Dunia menulis memiliki banyak jenis. Tidak lagi terbatas dengan menulis buku. Namun dunia menulis semakin berkembang dan dijadikan sebagai profesi, terlebih juga dibutuhkan dalam dunia bisnis. Misalnya profesi copywriter dan content writer. Kedua profesi ini semakin banyak dicari oleh perusahaan dan menyukseskan bisnisnya.
Contents
Apa Perbedaan Copywriter dan Content Writer?
Banyak orang yang tidak paham antara copywriter dan content writer. Sekalipun sama-sama menulis namun fokus dari kedua profesi ini berbeda.
Copywriter
Copywriter merupakan seseorang yang menuliskan konten atau artikel untuk kebutuhan komersial seperti iklan suatu produk atau jasa serta branding produk. Secara sederhana, copywriter adalah orang yang menulis untuk kebutuhan iklan dan marketing. Hasil tulisan dari copywriter biasanya muncul pada website perusahaan, media sosial sampai dengan iklan.
Content Writer
Content writer adalah seseorang yang menuliskan konten untuk website sebuah perusahaan atau klien. Jika copywriter memiliki tujuan komersial maka content writer bertugas membuat berbagai konten yang relevan dengan perusahaan, konten tersebut memiliki tujuan meningkatkan traffic website. Supaya website muncul dengan mudah pada halaman pencarian serta menjadi urutan pertama pada search engine.
Menjadi content writer sangat berhubungan dengan penggunaan SEO dan keyword. Content writer biasanya menempati divisi pemasaran atau corporate. Bisa juga masuk dalam bagian editorial jika perusahaan memiliki majalah atau bulletin.
Baca Juga: Copywriting: Cara Melakukan Penjualan Dengan Tulisan
Tugas Copywriter
Tugas dari copywriter adalah membuat naskah yang mengandung unsur persuasive agar audiens atau masyarakat tertarik dengan jasa atau produk perusahaan. Copywriter biasanya bekerja pada perusahaan advertising untuk mengkampanyekan iklan. Anda dapat melihat hasil karyawa copywriter pada website perusahaan, iklan, radio, media sosial dan billboard.
Apa saja skill yang dibutuhkan copywriter? Menjadi copywriter jelas harus dapat menulis dan memahami pemasaran. Copywriter harus bisa membuat tulisan yang singkat dan bisa memikat audiens. Seorang copywriter harus memahami target pasar yang akan dijadikan standar konten yang dibuat. Copywriter juga harus memiliki pengetahuan yang luas.
Tugas Content Writer
Tugas seorang content writer adalah menuliskan artikel pada sebuah website dengan rutin. Website sebuah perusahaan atau klien akan memiliki berbagai ide konten artikel dari seorang content writer. Tidak hanya sekadar menulis, content writer juga bertanggung jawab membuat artikel dengan keyword yang sudah diriset agar website prusahaan berada pada halaman pertama search engine. Selain website, content writer juga mengelola konten di media sosial sebuah perusahaan. Dia akan bekerja sama dengan designer grafis atau social media specialist.
Apa saja skill yang dibutuhkan oleh seorang content writer? Content writer harus bisa melakukan riset topic serta mengikuti apa saja topic yang sedang trend an relevan dengan perusahaan. Ini sangat penting dan bahkan menjadi syarat utama content writer memahami penulisan SEO yang bisa meningkatkan kualitas website.
Content writer akan menyajikan tulisan artikel yang lebih panjang daripada copywriter. Itulah mengapa content writer harus bisa menyampaikan tulisan yang menarik dan tidak membosankan. Tulisan tentu harus bersifat informative dan sesuai fakta.
