Kalau anda pernah belajar tentang digital marketing analytics, maka anda pasti pernah menemukan istilah ‘funnel’. Tetapi apakah anda sudah benar-benar memahami apa yang dimaksud dengan digital marketing funnel dan mengapa itu penting?
Digital marketing funnel adalah konsep atau alat yang sangat bermanfaat untuk memvisualisasikan tahapan-tahapan yang dilalui oleh target audience dalam mulai mengenal brand anda sampai membeli suatu produk.
Oleh karena itulah, memahami konsep digital marketing funnel serta penerapannya menjadi sangat penting dalam membantu anda untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan untuk meningkatkan konversi bisnis anda.
Contents
Apa itu Digital Marketing Funnel?
Digital marketing funnel adalah model yang merepresentasikan keseluruhan buying journey target audience dari bisnis anda mulai dari mengenali brand sampai dengan menjadi konsumen. Beberapa tahapan umum digital marketing funnel antara lain awareness/exposure, discovery/liking, consideration, conversion, customer relationship and retention.
Funnel ini bisa digunakan untuk memahami usaha apa saja yang mesti dlakukan pada setiap tahapan untuk membantu mendapatkan atau meningkatkan konversi bisnis.
Mengapa Digital Marketing Funnel sangat Penting untuk Bisnis Anda?
Salah satu alasan paling utama mengapa menerapkan teknik ini penting yaitu bisnis anda akan memiliki segmentasi marketing yang jauh lebih jelas. Dengan menggunakan digital marketing funnel, anda lebih mudah dalam mendesain konten, kampanye, iklan atau strategi digital marketing yang komprehensif dengan penyampaian informasi atau pesan yang tepat pada setiap buying journey dari konsumen anda.
Itu tentu hal yang sangat menguntungkan karena proses yang dilalui oleh calon konsumen untuk membeli produk anda semakin efisien serta terukur.
Tahapan-Tahapan Digital Marketing Funnel
Ada setidaknya 6 tahapan yang dilalui oleh audience ketika terpapar oleh sebuah brand dalam dunia digital.
1.Exposure/Awareness
Setiap digital marketing funnel akan selalu diawali dengan exposure atau awareness mengingat usaha lain hanya mungkin dilakukan saat audience sudah mengenal brand anda. Digital marketing menawarkan berbagai channel yang sangat baik untuk digunakan dalam membangun awareness brand anda.
Pada tahapan awareness, beberapa strategi digital marketing yang cocok untuk anda terapkan antara lain:
- SEO (Search Engine Optimization) membuat brand anda menjadi lebih mudah ditemukan pada search engine semacam Google
- Content marketing dengan membagikan konten-konten yang berkualitas baik lewat media sosial ataupun lewat blog
- Membangun komunitas online yang berdasarkan pada hal-hal yang diminati oleh target audiens anda.
Untuk menambah efektivitas, bisa juga dengan menjalankan iklan di media sosial ataupun PPC marketing. Poin yang harus diperhatikan pada tahapan ini adalah membangun brand awareness tidak bisa dilakukan dengan instan. Dibutuhkan konsistensi dari brand untuk terus menampilkan produk mereka pada berbagai channel digital sehingga orang semakin mengenal dan bisa mengingat brand dengan mudah.
2. Discovery
Setelah target audience berhasil menuju website atau profil akun media sosial anda, maka hal yang harus dicapai selanjutnya yaitu membuat mereka menjelajahi atau mau kembali ke website anda ke depannya. Untuk bisa mencapai hal ini, anda dapat menyertakan link rekomendasi konten yang punya topik serupa dengan konten anda.
Tujuannya yaitu membuat visitor website turut membaca konten tersebut dan tetap berada di website anda. Anda juga dapat mengajak visitor website untuk sign up ke newsletter dan membagikan berbagai konten atau informasi tentang produk dan brand anda lewat email kepada mereka.
Manfaat Funnel Marketing
No | Manfaat funnel marketing |
1 | Membantu marketer menemukan strategi yang paling ampuh membantu customer |
2 | Membantu perusahaan untuk memahami motivasi yang mendorong prospek untuk meneliti produk mereka |
3 | Membantu menyadari mengapa strategi pemasaran hanya bekerja pada tahapan funnel tertentu |
4 | Mencari tahu waktu dan cara terbaik untuk membina hubungan dengan klien yang potensial |
5 | Membuat rencana marketing praktis kepada pengguna pada berbagai tahapan funnel |
3. Consideration
Audiens yang ada pada tahap consideration adalah mereka yang sudah mengenal brand anda dan punya kebutuhan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Oleh karena itu, konten yang disajikan akan menjadi penentu apakah audiens tersebut jadi membeli produk anda atau tidak.
Karena intensi audiens anda sudah cukup jelas pada tahapan ini yaitu mencari produk yang ditawarkan maka konten yang cocok disajikan dalam tahapan ini yaitu berupa informasi yang mencakup berbagai kelebihan serta manfaat dari produk atau layanan brand anda.
Bentuk konten tersebut dapat berupa halaman Frequently Asked Questions (FAQ) atau mungkin studi kasus yang menunjukkan kesuksesan bisnis dalam membantu client.
4. Conversion
Idealnya audiens pada tahapan ini sudah memahami kelebihan serta fitur dari produk yang ditawarkan oleh brand anda. Maka inilah saatnya membantu mereka untuk semakin yakin dalam melakukan pembelian. Salah satu usaha yang dapat anda lakukan dalam tahapan ini yaitu dengan menawarkan free trial. Dengan menawarkan free trial maka calon konsumen bisa lebih dulu merasakan manfaat produk atau layanan yang ditawarkan sehingga mereka semakin yakin membelinya.
5. Customer Relationship
Kesalahan paling sering dilakukan dalam menjalankan marketing yaitu berhenti dalam tahap conversion dan tidak menjalin komunikasi lanjutan dengan konsumen. Menjalin relasi dengan konsumen setelah mereka melakukan pembelian adalah hal krusial untuk membangun loyalitas mereka terhadap brand anda.
Email marketing menjadi salah satu strategi yang tepat untuk dilakukan untuk menjaga relasi dengan konsumen anda. Melalui email, anda bisa tetap terhubung dengan konsumen dan terus menghadirkan konten ataupun informasi yang berguna untuk mereka. Kalau anda berhasil melakukan ini, maka brand anda kemungkinan besar akan menjadi brand favorit dari konsumen anda.
6. Retention
Tujuan utama pada tahapan digital marketing funnel yang satu ini adalah mendapatkan transaksi baru dari orang yang sudah menjadi konsumen atau klien anda. Ini sangat penting khususnya bagi keberlanjutan bisnis anda dalam jangka panjang. Kunci dalam keberhasilan pada tahapan ini terletak pada kepuasan konsumen terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Buatlah produk, layanan atau konten yang bisa mencapai bahkan lebih dari ekspektasi konsumen anda.
FAQ
Apa itu funnel dalam bisnis?
-Dalam dunia marketing, ada sebuah istilah yang disebut dengan funnel. Sebuah seni dalam bisnis yang biasa dilakukan untuk bisa memaksimalkan sebuah promosi dan melihat hasilnya dalam bentuk naiknya tingkat penjualan.
Apa yang dimaksud dengan marketing funnel?
-Marketing funnel merupakan bentuk lain dari customer journey, dimana menjelaskan proses seseorang dari tidak mengenal brand, mengenal, menimbang, melakukan pembelian, menilai produk, hingga menjadi pelanggan.