Metode One To One Marketing
Salah satu metode marketing yang sudah banyak diterapkan oleh usaha kecil menengah (UKM) adalah OTO Marketing. Sayangnya, masih banyak pebisnis yang belum benar-benar mengenal metode ini. Padahal penggunaan metode one to one marketing dalam bisnis UKM bisa mengoptimalkan usaha serta sangat berguna dalam proses memasarkan produk.
Hubungi kamiApa itu One to One Marketing?
Proses One to One Marketing
Proses one to one marketing mengacu pada proses komunikasi pemasaran tradisional. Ini tampak dari sumber pesan yang berasal dari satu pihak yang sama yaitu pelaku bisnis UKM. Banyaknya competitor bisa saja membuat efektivitas metode ini berkurang. Proses one to one marketing antara lain:
Penyandian Pesan
Pada proses pertama, setiap pelaku bisnis bisa membuat pesan pemasaran yang akan disampaikan kepada calon pelanggan secara personal. Penyampaian pesan ini dapat menggunakan email marketing dan sejenisnya. Berbeda dengan cara komunikasi konvensional, penerima dapat berasal dari banyak orang, ada yang tertarik dan ada juga yang tidak sehingga penyampaiannya menjadi kurang efektif. Pada penyampaian menggunakan OTO marketing, pesan dapat tersampaikan kepada target pelanggan potensial.
Metode ini hanya akan menyampaikan pesan kepada beberapa individu yang memang sudah tampak tertarik dengan produk dan jasa dari bisnis anda. Dengan mengirimkan pesan secara personal yang berisi tentang solusi terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan, maka pemilik bisnis punya peluang yang lebih besar untuk mendapatkan perhatian.
Hubungi KamiMenggunakan Saluran Langsung
Perbedaan yang paling signifikan dari digital marketing dan one to one marketing yaitu penggunaan salurannya. Anda tentu Sudha mengetahui banyak pengiklanan yang memanfaatkan kebradaan media massa seperti radio atau televisi. Iklan yang menggunakan media massa seperti ini hanya akan bersifat satu arah saja.
Sedangkan metode one to one marketing menerapkan cara yang berbeda yaitu menggunakan saluran langsung baik pesan di Whatsapp, inbox media sosial, email, dengan harapan mengetahui respon dari setiap target pelanggan secara langsung.
Hubungi KamiKeberadaan Kompetitor Lainnya
Penerapan one to one marketing memperkecil kemungkinan kompetitor ikut bermain serta menciptakan distraksi yang dapat mengalihkan perhatian target pelanggan dari pesan personal yang anda kirimkan. Hal ini tentu akan lebih menguntungkan bagi bisnis anda sekaligus anda tidak usah mengalami persaingan yang tidak perlu dalam menyampaikan pesan promosi kepada calon pelanggan.
Hubungi KamiRespon Pelanggan
Ini tentunya menjadi tujuan utama dari one to one marketing. Hal ini bisa didapatkan saat pelanggan menyampaikan review terkait suatu produk tertentu yang sudah digunakan. Di sinilah anda dapat memanfaatkan respon pelanggan dalam bentuk review tersebut untuk meningkatkan Upaya maketing ke depannya dan memperbarui kualitas produk. Evaluasi ini tentu bisa bermanfaat bagi semua pelaku bisnis untuk mendapatkan hati konsumen.
Penerapan OTO Marketing ternyata memang cukup efektif untuk mengetahui respon planggan terkait dengan brand atau produk tertentu. Metode ini dapat digunakan olehh bisnis untuk memperbaiki kualitas produk.
Ingin menerapkan OTO Marketing untuk brand anda? Konsultasi dengan Kami
Hubungi Kami