Baca Juga: Layanan Copywriting
Skill Content Writer dan Copywriter
No | Skill Content Writer | Skill Copywriter |
1 | Mudah beradaptasi | Kreatif |
2 | Memiliki pengetahuan SEO | Memiliki rasa penasaran |
3 | Memiliki skill analisa/riset | Memiliki skill menulis yang baik |
4 | Editing | Mengerti user experience |
5 | Kreatif | Membuat headline yang menarik |
6 | Memiliki kemampuan storytelling | Mengetahui target audiens |
Pentingnya Copywriter dan Content Writer dalam Tim Bisnis
Ada beberapa pengaruh baik terhadap keberadaan content writer dan copywriter dalam perkembangan bisnis anda antara lain:
1. Bisa Mengikuti Perkembangan Digital
Perkembangan digital saat ini sangat pesat. Bisnis lebih banyak beralih ke online. Copywriter dan content writer adalah seseorang yang akan mengisi penyampaian bisnis anda secara online dengan ide dan tulisan yang dapat dinikmati kapanpun secara online.
2. Bagian Strategi Marketing yang Menarik
Inti kegiatan dari content writing dan copywriting adalah membuat konten marketing tetapi disajikan dengan sangat menarik dan tidak membuat audiens anda bosan hanya dengan postingan-postingan promosi. Namun ada informasi yang diberikan dengan bahasa yang menarik serta soft selling.
3. Memikat Audiens
Copywriter dan content writer bisa membuat promosi yang menarik. Ini tentunya bisa memikat audiens yang berpotensi menjadi pelanggan yang loyal karena bisnis anda akan lebih dekat dengan mereka. Misalnya dengan tulisan dari copywriter yang menawarkan solusi dari masalah audens. Demikian juga dengan content writer yang dapat menyajikan berbagai artikel yang menarik sbagai media baca yang informative.
4. Meningkatkan Traffic Website
Ketika website perusahaan anda berkualitas, audiens tentu semakin banyak mengunjungi situs tersebut. Keberadaan copywriter dan content writer yang akan menjamin berbagai konten di dalamnya. Dengan pengetahuan SEO, maka website anda bisa meningkat dari segi traffic kemudian berpotensi direkomendasikan oleh Google untuk muncul pada posisi paling atas search engine.
Baca Juga: Mengenal Profesi SEM Specialist: Tanggung Jawab Dan Kualifikasi
5. Komunikasi dengan Audiens Tersampaikan dengan Baik
Copywriter dan content writer adalah penghubung antara perusahaan dengan audiens dalam dunia online mulai dari caption media sosial, berbagai bahasa konten dalam postingan, bahasa dalam konten website, promosi, iklan dan sebagainya bisa tersampaikan dengan baik. Bahasa dalam content writing dan copywriting juga akan menyesuaiakn karakter audiens perusahaan dengan target pasarnya.
6. Memperkuat Branding Perusahaan
Inti dari seluruh hasil karya copywriter dan content writer adalah dinikmati oleh audiens. Ini akan semakin memperkuat branding suatu perusahaan. Profesi ini akan semakin membentuk karakter perusahaan dan semakin menjangkau audiens dengan komunikasi digital tersebut.
Itulah pentingnya copywriter dan content writer dalam tim bisnis anda. Dengan dua posisi tersebut, kegiatan pemasaran anda semakin mudah dan bisa meningkatkan konsumen dengan digital marketing yang saat ini sudah menjadi hal wajib untuk para pebisnis.
7. Konten Disampaikan Tepat Waktu
Seorang copywriter professional tentu akan menyelesaikan pekerjaannya dengan tepat waktu karena banyak proyek atau perusahaan yang mengalami keterlambatan dalam hal pembuatan konten karna yang dikerjakan bukan professional yang tidak menemukan inspirasi atau waktu untuk menulis.
FAQ
Apa itu SEO content writer?
-SEO writing adalah implementasi keyword dan keyphrases dalam konten website. Copywriter dan marketer biasanya menggunakan visibilitas organic dan peringkat SERP.
Apa saja yang harus diketahui oleh content writer tentang SEO?
-Link building, cara mengoptimasi konten, user experience, proaktif.