Fitur baru Instagram Reels akhirnya dapat dinikmati pengguna di Indonesia. Instagram Reels sebenarnya sudah dirilis di 50 negara lain sejak tanggal 5 Agustus 2020 lalu. Namun Instagram secara resmi menghadirkan fitur Reels untuk wilayah Indonesia pada 23 Juni 2021. Sudahkah anda mencoba fitur paling baru Instagram yang sudah ditunggu sejak lama?
Instagram memang langsung memiliki tempat tersendiri pada hati pengguna media sosial sejak diluncurkan pada tanggal 6 Oktober 2010. Di Indonesia, pengguna aktif Instagram sudah sebanyak 87,8 juta pengguna per 18 Mei 2021. Tidak mengherankan kalau banyak pemilik bisnis yang menggunakan Instagram sebagai media untuk promosi online.
Fitur baru Instagram yang bernama Reels ini ternyata sangat berpotensi untuk melejitkan bisnis anda. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.
Baca Juga: Pentingnya Jadwalkan Postingan Instagram Untuk Hasil Yang Maksimal
Contents
Apa itu Instagram Reels?
Instagram Reels adalah fitur terbaru yang dirilis Instagram untuk membuat video yang menarik dengan durasi yang sangat singkat. Video Instagram Reels bisa dibuat dengan durasi minimal 3 detik sampai dengan 30 detik. Kehadiran fitur paling baru ini merupakan resolusi yang memberikan ruang eksklusif untuk video pendek.
Dengan berbagai fitur yang ada di Instagram Reels, video pendek bisa terpampang dalam feed dan menjadi lebih mudah untuk dijangkau banyak orang. Reels video juga bisa muncul pada halaman Reels Explore Feed yang konsepnya sangat mirip dengan For Your Page (FYP) yang ada dalam aplikasi TikTok.
Yang bisa muncul dalam halaman Reels Explore Feed adalah berbagai video popular yang akan membuat anda tetap update dengan berbagai tren yang paling baru. Di awal kemunculannya, Instagram hanya menjadi media bagi pengguna untuk menunjukkan foto dan video singkat yang ada pada halaman Profil dan Feed.
Manfaat Instagram Reels untuk Melejitkan Bisnis
Fitur Reels yang digadang-gadang akan menjadi tren baru ini jelas bisa digunakan untuk melejitkan bisnis anda. Instagram Reels memiliki peluang yang besar untuk dijadikan sebagai wadah mengembangkan bisnis, bahkan untuk anda yang masih pemula dengan akun yang masih kecil.
Anda punya kesempatan besar untuk berkembang dan memperkenalkan brand dengan menciptakan berbagai konten menarik via Instagram Reels. Apalagi Instagram Reels punya halaman insight yang dapat menjadi salah satu factor pertimbangan dalam membuat konten selanjutnya.
Saat ini, Instagram Reels sudah dinikmati di 80 negara. Ini membuat pebisnis bisa mempromosikan brandnya tidak hanya di dunia local tetapi juga dunia internasional. Apa saja manfaat Instagram Reels untuk bisnis anda? Berikut ini penjelasannya:
1.Boost Post Instagram
Postingan Instagram Reels akan masuk ke halaman Feed dan Explore Instagram. Anda bisa membuat konten Reels yang menarik sesuai dengan tema Instagram atau bisnis yang ditawarkan. Konten yang menarik akan membuat orang merasa penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak hal tentang bisnis anda.
Hasilnya yaitu para pengguna Instagram yang berkunjung ke halaman profil anda untuk melihat postingan-postingan lain yang tidak kalah menarik. Dari situlah, insight anda akan naik. Kemungkinan orang tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa bisnis anda juga semakin tinggi.
Baca Juga: Apa Itu Instagram Influencer?
2.Boost Follower
Karena mendapatkan eksposur dari halaman Instagram Reels Explore, maka akun Instagram anda bisa mendapatkan traffic pengunjung yang lebih tinggi. Jika konten Instagram menyuguhkan sesuatu yang menarik dan luar biasa maka pengguna Instagram pasti tidak akan ragu memfollow akun anda.
