Social media management berhubungan erat dengan digital marketing yang banyak dibahas saat ini. Penggunaan akun media social yang terus update dan memiliki desain yang rapi ternyata bisa memberikan keuntungan tersendiri. Sayangnya, banyak pebisnis yang belum menyadari betapa penting manajemen akun media social.
Pengelolaan akun media social memang berbeda dengan marketing pada umumnya sehingga harus dipahami dengan baik. Mengelola akun media social yang tepat dan benar akan memberikan hasil yang memuaskan. Pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh social media specialist. Oleh karena itu, rasanya tidak salah mengetahui bagaimana cara memanage akun media social.
Contents
Apa Itu Social Media Management?
Apakah anda sudah pernah mendengar tentang manajemen pada akun media social milik perusahaan? Jika anda belum pernah mendengarnya, maka tidak ada salahnya jika anda belajar tentang social media management lebih jauh lagi. Khususnya dimulai dari hal-hal mendasar tentang manajemen akun media social.
Intinya, pembuatan akun media social dengan membuat konten akan bisa mempresentasikan toko atau perusahaan. Konten yang ada dibuat semenarik mungkin dan disesuaikan dengan toko/perusahaan dari si pemilik akun sehingga banyak informasi berharga yang bisa didapatkan dengan cepat dan mudah dari akun media social tersebut.
Manfaat Social Media Management yang Profesional
1.Menghemat Waktu Anda
Anda adalah ahli dalam bisnis dan dibutuhkan waktu serta pengalaman untuk bisa mencapainya. Ini juga berlaku untuk social media management yang profesional. Dengan strategi yang telah terbukti meningkatkan kesadaran dan keterlibatan brand, mereka bisa membawa hasil yang memuaskan untuk bisnis anda. Waktu anda sangat berharga, apakah anda bersedia mengorbankan bisnis lainnya untuk social media management?
Banyak peran dari social media management yang mengambil alih sehingga anda tidak perlu terus menerus memantau akun media social, personalisasi reputasi, mengevaluasi tren, membuat dan mengkurasi konten, riset konten yang membutuhkan banyak waktu serta menjadwalkan postingan.
2.Membangun Brand Recognition
Brand anda merupakan keunikan anda di tengah para pesaing. Bagaimana anda ingin tampil di hadapan public? Apakah hal tersebut menjadi satu-satunya yang bisa anda tawarkan kepada dunia? Dalam mengetahui platform mana yang ideal untuk brand anda kemudian posting secara teratur, membuat pedoman untuk topik yang diposting agar relevan, memastikan bahwa visual selaras dengan seluruh profil serta mengembangkan suara tertentu.
Personality anda bisa terhubung dengan audiens dan menarik engagement. Dengan demikian, anda bisa memperoleh daya tarik yang bisa menjadi tantangan yang dihadapi oleh banyak bisnis. Ini karena mereka tidak tahu darimana mereka harus memulai. Hasil yang baik akan didapatkan jika anda konsisten mempromosikan media social. Tahukah apa strategi anda selanjutnya?
3. Pembuat Konten
Konten yang dibuat serta diadaptasi untuk media social menjadi komponen penting dari marketing. Menciptakan desain grafis dan video untuk Facebook dan Instagram, menuliskan tweet yang pendek dan efektif, membuat iterasi dari copy postingan atau membuat konten baru dan menarik agar followers terus bertambah.
Ini hanyalah beberapa cara pengelola media social membuat konten yang berpengaruh untuk setiap media sosial. Ketika anda membayar para professional untuk mengelola serta membuat konten, maka anda membayar software mereka, platform social media management, kreativitas serta bahasa yang sangat baik.
4. Peningkatan Traffic
Saat ini, orang-orang menghabiskan banyak waktu di media social sehingga ini menjadi media yang sempurna untuk mengarahkan traffic ke situs website anda dan mendapatkan referensi. Media social campaign, jika dilakukan dengan efektif dan bertujuan, bisa digunakan untuk mengarahkan traffic ke situs website anda.
Target kampanye bisa mencakup tujuan marketing seperti melipatgandakan audiens anda, brand awareness, memperluas jangkauan, meningkatkan engagement, atau menggunakan layanan anda. Dengan menggunakan analitik, manajer bisa menentukan apakah kampanye bisa mencapai sasaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari dana marketing.
Tools Social Media Management
No | Nama Tools | Penjelasan |
1 | HootSuite | Ini adalah tools yang paling terkenal untuk mempermudah manajemen media social. Anda bisa membuat jadwal untuk setiap postingan, pesan serta mengetahui traffic di media social. |
2 | Buffer | Buffer adalah tools management yang sangat mudah digunakan untuk menjadwalkan konten pada akun media social. |
3 | SocialOomph | SocialOomph adalah management tool social media yang bisa meningkatkan produktivitas media social anda. |
5.Engagement, Membangun Hubungan
Social media branding, bagi banyak perusahaan, bisa dipandang sebagai papan skor raksasa. Anda menang jika mendapatkan jumlah follower terbanyak. Meskipun angka berperan penting namun harus ada makna pada angka tersebut. ROI meningkat seiring dengan hubungan yang dibangun pada seluruh platform media social anda. Anda bisa membayar untuk mendapatkan ribuan followers gratis tetapi ini tidak akan menguntungkan perusahaan.
Biasanya, ini bisa membuat followers menjauh dari tempat bisnis dilakukan. Manajer media social memusatkan perhatian pada teknik pemasaran untuk membangun koneksi yang bermakna mulai dari hashtag yang efektif dan mengajukan pertanyaan kepada audiens sampai berhubungan dengan pemberi pengaruh industry dan membalas komentar atau mention. Ada banyak cara untuk membangun hubungan dengan audiens.
6. Memperkenalkan Perusahaan
Pengguna media social di Indonesia sudah cukup banyak sehingga menjadi target pasar yang sangat luas. Ketika perusahaan membuat akun media social maka hal tersebut secara langsung bisa memperkenalkan perusahan dengan lebih luas. Terlebih lagi jika akun dikelola dengan baik maka kepercayaan masyarakat akan meningkat meskipun hanya dari media social saja.
7. Media Praktis untuk Berita, Informasi dan Promosi
Saat ini, masyarakat sudah memahami bahwa setiap perusahaan atau toko punya presensi sendiri pada akun media social sehingga kalau anda ingin mempromosikan produk hanya perlu mengupload saja untuk mendapatkan target pasar yang jauh lebih luas. Terlebih lagi promosi dengan menggunakan media social tentunya jauh lebih murah, lebih praktis serta menghemat tenaga.
FAQ
-Social media management pada intinya merupakan proses menganalisa audiens media social dan mengembangkan strategi. Ini juga mencakup membuat serta mendistribusikan konten untuk media social, memantau percakapan online, berkolaborasi dengan influencer, serta memantau dan melaporkan kinerja dan ROI media social.
-Social media management lebih fokus pada penggunaan akun media social sedangkan social media marketing lebih fokus pada pembuatan dan pelaksanaan strategi untuk menghasilkan arahan untuk bisnis anda melalui kehadiran pada platform social.