Email marketing sangat penting sebagai salah satu marketing channel untuk bisnis apapun. Marketing channel ini bahkan sangat efektif dibandingkan dengan beberapa media sosial. Selain itu, tidak dibutuhkan biaya besar untuk email marketing mengingat ada banyak layanan email blast gratis yang tersedia. Email blast tidak hanya memiliki arti mengirimkan dan melakukan BCC email saja. Ada teknik dan berbagai strategi digital marketing untuk membuat email blast memiliki hasil yang lebih efektif dan meningkatkan konversi/penjualan.
Email blast adalah strategi marketing masa kini. Anda bisa menghemat waktu dan tenaga untuk mengirimkan email ke semua kontak yang anda miliki. Apa itu email blast? Bagaimana cara menggunakan layanan email marketing tersebut?
Baca juga: Apa Itu Email Newsletter Dan Manfaatnya?
Contents
Apa itu Email Blast?
Email blast adalah istilah yang digunakan untuk aktivitas mengirimkan email kepada banyak penerima pada waktu yang bersamaan. Sebagian besar email blasting digunakan untuk tujuan marketing sehingga mayoritas penyedia layanan email menyebut perusahaannya sebagai platform email marketing. Anda tidak bisa menggunakan platform penyedia email biasa seperti Gmail untuk email blast karena jumlah email yang dikirimkan cukup banyak. Selain itu, banyak fitur email marketing yang tidak tersedia di layanan email biasa seperti segmentasi audiens, laporan, email dan analisis performa email.
Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Platform Email Blast
1. Tujuan Perusahaan
Anda sebaiknya memahami tujuan apa yang ingin oleh perusahaan anda sebelum memilih layanan platform email blast. Memahami tujuan kampanye perusahaan lewat email penting karena setiap layanan email marketing punya spesifikasi fitur yang berbeda. Dengan mengetahui tujuan yang ingin anda dicapai, anda bisa memilih layanan email marketing yang paling sesuai kebutuhan sehingga anda tidak menghambur-hamburkan uang untuk fitur yang tak dibutuhkan.
2. Gratis atau Berbayar
Beberapa perusahaan menyediakan layanan email blast gratis namun dengan fitur yang terbatas. Misalnya MailChimp memungkinkan pengguna layanan email blast gratis untuk mengirimkan email marketing maksimal 12.000 email per bulan untuk 2.000 subscriber atau lebih sedikit dari itu. Sedangkan untuk versi berbayar biasanya setiap perusahaan menyediakan pilihan pembayaran setiap bulan atau setiap tahun dengan variasi harga serta fitur.
Baca juga: Daftar Plugin Email Terbaik Untuk WordPress Yang Direkomendasikan
3. Template Email
Ketersediaan template email juga harus dipertimbangkan ketika memilih platform email blast. Dengan adanya berbagai pilihan template email, anda bisa membuat email menjadi lebih menarik serta tidak membosankan.
4. Segmentasi Audiens
Segmentasi audiens email marketing dapat dilakukan berdasarkan berbagai aspek yaitu jenis konsumen, minat konsumen, lokasi konsumen atau engagement. Anda harus mempertimbangkan fitur segmentasi audiens juga agar bisa mengirimkan email yang sesuai dengan audiens yang ditargetkan.
5. Email yang Tersedia untuk Desktop dan Mobile
Penelitian yang dilakukan oleh Forrester menunjukkan bahwa 42% email marketing dibuka melalui perangkat mobile. Oleh karena itu, anda harus memastikan bahwa platform yang dipilih menyediakan template email yang tetap nyaman dilihat lewat perangkat mobile.
6. Customer Support
Ketersediaan customer support juga harus dipertimbangkan saat memilih layanan email marketing agar ketika ada masalah pada layanan yang digunakan, anda dapat segera menyelesaikannya. Yang harus diperhatikan bahwa beberapa penyedia layanan email marketing hanya menyediakan fitur customer support kepada pengguna yang berbayar. Beberapa platform bahkan menyediakan professional support untuk pengguna yang memerlukan konsultasi mengenai email marketing.
7. Email Otomatis
Fitur email otomatis memungkinkan para pengguna untuk mengirimkan email secara otomatis yang bisa disesuaikan dengan perilaku penerima email. Anda dapat mengatur untuk mengirimkan email otomatis ketika seseorang baru saja melakukan subscribe newsletter, ketika penerima email tidak membuka email yang sebelumnya atau ketika penerima email tidak membuka email yang sebelumnya atau ketika penerima email tidak mengklik CTA di email yang sebelumnya. Ketersediaan fitur ini juga harus dipertimbangkan supaya mempermudah anda dalam mengirimkan email dengan konten yang berbeda pada konsumen yang juga perilakunya berbeda.
8. Analisis Email Marketing
Setelah mengirimkan email marketing pada konsumen potensial, anda juga harus mengevaluasi performa kampanye tersebut. Anda harus mengetahui berapa banyak penerima email yang membuka email, yang mengklik link pada email serta yang membatalkan langganan newsletter. Dengan demikian, anda bisa menganalisis keberhasilan kampanye yang anda lakukan lewat email.
