Marketing adalah soal menjangkau orang-orang yang tertarik untuk membeli produk atau jasa anda. Apa cara yang lebih baik untuk menjangkau target pasar selain beriklan di mesin pencarian terpopuler? Beriklan di Google adalah jawabannya. Google Ads menjadi cara yang luar biasa efektif dalam iklan online.
Lewat Google Ads, bisnis bisa menjangkau siapapun yang menggunakan Google untuk mencari informasi, produk dan jasa. Google Ads bisa membawa audiens dalam jumlah banyak untuk mengenali produk atau jasa yang anda tawarkan. Jika anda tidak atau masih belum menggunakan Google Ads, penjelasan tentang jenis jenis iklan Google Ads berikut akan sangat membantu.
Contents
Apa itu Google Ads?
Google Ads, yang sebelumnya bernama Google Adwords, adalah layanan periklanan dan salah satu bagian dari fitur mesin pencarian Google. Sistem pembayaran yang dilakukan oleh Google Ads ini pada dasarnya adalah sistem PPC (pay-per-click), yang mana dalam sistem PPC ini pengiklan hanya akan membayar ketika iklan yang dipromosikan mendapatkan hasil seperti berbagai interaksi pengunjung entah itu klik, mengunjungi situs atau menghubungi website.
Ada banyak jenis iklan yang bisa anda pilih sebagai media promosi produk atau bisnis anda. Dalam pembahasan ini, anda akan disajikan dengan berbagai jenis iklan Google Ads.
Ada banyak factor yang membuat Google Ads dianggap efektif dalam mendatangkan traffic ke website atau landing page produk. Di antaranya ketersediaan jenis campaign Google Ads yang lebih beragam untuk pebisnis, cakupan target audiens yang luas dan penggunaannya yang praktis. Anda yang ingin menjalankan bisnis pun akan mendapatkan pelanggan yang sesuai dengan target, mengingat iklan hanya ditujukan pada audiens yang tepat berdasarkan keyword yang digunakan.
Jenis-Jenis Campaign Google Ads
Ada lima jenis kampanye atau campaign yang disediakan oleh Google Ads, antara lain Search, Display, Shopping, Video dan Application. Setiap campaign sudah didesain untuk memenuhi kebutuhan pemasangan iklan secara online sehingga anda tidak akan kesulitan menempatkannya. Misalnya, anda yang memilih search atau iklan pencarian sebagai jenis campaign Google Ads, iklan anda akan muncul pada bagian atas atau bawah hasil pencarian. Sedangkan pada Display Ads, iklan dapat muncul pada YouTube, Gmail dan jaringan display Google yang mencakup jutaan situs dan aplikasi.
Berikut ini penjelasan untuk setiap jenis campaign Google Ads:
1. Search Campaign
Search Ads adalah jenis campaign berbasis teks yang bisa tampil pada jaringan penelusuran Google yang terdiri atas sekumpulan situs atau aplikasi yang berhubungan dengan penelusuran. Saat anda memasang iklan dengan Search Ads, maka iklan akan ditampilkan dalam hasil pencarian user yang mengetikkan keyword sesuai dengan yang sudah anda bidik. Manfaat menggunakan jenis campaign Google Ads ini adalah jangkauan luas untuk iklan di platform Google, termasuk Maps dan Play Store. Bentuk iklannya sangat beragam misalnya teks dengan keyword tertentu, gambar yang dilengkapi link ke produk hingga video. Iklan-iklan itu kadang diberi label “Sponsored”.
2. Display Campaign
Selanjutnya ada Display Campaign, jenis campaign yang membantu pebisnis menjangkau target audiens untuk dijadikan sebagai target market agar hasil pemasangan iklan lebih tepat sasaran. Iklan-iklan yang ditayangkan dengan jenis campaign Google Ads ini umumnya muncul ketika target audiens menjelajahi berbagai situs favorit atau menelusuri video di Youtube khususnya melalui mobile device. Bagaimana dengan bentuk iklannya? Display Campaign, berbeda dengan Search Campaign, memprioritaskan tampilan gambar yang menarik dan responsive. Hal tersebut ditujukan untuk mempermudah audiens mengingat brand atau mengklik. Pada iklan tertentu, pebisnis yang memasangnya mengharapkan konversi penjualan dari sana.
3. Shopping Campaign
Apakah anda menjalankan bisnis yang berhubungan dengan penjualan barang? Shopping Campaign barangkali adalah jenis campaign yang dibutuhkan. Bentuk iklannya bukan lagi teks atau link yang ditujukan ke landing page. Ada juga informasi yang detail tentang produk misalnya harga dan rating yang mempermudah calon konsumen untuk mempertimbangkannya. Untuk itu, anda yang ingin menampilkan detail produk pada iklan disarankan untuk memilih jenis campaign Google Ads ini. Anda berkesempatan untuk menjalankan campaign lewat Google Merchant Center. Google lalu menggunakan data informasi produk seperti foto, nama produk, harga, nama toko dan lainnya sehingga bisa memberikan gambaran yang jelas kepada calon pelanggan sebelum klik iklan. Dengan begitu, anda punya peluang mendapatkan calon pelanggan yang potensial.
