Memasarkan produk lewat media sosial menjadi sesuatu yang wajar pada era digital seperti saat ini. Media sosial seakan menjadi pusat dunia maya yang lengkap. Anda tidak usah repot-repot menghabiskan waktu untuk berjalan di pusat perbelanjaan. Memanfaatkan dunia digital untuk meningkatkan penjualan anda tentu akan menjadi strategi markting yang akan sangat membantu. Salah satu strategi marketing yang bisa anda lakukan adalah endorse.
Dengan banyaknya pengguna media sosial yang mencapai 61,8% dari seluruh penduduk Indonesia, penggunaannya bisa dibilang cukup efektif untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Strategi endorsement biasanya digunakan agar produk atau jasa yang dipasarkan dikenal secara luas. Sebenarnya apa itu endorse? Apa saja manfaatnya bagi sebuah brand?
Baca juga: Sales Funnel: Pengertian Dan Cara Pembuatannya
Contents
Apa itu Endorse?
Endorse merupakan bentuk kata serapan Bahasa Inggris yaitu endorsement. Jadi pengertian endorse adalah menyetujui, mendukung, menyokong, menguasakan dan mengabsahkan. Kalau dilihat dari definisinya, maka ruang lingkung endorse sebenarnya sangat luas. Kata ini dapat mencakup bisnis, asuransi dan hukum. Tetapi pengertian endorse yang sering digunakan sehari-hari adalah endorse yang mendefinisikan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mendukung atau menyetujui sesuatu.
Misalnya kegiatan endorse yang dilakukan oleh online shop untuk mempromosikan produk dagangan mereka. Endorse yang dilakukan biasanya menggunakan jasa influencer atau public figure untuk memberikan testimony sebagai bentuk promosi terhadap barang atau jasa. Penggunaan jasa influencer atau public figure dalam endorsement dilakukan karena akun media sosial mereka memiliki banyak sekali followers.
Manfaat Endorse bagi Bisnis
Efektivitas serta dampak yang dihasilkan oleh strategi endorse dalam meningkatkan penjualan produk barang serta jasa tidak usah diragukan lagi. Bahkan sudah banyak testimony dan penelitian yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa perguruan tinggi untuk menilaiapakah strategi pemasaran endorse adalah hal terbaik. Berikut ini beberapa manfaat dari kegiatan endorse:
1. Meningkatkan Awareness Masyarakat Terhadap Brand
Dengan melakukan endorse pada barang atau jasa, maka masyarakat semakin menyadari keberadaan produk anda. kesadaran masyarakat akan semakin bertambah jika orang yang diendorse adalah orang yang sangat kredibel dan sejalan dengan produk yang akan dijual. Anda juga bisa menggunakan strategi endorse jika anda sudah mengeluarkan produk yang baru. Marketing dengan endorse bahkan sangat tepat digunakan untuk produk yang baru saja keluar karena produk anda akan dikenal oleh semakin banyak orang dalam waktu yang sangat cepat.
2. Meningkatkan Kredibilitas Brand
Ketika anda memasarkan produk dengan orang yang tepat, maka kredibilitas juga akan meningkat. Misalnya, anda endorse pada seorang influencer yang integritasnya lebih terjamin dan pekerjaannya dikenal professional, maka brand anda akan dipandang sebagai brand yang memiliki kualitas tinggi. Menentukan siapa yang akan mempromosikan produk anda sebelum melakukan endorsement.
3. Meningkatkan Penjualan Produk
Konten-konten yang diposting oleh influencer yang diendorse berperan penting dalam meningkatkan penjualan. Jika konten yang dibuat selalu monoton, tidak sesuai dengan tren dan ketinggalan zaman, maka endorse yang dilakukan kemungkinan besar akan menjadi sia-sia.
Jika produk anda berkualitas tinggi, menarik dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat, maka ini sudah menjadi nilai tambah untuk penjualan produk. Terlebih lagi dibantu dengan strategi endorse dimana konten selalu baru dan kreatif maka produk anda pasti akan lebih laris.
Jika satu produk anda berhasil menarik minat banyak pelanggan, maka produk anda kemungkinan besar akan dilirik oleh para pelanggan. Ini juga disebut dengan efek domino dimana suatu peristiwa mengakibatkan peristiwa lain terjadi. Jadi sekalipun produk yang anda endorse hanya satu, namun hasil yang didapatkan berlipat ganda karena produk lainnya juga terlihat dan meningkat dalam penjualan.
