SEM (Search Engine Marketing) bisa dibilang memiliki peran yang sama dengan SEO specialist dalam suatu perusahaan. SEM specialist memiliki peran untuk membuat website atau blog perusahaan berada pada posisi teratas. Beda dengan SEO, SEM lebih menekankan pada aktivitas marketing dengan menggunakan iklan berbayar pada mesin pencarian Google, Bing atau Yahoo.
Seseorang dengan profesi sebagai SEM specialist harus paham tentang peringkat mesin pencarian. Ini dibutuhkan untuk menyusun strategi supaya situs website perusahaan dapat masuk ke dalam peringkat teratas baik secara organic atau berbayar. SEM specialist tidak hanya menjadikan website perusahaan pada urutan paling atas namun juga punya tujuan menarik visitor baru, menciptakan konsumen yang loyal serta membangun identitas yang baik untuk perusahaan.
Baca juga: 8 Metrik SEO Yang Paling Penting
Contents
Apa itu SEM Specialist?
SEM Specialist adalah orang dengan pemahaman peringkat mesin pencari yang dibutuhkan untuk Menyusun strategi yang akan membawa situs website ke peringkat paling atas baik peringkat mesin pencari organic ataupun berbayar. Dengan melakukan itu, mereka mempromosikan perusahaan dengan menarik banyak pengunjung baru ke situs website, mendorong bisnis yang berulang dan membangun brand identity.
Akhirnya, mereka mengoptimalkan proses ini dengan mengelola serta menguji berbagai kampanye pemasaran dengan menggunakan iklan pay per click (PPC) dan melakukan riset keyword, SEM specialist akan membantu perusahaan meningkatkan pendapatan keseluruhan dan meningkatkan ROI perusahaan (laba atas investasi) dari iklan berbayar.
Pekerjaan dan Tanggung Jawab SEM Specialist
Beberapa orang berpikir bahwa SEO dan SEM Specialist memiliki tugas yang sama tetapi sebenarnya kedua profesi ini memiliki sedikit perbedaan. Jika SEO specialist lebih menekankan pada isi sebuah website yang mengandung unsur marketing seperti keyword, backlink dan engagement berbeda dengan SEM specialist yang memiliki tugas sebagai berikut:
1. Mengelola Iklan
SEM specialist akan bekerja sama dengan divisi desain untuk membuat konsep tentang iklan yang menggambarkan tentang brand perusahaan serta produk yang dihasilkan oleh perusahaan. SEM specialist mengelola iklan seperti apa yang akan ditautkan pada media sosial Facebook, Instagram dan Google. Berapa besarnya biaya yang dibutuhkan serta seperti apa manfaat yang akan didapatkan dari pemasangan iklan tersebut.
2. Menentukan Target Pasar
Memiliki tugas yang sama dengan SEO Specialist yaitu membuat informasi khususnya produk yang ditawarkan perusahaan sampai ke tangan konsumen yang sesuai dengan target yang diharapkan. Oleh karena itu, SEO dan SEM Specialist bekerja sama membuat riset tentang keyword atau kata kunci yang akan digunakan pada materi yang akan dimuat di media sosial serta website untuk mencapai peringkat paling atas dalam mesin pencarian.
3. Mengoptimalkan Teknik Digital
Tugas lainnya dari SEM specialist adalah bertanggung jawab atas beberapa sistem digital yang digunakan seperti search engine marketing, search engine optimization, social media, content marketing, email marketing, video marketing dan lainnya.
Baca juga: Bagaimana Strategi SEO Di Masa Pandemi? Cek Penjelasannya Di Sini!
4. Membuat Kampanye untuk Kebutuhan Perusahaan
Brand bisa diibaratkan sebagai wajah dari perusahaan, website menjadi media untuk menampilkan identitas, profil dan keunikan dari perusahaan tersebut. SEM specialist diberikan kewenangan untuk memperkenalkan perusahaan kepada public melalui berbagai strategi bisnis digital. Perusahaan berharap branding bisa meningkatkan reputasi bisnis, menambah investasi, mendapatkan konsumen baru serta kepercayaan terhadap produk-produk yang diluncurkan.
5. Menyusun Strategi Digital Marketing
SEM specialist membuat perencanaan bisnis dengan memanfaatkan berbagai teknologi digital. Berbeda dengan SEO specialist yang menekankan pada isi website, SEM specialist melakukan optimalisasi iklan berbayar pada IG, FB dan Google. SEM specialist akan membuat anggaran dan pengelolaan iklan berbayaran secara berkala kemudian membuat laporan tentang efektivitas dari layanan tersebut.
6. Report dan Analisis
Dengan menggunakan Analisa metrik, SEM specialist membuat laporan untuk pengoptimalan konten dan algoritma.