4. Video Campaign
Video campaign adalah jenis campaign yang belakangan menjadi tren karena naiknya penggunaan video dalam strategi marketing bisnis. Dengan adanya platform ini, anda bisa melakukan pengaturan iklan yang akan ditayangkan, termasuk di Youtube. Selain itu, anda juga dapat menjangkau audiens yang tepat dengan menargetkan topik, keyword, demografi dan lainnya. Soal format atau bentuk campaign, Video Campaign menggunakan format in stream yang dapat dilewati ataupun in stream yang tidak bisa dilewati, iklan bumper, iklan video dalam feed yang hanya dapat ditayangkan di Youtube dan iklan outstream yang tampil pada situs dan aplikasi yang tergabung dalam Google Video Partner. Jenis campaign ini juga akan muncul ketika user memasukkan keyword di pencarian Youtube yang dinilai bisa menarik perhatian mereka.
5. App Campaign
Ada juga app campaign, jenis campaign yang membantu pebisnis menemukan pengguna aplikasi baru serta meningkatkan penjualan dalam aplikasi anda. Berbeda dengan jenis lain yang bisa diatur secara bebas, pada App Campaign Google yang akan membantu mengelolanya untuk anda. Misalnya dengan menggunakan ide iklan berupa teks, asset pendukung iklan hingga menyiapkan desain untuk beberapa jenis iklan dalam berbagai jaringan dan format. Untuk itu, anda yang memilih App Campaign hanya perlu menyediakan teks ide untuk iklan, anggaran sampai dengan bid. Lalu beritahu Google tentang penggunaan bahasa yang diinginkan dan lokasi prioritas pada jenis campaign Google Ads. Tujuannya yaitu supaya iklan menjangkau target konsumen yang sesuai dengan produk yang dipasarkan.
Keuntungan Menggunakan Google Ads
No | Keuntungan Memakai Google Ads |
1 | Meningkatkan leads dan pelanggan |
2 | Memperoleh ROI tinggi |
3 | Hasil lebih cepat dan transparan |
4 | Beriklan pada platform dengan trafik tinggi |
5 | Mengenal target pasar atau audiens lebih dalam |
Tips Mengoptimalkan Campaign Google Ads
Ingin merasakan berbagai keuntungan dari penggunaan Google Ads? Sempurnakan strategi yang diterapkan dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:
1. Menghindari Pemakaian Broad Keyword
Penawaran keyword dan harga adalah dua hal penting yang harus dipertimbangkan saat memilih jenis campaign Google Ads. Untuk itu, anda disarankan mencari keyword yang sesuai lewat proses riset. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan fitur atau produk seperti keyword research tools ataupun Google Keyword Planner.
Tetapi hindari penggunaan broad keyword atau kata kunci yang terlalu luas. Persaingan keyword yang terlalu luas akan sangat tinggi sehingga akan menyulitkan anda untuk menganalisis perilaku konsumen. Jadi, evaluasi lagi keyword yang sesuai dan bisa menghasilkan konversi penjualan sampai menghasilkan pelanggan tetap.
2. Iklan Relevan dengan Search Intent
Menghindari penggunaan broad keyword pada berbagai jenis campaign Google Ads akan membuat anda sulit menemukan niat user ketika mencari informasi. Kalau search intent dari user ketika mengetikkan keyword hanya untuk informasi general, maka iklan yang dipasang menggunakan campaign dari Google Ads mana pun tidak akan cocok.
Ini karena campaign Google Ads membutuhkan keyword yang lebih spesifik. Selain itu, anda juga harus meletakkan iklan sesuai bid pada keyword tertentu. Untuk itu, jika ingin hasilnya relevan maka pastikan sudah sesuai dengan search intent. Lakukan penawaran pada keyword dengan kata yang jelas akan diketik oleh user sehingga menghasilkan konversi yang diharapkan.
3. Desain Headline Iklan Terbaik
Teks pada jenis campaign Google Ads tertentu akan menjadi pembeda antara iklan anda dengan competitor. Sesuai dengan yang dibahas pada poin sebelumnya, teks harus sesuai dengan keyword, search intent dan bisa menjadi solusi. Dalam hal ini, judul atau headline, memegang peranan yang penting untuk menarik perhatian target audiens.
Headline yang dipasang pada iklan sebaiknya menonjol namun jangan sampai click bait. Langkah ini memang akan mencuri perhatian dengan cepat namun target audiens juga akan merasa tertipu dan tidak akan mempertimbangkan produk anda. Jika headline bagus, maka kesempatan iklan tayang pada halaman pertama hasil pencarian lebih besar dan peluang untuk diklik lebih besar.
FAQ
Bagaimana cara menggunakan Google Ads?
-Untuk menggunakan Google Ads, Anda perlu membuat akun Google Ads, membuat kampanye iklan, memilih kata kunci, menentukan target audiens, dan menentukan anggaran dan penawaran Anda.
Bagaimana cara memilih jenis iklan yang tepat?
-Pilihan jenis iklan yang tepat tergantung pada tujuan kampanye iklan Anda dan target audiens Anda. Misalnya, iklan pencarian cocok untuk menargetkan orang yang sedang mencari produk atau layanan tertentu, sedangkan iklan display cocok untuk membangun kesadaran merek.
Learn more about perusahaan cyber security Indonesia & jasa backlink murah.