Baca juga: Apa Itu Sales Pipeline? Ini Manfaatnya Bagi Sales Dan Bisnis
Jenis-Jenis Endorsement
No | Jenis-Jenis Endorsement | Penjelasan |
1 | Expert | Menggunakan tokoh yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu dan sesuai dengan jenis produk yang diiklankan |
2 | Prominence | Jenis endorse yang menggunakan tokoh masyarakat yang terkenal dan dipercaya |
3 | Celebrity | Jenis endorse satu ini menggunakan jasa selebriti atau public figure yang disukai oleh masyarakat |
4 | Testimonial | Ini adalah jenis endorse yang berasal dari masyarakat umum dan bersifat netral. Endorser membuat testimony tentang produk yang diiklankan |
5 | Terrestrial | Jenis endorse ini menggunakan jasa orang biasa serta tidak ada unsur komersial |
6 | Clientele | Jenis endorse yang menggunakan jasa tokoh ahli |
7 | Leader | Menggunakan jasa seorang pemimpin dalam bidang tertentu dan sesuai dengan produk yang diiklankan |
8 | Accesivit | Jenis endorse yang menggunakan jasa tokoh yang memiliki keunikan dalam bidang tertentu |
4. Membuka Pasar Baru
Anda mungkin bertanya bagaimana cara mempromosikan produk pada pasar baru? Jawabannya yaitu dengan melakukan endorse pada seseorang yang memiliki jumlah follower yang banyak serta jangkauan yang sangat luas. Jumlah followers dari orang yang diendorse dalam hal ini berperan untuk membuka pasar baru untuk produk anda. Apalagi jika followers dari orang tersebut tidak hanya da di satu daerah namun ada di banyak daerah bahkan mencakup berbagai belahan dunia.
Dengan menggunakan jasa artis-artis bertaraf internasional maka produk anda tentu akan dikenal secraa luas oleh masyarakat Indonesia bahkan masyarakat internasional.
5. Bisa Disesuaikan dengan Budget
Biaya melakukan endorsement sangat beragam tergantung pada dana yang sudah ditentukan. Untuk anda yang memiliki dana yang cukup besar, maka influencer atau public figure yang terkenal serta kredibel serta memiliki jangkauan follower yang banyak dan luas. Dampak yang dihasilkan dari satu kali postingan konten para public figure pasti sangat besar.
Tetapi tidak usah khawatir jika anda hanya memiliki dana rata-rata karena influencer atau selebgram nano dan mikro saat ini siap membantu anda untuk mempromosikan barang atau jasa anda. Meskipun jangkauan serta jumlah follower mereka tidak seperti artis papan atas namun dampak dari postingan konten yang dilakukan tetap memiliki dampak yang positif terhadap pada peningkatan penjualan untuk produk anda.
Bahkan kalau dana anda sangat terbatas, ada juga endorse yang tak mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Ya, endorse yang gratis sangatlah mungkin untuk dilakukan. Anda hanya perlu mengirimkan produk pada orang tersebut.
Baca juga: Manfaat Strategi Retargeting Bagi Kampanye Digital Marketing
6. Promosi yang Efektif
Dengan meninjau manfaat dari kegiatan endorse yang telah dijelaskan sebelumnya, kita bisa menyimpulkan bahwa promosi produk atau jasa yang dilakukan sangatlah efektif. Efektif yang dimaksud mencakup waktu serta biaya. Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, melakukan promosi dengan metode endorsement akan membuat produk yang dijual bisa dikenal dalam waktu yang sangat cepat.
Omset penjualannya juga bisa segera meningkat karena konten yang diposting memang bisa dilihat oleh banyak secara actual. Selain itu, ini disebut efektif karena hanya membutuhkan satu tindakan yaitu endorsement maka beberapa keuntungan hasilnya. Satu konten endorse yang diposting bisa membawa kepercayaan pelanggan serta membuka pasar yang baru dan meningkatkan penjualan anda.
FAQ
Apakah endorse termasuk iklan?
-Endorsement adalah bentuk iklan yang menggunakan tokoh atau selebriti terkenal yang mendapatkan kepercayaan, rasa hormat, atau kesadaran yang tinggi di antara orang-orang.
Apa itu influencer?
-Influencer adalah salah satu strategi pemasaran yang sedang booming selama beberapa tahun terakhir, khususnya sejak melonjaknya pengguna media sosial. Influencer merupakan orang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk ikut membeli produk tertentu.