaku. Sebaiknya menggunakan pendekatan yang personal sehingga ada antara customer dengan brand anda pun terjalin kedekatan.
Salah satu saran yang diberikan oleh Hubspot antara lain jangan menjual produk namun berikan solusi kepada para konsumen. Dengan demikian, maka brand akan menjadi solusi tanpa harus berjualan secara terang-terangan dan terlihat jelas ingin mencari keuntungan.
3. Delighting
Strategi ini menjadi tahap dimana perusahaan memastikan kepuasan para konsumen. Pada tahapan ini, perusahaan harus punya tim yang baik agar bisa mempererat hubungan antara brand dengan konsumen.
Salah satu cara untuk memastikan kepuasaan konsumen adalah dengan mengadakan survei. Survei ini bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran untuk ke depan. Survei saat ini bisa dilakukan di Instagram. Anda bisa menggunakan fitur seperti multiple choice, polling hingga questions untuk mendengarkan curhatan para konsumen tentang produk yang mereka terima.
Jangan lupa respon para customer dengan baik dan sesuaikan gaya komunikasi anda. Perlakukan konsumen dengan santun. Tunjukkan bahwa anda peduli dengan konsumen anda. Konsumen bukan hanya penambah omset dan uang anda namun mereka bisa menjadi promoter loyal yang akan membantu anda memasarkan brand anda dalam lingkup sosialnya.
Keunggulan Inbound Marketing
1. ROI yang lebih tinggi
Return on Investment (ROI) dari inbound marketing lebih tinggi dibandingkan dengan outbound marketing. Klien akan mencari anda ketika mereka membutuhkan produk atau layanan yang anda tawarkan. Inilah yang membuat angka penjualan menjadi lebih tinggi.
Inbound marketing memungkinkan bisnis menjaring lebih banyak leads dengan ongkos yang lebih murah daripada outbound marketing. Ini karena sebagian besar marketing dikerjakan secara online dan jauh lebih murah daripada outbound marketing.
Biaya inbound marketing 62% lebih rendah daripada outbound marketing. Sebagian besar pelanggan melakukan riset secara online terhadap produk sebelum mereka membelinya. Jika website anda menyediakan informasi yang berguna yang cocok dengan calon klien, maka mereka akan mempercayai anda.
2. Meningkatkan posisi brand dan otoritas
Brand anda menggambarkan bagaimana prospek anda dan pihak lain yang berinteraksi dengan anda bisa memahami bisnis anda. Anda tidak bisa mengatur bagaimana pasar akan memandang bisnis anda. Namun anda bisa mempengaruhi persepsi mereka. Bagaimana caranya? Dengan pemasaran inbound.
Ketika anda terhubung dengan prospek klien secara online, maka memberikan konten yang berkualitas akan menambah nilai bagi kehidupan mereka. Membuat konten yang berkualitas akan membantu anda meningkatkan brand anda secara online dan menjadikan anda sebagai pemimpin dalam industri anda. Dengan merk yang telah disempurnakan maka melakukan penjualan menjadi lebih mudah.
3. Menghasilkan lebih banyak penjualan & leads
Inbound marketing bisa membantu anda menghasilkan leads berkualitas tinggi. Agar website anda bisa menghasilkan lebih banyak leads, maka website harus mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada mesin pencarian.
Namun agar hasilnya lebih optimal, maka website anda harus mendapatkan peringkat tinggi untuk keyword yang telah ditargetkan. Setelah menciptakan dan mengoptimalkan website untuk SEO, maka anda harus menciptakan link inbound untuk meningkatkan peringkatnya.
FAQ
Darimana Istilah Inbound Marketing Berasal?
-Dari co-founder HubSpot, Brian Halligan, memperkenalkan konsep ini pada tahun 2007.
Bagaimana Inbound Marketing Bisa Meningkatkan Brand?
-Dengan menyajikan konten yang berkualitas maka brand akan meningkat di mata konsumen.