Tujuannya yaitu untuk mengikuti konten yang berkualitas atau menunggu promo-promo khusus. Followers yang semakin bertambah maka semakin banyak orang yang mengenal bisnis anda. Jika target market sudah mengenal bisnis akan terus bertumbuh.
Ketika kepercayaan sudah tumbuh, para followers kemungkinan tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa dari bisnis yang ditawarkan akan meningkat. Metode ini akan sangat bermanfaat, terlebih lagi untuk anda yang belum maksimal memanfaatkan TikTok.
3.Alternatif dari Facebook Ads
Fitur Instagram Reels bisa berperan sebagai alternative pengganti ketika menggunakan layanan Facebook Ads. Untuk bisnis kecil yang sedang merintis dan belum memiliki biaya untuk dialokasikan ke periklanan, anda bisa memanfaatkan fitur ini.
Ketika anda menggunakan Facebook ads, maka anda harus menggelontorkan dana sebesar Rp 20.000,00 – Rp 25.000,00 setiap 1000 viewer iklan. Dengan Facebook Ads, anda bisa mendapatkan banyak viewet dengan mudah tanpa kehilangan uang. Apalagi kalau postingan anda masuk ke Reels Explore Page, maka anda akan mendapatkan puluhan ribu viewer gratis.
Keunggulan Video Reels Instagram
No | Keunggulan Video Reels Instagram |
1 | Remix yang mempermudah pengguna membuat video Reels versi mereka sendiri dan menyatukannya dengan Reels yang sudah ada |
2 | Memberikan lebih banyak kesempatan untuk pengguna dalam mengelola suara atau menambahkana audio ke dalam Reels mereka |
3 | Memberikan panggung lebih besar untuk para creator dalam membagikan video mereka dan mempermudah audiens untuk menemukan konten yang dibuat |
4 | Ada kemampuan simpan suara pada fitur editing, fitur Share Audio Pages (Bagikan Halaman Audio) |
5 | Ada efek AR yang membantu mempercantik konten Reels pengguna |
6 | Instagram telah memperpanjang durasi Reels sampai dengan 30 detik, menambahkan pengaturan timer sampai 10 detik dan memperkenalkan kemampuan mengedit klip video |
7 | Peluncuran branded content di Reels sehingga creator bisa menginformasikan konten hasil kerja sama dengan brand secara transparan |
Baca Juga: Mengenal Apa Itu Social Media Monitoring Dan Tools Yang Digunakan
4.Konten Lebih Mudah Ditemukan
Ketika anda membuat video di Reels, maka video tersebut otomatis akan masuk ke halaman Feed dan explore IG. Video anda sudah dilihat oleh banyak orang karena Instagram sudah memberikan fasilitas bahwa video anda akan diexplore dengan cepat. Anda hanya tinggal memikirkan bagaimana cara membuat konten video di Instagram Reels yang membuat orang penasaran melihat produk atau jasa lebih lanjut.
Dengan demikian, pengguna Instagram yang tertarik dengan video anda akan mengunjungi halaman profil IG reels. Insight anda juga akan naik. Tahap akhir adalah orang akan membeli produk atau menggunakan jasa yang anda sediakan.
5. Bisa Menyampaikan Pesan Lebih Mudah
Manfaat terakhir menggunakan Instagram Reels adalah konten menjadi lebih mudah dipahami. Mengapa demikian? Jaman sekarang, banyak orang yang tertarik dengan konten dalam bentuk video, bukan dalam bentuk gambar. Yang jelas, sejak kemunculan aplikasi TikTok yang menjadi booming di Indonesia, masyarakat lebih suka mengkonsumsi konten dalam bentuk video sehingga banyak orang mulai memproduksi konten video.
Dengan video di Instagram Reels, anda bisa menyampaikan pesan dengan lebih mudah kepada pelanggan/calon pelanggan.
FAQ
Bagaimana cara menggunakan Instagram Reels?
-Cara membuat Reels cukup mudah. Pilih saja Reels pada bagian bawah kamera Instagram. Kemudian akan muncul berbagai tools editing di sisi kiri layar untuk membantu membuat Reels. Tool tersebut termasuk AR Effect, Align, Speed, Timer and Countdown.
Berapa durasi maksimal Instagram Reels?
-Reels hingga 60 detik atau 1 menit.