Jobdesk SEM Specialist
No | Jobdesk SEM Specialist |
1 | Menghandle digital marketing seperti Facebook Ads, Ig Ads, dan Tiktok |
2 | Memaksimalkan konversi dari setiap kampanye yang dijalankan |
3 | Melakukan monitoring dan Analisa kampanye yang sedang dijalankan |
4 | Membuat laporan performance ads dari all platform setiap minggu dan setiap bulan |
5 | Meningkatkan sales (penjualan) |
6 | Membuat landing pages, gambar/video untuk kebutuhan kampanye |
Persyaratan SEM Specialist
Profesi SEM specialist berbeda dengan profesi marketing pada umumnya. Sekalipun memiliki target yang sama yaitu meningkatkan penjualan produk tetapi SEM specialist menggunakan strategi digital bukan hanya akan meningkatkan penjualan namun juga untuk memperkenalkan brand perusahaan. Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi SEM specialist antara lain:
1. Memiliki Pengalaman Sebagai SEM/SEO Specialist
Memiliki job desc yang serupa, seseorang yang telah berpengalaman sebagai seorang SEO specialist bisa juga mengembang tugas sebagai SEM specialist. Pengalaman akan mempermudah kinerja seseorang karena menuntut lingkup tanggung jawab yang lebih luas.
2. Memiliki Pengalaman di Digital Agency
Persyaratan yang harus dipenuhi lainnya adalah memahami tentang program industry SEO/SEM seperti Google Ads, Google Analytics dan sebagainya. Untuk mengetahui tentang jumlah visitor berdasarkan informasi halaman pengacu seperti mesin pencari, halaman iklan dan pay per click biasanya menggunakan Google Analytics.
Baca juga: Kelebihan & Kekurangan Strategi Search Engine Optimization (SEO)
3. Senang Kompetisi dan Tantangan
SEM specialist dituntut untuk bekerja secara kreatif dan bisa berkompetisi dengan perusahaan yang lainnya. Ini karena pemanfaatan teknologi digital berkembang dengan pesat sehingga harus terus diperbarui dan diikuti.
4. Pengalaman pada Bidang Marketing
Sekalipun tidak terjun langsung pada penjualan ke konsumen namun SEM specialist harus memahami tentang aspek-aspek dalam pemasaran di antaranya seperti pertumbuhan pelanggan, promosi, tren yang disukai oleh konsumen dan sebagainya.
5. Pandai Komunikasi
Baik lisan atau tertulis, SEM specialist dituntut untuk bisa berkomunikasi baik lewat tulisan ataupun secara verbal dengan rekan kerja dan manajemen. Ini berhubungan dengan laporan-laporan serta Analisa yang akan disampaikan tentang perkembangan strategi digital untuk meningkatkan perhatian konsumen.
6. Menyukai Bidang Digital Marketing
Meskipun harus menempuh Pendidikan minimal S1, tetapi beberapa perusahaan akan mengabaikan latar belakang Pendidikan yang ditempuh. Perusahaan akan lebih mengutamakan pengalaman dan ketertarikan pada bidang digital marketing.
Jenis-Jenis SEM Specialist
Profesi sebagai seorang SEM specialist adalah salah satu profesi yang banyak dicari sejajar dengan SEO specialist. Karir yang ditawarkan oleh profesi ini sangat beragam. Jika memenuhi kriteria, maka seorang SEM specialist dapat menjadi manager hanya dari masa kerja kurang dari 5 tahun. Berikut ini range gaji yang ditawarkan:
1. SEM Specialist
Memiliki tugas untuk mencari keyword, mengoptimalkan konten halaman dan mencari strategi iklan yang efektif. SEM specialist adalah SEM dengan tugas yang paling umum yaitu mengelola kampanye iklan yang ada di search engine (Google Ads) termasuk iklan di FB, IG, Tiktok dan lain sebagainya.
2. SEM Copywriter
Memiliki tanggung jawab untuk menulis konten yang SEO friendly, menarik dan mengandung muatan marketing. Posisi ini juga menawarkan gaji yang cukup menggiurkan. Tidak hanya sebagai pegawai tetap, banyak perusahaan yang saat ini menggunakan jasa SEO copywriter freelance dengan gaji yang disesuaikan dengan project.
3. SEM Manager
Sama seperti seorang manager, SEM manager bertugas melaporkan seluruh hasil kerja tim pada SEM director berupa laporan hasil research keyword, content, strategi, link building dan sebagainya. Peran ini juga memiliki gaji yang cukup besar. Tetapi SEM manager ini biasanya diisi dengan jabatan lain seperti Digital Marketing Manager.
4. SEM Director
SEM director memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan, membuat strategi, mengawasi kinerja team, memberikan pelatihan dan ikut serta dalam optimasi website. Ini adalah jabatan tertinggi dan gaji yang diberikan cukup tinggi.
FAQ
Mengapa SEM penting?
-Keuntungan terbesar dari Search Engine Marketing (SEM) adalah memberikan kesempatan pada anda untuk menampilkan iklan anda pada audiens target yang siap membeli pada waktu yang tepat ketika mereka siap melakukan pembelian produk atau layanan anda.
Apa itu SEM?
-SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. SEM mengoptimasi website supaya muncul pada mesin pencari dengan memanfaatkan iklan. Dengan kata lain, dalam penerapan SEM, dibutuhkan trik untuk mengiklankan website dengan tepat menggunakan berbagai metode seperti Pay Per Click (PPC) dan sebagainya.