Beberapa platform menyediakan analisis serta laporan secara gratis dan beberapa platform mengharuskan pengguna untuk mengakses fitur ini. Jadi, anda harus cermat dalam memilih platform yang disesuaikan dengan budget anda.
Baca juga: Cara Membuat Email Marketing Profesional Dan Efektif
Manfaat Email Marketing
No | Manfaat Email Marketing |
1 | Pendekatan secara personal pada pelanggan |
2 | Penyampaian informasi yang praktis dan cepat |
3 | Lebih menghemat biaya |
4 | Kampanye yang terukur dan efektif |
5 | Mengirimkan email sesuai dengan kategori pelanggan |
6 | Pesan yang sudah dipersonalisasi |
7 | Membangun loyalitas pelanggan |
8 | Mengoptimalkan konversi penjualan |
9 | Mudah untuk dibagikan |
Platform Email Blast yang Bisa Digunakan
1. Kirim.Email
Kirim.email merupakan salah satu platform email blast yang dapat digunakan untuk mengirimkan email dengan jumlah banyak dalam sekali waktu pada seluruh list. Untuk anda yang sedang menjalankan email marketing, Kirim.email tentu bisa membantu menjangkau data email calon pelanggan. Dengan demikian, anda bisa lebih mudah berkomunikasi dengan calon pelanggan anda. Hanya dengan 100 ribu-an setiap bulan, anda sudah mendapatkan layanan yang bisa menunjang bisnis anda
2. MailChimp
Untuk pemilik bisnis skala kecil dengan subscriber kurang dari 2000 akun, MailChimp menyediakan layanan dengan gratis. Tetapi pengguna layanan gratis ini hanya dapat mengirimkan email maksimal 12.000 email setiap bulannya. MailChimp versi gratis sudah meliputi template email, segmentasi audiens, dan laporan performa email marketing. Jika anda merasa bahwa MailChimp versi gratis belum memenuhi kebutuhan anda, maka MailChimp menyediakan versi berbayar mulai dari 10 USD per bulan.
3. Vertical Response
Vertical Response juga memberikan layanan email marketing gratis yang dapat mengirimkan 4000 email setiap bulan kepada maksimal 300 penerima. Layanan versi gratis ini sudah meliputi email editor, template compatible untuk perangkat mobile, contact list management, email welcome otomatis, Facebook atau Twitter sharing, report and analisis, HTML editor.
Pada versi gratis, pengguna belum bisa mendapatkan fitur customer support. Report dan analisis pada versi gratis juga masih terbatas. Jika pengguna ingin mendapatkan fitur yang jauh lebih lengkap maka Vertical Response menyediakan layanan berbayar mulai dari harga 11 US Dollar.
4. BenchMark
Sama seperti dua layanan sebelumnya, Benchmark juga menyediakan layanan gratis. Benchmark versi gratis memungkinkan pengguna untuk mengirimkan 14.000 email setiap bulannya kepada maksimal 2.000 penerima. Beberapa fitur gratis dari Benchmark antara lain desain email, template responsive, sign up form, email otomatis dasar, RSS email campaign, email delivery management, google analytics tracking, management list dan segmentasi.
Pada versi gratis Benchmark, pengguna sudah mendapatkan fitur customer support. Tetapi fitur segmentasi audiens dan email otomatis yang tersedia masih terbatas. Layanan Benchmark berbayar dimulai dengan harga 13.99 US Dollar setiap bulan.
5. Zoho Campaigns
Sama seperti MailChimp, Zoho Campaign juga menyediakan layanan gratis dengan pengiriman email maksimal 12.000 per bulan pada 2.000 penerima. Dalam versi gratis Zoho Campaign, pengguna bisa mengakses hampir semua fitur layanan email marketing kecuali fitur marketing automation yang meliputi emai otomatis berdasarkan segmentasi, berdasarkan kalender sehingga berdasakan laporan.
Layanan berbayar email marketing Zoho Campaign dimulai dari harga 5 USD sampai dengan 350 USD. Anda bisa memilih layanan berbayar disesuaikan dengan jumlah penerima email marketing anda.
FAQ
Apa yang membuat email blast menjadi bagus?
-Tujuan email blast adalah untuk membuat engagement, memicu aksi dan mengumpulkan respon. Buatlah CTA anda lebih to the point. Buatlah desain anda tetap bersih dan terfokus dan ingatlah setiap elemen dalam website seharusnya bisa mendukung pesan anda.
Kapan hari terbaik mengirimkan email blast?
-Hari-hari terbaik mengirimkan email blast adalah Selasa, Rabu dan Kamis. Data yang terkumpul dari 10 studi yang berbeda menunjukkan bahwa selasa adalah hari yang terbaik untuk mengirimkan email marketing. Eamil yang dikirimkan pada hari Selasa memiliki waktu buka yang paling baik, memberikan hasil CTR terbaik dan traffic yang lebih tinggi.