Apakah anda pernah mendengar atau bahkan menggunakan Clubhouse? Platform audio sosial yang sempat naik daun ini bisa anda manfaatkan untuk memaksimalkan promosi bisnis. Sayangnya, Clubhouse bersifat eksklusif untuk pengguna iOS saja. Untuk anda yang ingin menggunakan fitur serupa dengan bebas, anda bisa mencoba Twitter Spaces.
Contents
Apa itu Twitter Spaces?
Twitter Spaces adalah fitur terbaru Twitter yang memungkinkan Anda melakukan streaming obrolan suara dengan pengguna yang lainnya. Ruang obrolan suara dalam Twitter Spaces biasa disebut dengan Space. Twitter Spaces resmi diluncurkan ke pasar pada Mei 2021 untuk pengguna iOS dan Android. Meskipun demikian, hanya user dengan jumlah followers di atas 600 yang dapat menjadi host ruang obrolan.
Fitur terbaru Twitter ini sebenarnya terinspirasi oleh Clubhouse. Tetapi berbeda dengan Clubhouse yang menggunakan invite only, Twitter Spaces terbuka untuk didengarkan oleh seluruh penggunanya.
Baca Juga: Strategi Twitter Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis
Manfaat Twitter Spaces untuk Bisnis Anda
1.Event Menjadi Lebih Mudah
Anda tidak usah repot-repot lagi mengatur penyelenggaraan event offline. Dengan adanya Twitter Spaces, anda bisa menyelenggarakan event secara online hanya dengan beberapa kali klik. Cukup mudah bukan? Tidak hanya itu saja. Membuat event secara online bisa menghemat budget anda karena event bisa diselenggarakan dengan gratis. Sementara itu sisa dana anda dapat digunakan untuk berinvestasi lebih pada pembicara yang berkualitas.
Event yang berkualitas itu akan menjaring banyak klien potensial yang teredukasi. Apalagi popularitas event online meningkat sampai 1000% saat ini. Itu berarti bahwa semakin banyak kesempatan anda untuk menjaring klien potensial melalui event online.
2.Meningkatkan Reputasi Brand
Anda dapat menggelar diskusi panel tentang topic yang sedang hangat dalam industry bisnis anda. Tujuannya tidak lain adalah membangun online presence atau citra dari brand anda. Online presence memberikan kesempatan pada brand anda untuk membangun narasi positif tentang brand anda pada pelanggan potensial sehingga mereka lebih percaya untuk melakukan pembelian produk.
Faktanya 97% pemilik bisnis mengatakan bahwa manajemen online presence untuk reputasi brand sangat penting. Sebab sebelum membuat keputusan pembelian, pelanggan potensial mencari referensi lewat konten digital marketing.
Biasanya diskusi panel tersebut membuat anda dipandang sebagai ahli dalam bidang bisnis anda oleh para audiens. Jadi, reputasi brand anda semakin kuat di mata mereka. Reputasi brand yang menguat karena keahlian akan meningkatkan peluang kerjasama bisnis.
Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Twitter Untuk Promosi
3. Menambah Insight Bisnis
Anda juga dapat mengikuti diskusi panel tentang bidang bisnis anda yang digelar oleh brand competitor. Dengan demikian, insight bisnis anda akan semakin bertambah. Mengapa? Karena anda akan mengetahui pengalaman pelanggan competitor dari berbagai aspek. Informasi ini kemudian dapat anda manfaatkan untuk membuat produk yang jauh lebih baik.
Apakah anda mau tips agar insight bisnis berada di atas maksimal dengan menggunakan Twitter Spaces? Maka, jadilah pendengar yang baik. Pembicaraan dalam diskusi bisa membantu anda memahami tren terkini dalam industry anda. Dengan demikian, anda akan punya banyak inspirasi untuk strategi marketing atau konten marketing anda.
4. Mendapatkan Feedback Seputar Produk Baru
Katakanlah anda baru saja mengeluarkan produk baru. Anda tentu membutuhkan feedback dari pelanggan yang potensial, bukan? Tujuannya yaitu mengetahui fitur apa saja yang membutuhkan pengembangan lebih lanjut.
Anda bisa membuat ruang obrolan dengan format tanya jawab untuk bisa mengetahuinya. Berikan kesempatan pada audiens untuk mengeksplor kelebihan serta kekurangan produk anda dibandingkan dengan produk lainnya.
Cara ini lebih efektif dibandingkan dengan melakukan survey melalui email karena anda mendapatkan feedback secara real time. Jadi, anda tidak perlu menunggu lagi balasan email dari pelanggan.
Cara Menggunakan Twitter Spaces
No | Cara Menggunakan Twitter Spaces |
1 | Membuat ruang obrolan (spaces) |
2 | Mengatur akses pembicara |
3 | Mengundang audiens |
4 | Memulai spaces |
5 | Mengakhiri spaces |
Macam-Macam Penggunaan Twitter Spaces untuk Bisnis
Berikut ini beberapa contoh penggunaan Twitter Spaces untuk Bisnis:
1. Thought Leadership
Anda dapat menggunakan Twitter Spaces untuk membuat konten thought leadership yaitu event online bersama dengan para pakar untuk membahas berbagai topic tentang industry anda. Bentuk acaranya sangat beragam seperti diskusi panel dan webinar. Dalam acara itu, anda dapat menunjuk salah satu staf anda untuk membagikan pengalaman dalam industry bisnis anda.
Baca Juga: Strategi Meningkatkan Penjualan Di TikTok
2. Question and Answer (Q&A) dan Ask Me Anything (AMA)
Anda juga dapat menyeleggarakan sesi Q&A seperti yang sering dilakukan di Instagram Stories. Tetapi daripada berinteraksi dengan komentar, Twitter Spaces menawarkan interaksi tanya jawab secara real time. Sesi tanya jawab bisa anda gunakan untuk membuka kesempatan audiens menanyakan tentang fitur baru dari produk anda. Anda juga bisa menanyakan tentang produk baru anda.
Ketika audiens bertanya, maka mereka akan langsung menerima jawaban. Tidak usah mengalami komentar yang tertumpuk atau tidak terbaca. Pengalaman Q&A di Twitter Spaces tentunya menjadi lebih menarik, bukan?
Selain itu, anda bisa mengundang influencer yang berhubungan dengan industry anda untuk melakukan sesi Ask Me Anything (AMA). Audiens bebas menanyakan tentang topic tertentu pada influencer kemudian brand anda yang menjadi moderatornya.
3. Kolom Komentar pada Acara Live
Jika ada acara live yang sedang ramai ditonton, anda bisa menggelar acara live komentar menggunakan Twitter Spaces misalnya mengomentari pertandingan olahraga atau tayangan televisi secara langsung. Anda dapat mengundang pelanggan yang tergabung dalam komunitas ke dalam acara ini.
4. Peluncuran Produk
Twitter Spaces juga cocok digunakan untuk meluncurkan produk baru. Caranya yaitu anda perlu mengundang pelangga setia anda ke even online yang membahas berbagai fitur produk terbaru anda. Dalam event online tersebut, biarkan para pelanggan menanyakan fitur-fitur produk anda. Berikan jawaban secara real time. Cara ini bisa memberikan kesempatan pada pelanggan untuk mengeksplor pengetahuan produk mereka sekaligus mempromosikan manfaat dari produk terbaru.
5. Giveaway
Penggunaan Twitter Spaces yang lain adalah menyelenggarakan giveaway dengan tema tertentu misalnya meluncurkan platform baru, peluncuran hasil riset industry untuk mengatur strategi pemasaran atau rencana perluasan pasar.
Ketika acara peluncuran, anda bisa mengajak audiens memainkan kuis atau tantangan. Untuk setiap audiens yang menang, anda dapat memberikan hadiah berupa produk terbaru anda. Sekarang, anda sudah mendapatkan banyak inspirasi untuk membuat konten Twitter Spaces.
FAQ
Apa yang terjadi jika anda bergabung dengan Twitter Spaces?
-Ketika seseorang yang anda follow ikut memulai atau berbicara di Space, itu akan muncul pada bagian atas timeline seperti gelembung ungu selama masih aktif. Ketika anda bergabung dengan Space sebagai pendengar, anda bisa bereaksi terhadap apa yang anda dengar dengan emoji, tweet atau DM Space atau permintaan untuk bicara.
Apakah Twitter Space disimpan?
-Satu-satunya cara untuk mendownload Spaces saat ini adalah mengunduh arsip data Twitter anda. Saat ini, hanya ada pilihan untuk mendownload audio dari Spaces yang anda jadi host jadi tidak ada data disimpan untuk Spaces yang diikuti – Anda harus meminta host untuk menjalani proses ini.