fbpx

SEO menjadi istilah yang sudah tidak asing lagi bagi orang yang sudah lama mengenal dunia internet marketing. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO menjadi strategi terbaik untuk bisnis anda yang menjadikan bisnis anda menonjol dibandingkan dengan para kompetitornya.

Google SEO bisa meningkatkan peringkat website anda pada mesin pencarian sehingga orang-orang bisa melihat website anda di antara para kompetitor. Karena orang-orang hanya mengklik beberapa website di halaman teratas, maka untuk tetap kompetitif, anda membutuhkan SEO! Inilah mengapa anda membutuhkan strategi SEO yang cerdas dan bekerja dengan baik. Kita akan membahas seluruh aspek SEO, khususnya perbedaan antara SEO dengan Google Ads, untuk melihat mana yang lebih baik.

Contents

Apa yang dimaksud dengan SEO?

SEO adalah strategi untuk membuat situs anda menduduki halaman pertama mesin pencarian. SEO juga akan membuat Google berpikir bahwa konten situs anda relevan. Mesin pencarian seperti Google dan Bing selalu mencari hasil terbaik untuk pengguna. Mereka mencari website yang mengandung informasi paling relevan untuk keyword tertentu.

Bagaimana cara kerja SEO?

Jika anda ingin tahu apa yang dimaksud dengan SEO dan bagaimana cara kerjanya, maka jawabannya sederhana. Google menggunakan algoritma untuk menentukan website mana yang paling layak untuk berada pada posisi teratas. Algoritma berubah secara berkala tetapi Google bots mencari istilah dan frasa yang membuat website  punya reputasi yang baik yang bisa muncul. Mereka ingin website yang penuh dengan konten bermanfaat untuk pengguna mereka.

Apa Manfaat SEO?

Setelah mengetahui definisi dan cara kerja SEO, mari kita gali lagi apa yang bisa dilakukan oleh SEO untuk bisnis anda. Jika anda bertanya-tanya bagaimana cara kerja SEO untuk website, jawabannya akan cukup memuaskan. SEO meningkatkan popularitas perusahaan dan memperlihatkannya pada pelanggan yang potensial. Google selalu mencari website yang menyediakan konten yang bagus.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu membuat konten yang konsisten serta menyasar pelanggan anda. SEO bisa membangun atau justru meruntuhkan bisnis anda sehingga anda harus memastikan bahwa konten anda sangat bagus. Cara lain untuk memastikan bahwa website anda tampak baik bagi Google’s bot adalah  memastikan bahwa ini responsif. Website yang responsif artinya website sesuai dengan device yang menampilkannya. Pengalaman pengguna yang hebat!

Apa yang dimaksud dengan Google Ads dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Google Ads sangat berbeda dengan SEO karena sebuah bisnis harus membayar untuk bisa berada pada posisi atas mesin pencarian. Google Ads menjadi cara yang hebat untuk mengembangkan bisnis yang masih baru. Ini juga bisa digunakan untuk mempromosikan kampanye tertentu, penjualan atau pemberitahuan dari perusahaan besar.

Google Ads adalah cara cepat untuk berada pada halaman awal hasil pencarian Google. Ini sangat penting untuk memahami kapan menggunakan Google Ads dan bagaimana cara kerjanya untuk bisa membangun strategi marketing cerdas.

Apa yang dimaksud dengan Google Ads?

Google Ads digunakan untuk membangun visibilitas perusahaan di mesin pencarian dengan meletakannya pada posisi teratas mesin pencarian. Anda membuat iklan dan membayarnya ketika orang-orang melakukan klik pada iklan anda. Itulah mengapa Google Ads juga disebut dengan PPC atau pay per click. Beberapa perusahaan menjalankan iklan Google Ads secara teratur. Sedangkan yang lain hanya menjalankan iklan pada waktu tertentu saja.

Perbedaan Google Adwords dan SEO

Setelah mengetahui secara rinci tentang Google Ads dan SEO, sekarang saatnya kita mencari tahu apa keuntungan dan kelemahan masing-masing. Kita akan membahas perbedaan antara Ads dan SEO dan apakah Ads atau SEO bisa bekerja dengan baik dalam jangka panjang dan jangka pendek!

Perbedaan Antara SEO dan Google Ads

seo ads adalah

Perbedaan utama antara SEO dan Google Ads adalah SEO selalu bersifat organik dan Google Ads memberikan tempat bagi perusahaan pada bagian tengah halaman  pertama mesin pencarian. Google tidak membebankan biaya untuk SEO organik.

Jika perusahaan anda cukup baik untuk muncul pada halaman depan Google berdasarkan algoritma mesin pencarian, website anda bisa menduduki halaman depan Google secara gratis. Google tentu saja akan melakukan scan pada halaman website anda secara berkala dan menjatuhkannya jika website anda dirasa tidak lagi cukup berharga.    

Pertimbangan dalam Memilih SEO dan Google Ads

NoPenilaianDeskripsi
1BudgetJika budget besar maka PPC bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan jika budget kecil sebaiknya anda memilih teknik SEO
2Jenis iklan yang ingin ditampilkanJika ingin iklan tampil pada bagian atas hasil pencarian maka bisa memilih PPC. Sedangkan SEO bisa dipilih sebagai metode iklan untuk tempat yang tidak terlalu mencolok.
3TujuanPPC: mengetahui perilaku target audiens dan keyword yang efektif + biaya yang cukup besar.   SEO: iklan bisa bertahan lama dan trafficnya besar. Hasilnya permanen + gratis.

SEO organik dianggap sebagai permainan jangka panjang. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun kredibilitas agar Google menempatkan website anda pada daftar teratas. Sebuah website biasanya akan berada pada peringkat bawah Google selama beberapa tahun sebelum akhirnya bisa muncul pada halaman teratas. Google Ads menjadi solusi yang cukup cepat dan efektif untuk menyelesaikan permasalahan dari SEO.

Kampanye iklan PPC juga ditandai seperti itu. Pelanggan anda tahu bahwa mereka mengklik iklan anda ketika mereka melihat daftar anda. namun beberapa pelanggan mungkin merasa bahwa mereka tidak akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan.

Apakah keduanya saling mempengaruhi?

Kapanie google ads

Google Ads dan SEO bisa bekerja bersama secara harmonis jika anda menjalankannya dengan baik. Kekuatan dari Google Ads terletak pada kemampuannya dalam meninggikan perusahaan di mesin pencarian. Sedangkan kekuatan SEO organik adalah hasil dari kampanye SEO yang dibuat dengan baik yang mengkombinasikan konten berkualitas, desain yang hebat, dan pengenalan industri dalam satu kampanye gratis. Anda seharusnya selalu bekerja untuk meningkatkan SEO organik milik anda. pastikan bahwa konten anda tepat sasaran serta relevan dengan industri anda.

Anda seharusnya memanfaatkan kekuatan dari Google Ads. Jika anda berkomitmen mengeluarkan dana agar website anda muncul pada halaman pertama Google, itu berarti anda telah membuat keputusan yang tepat. Google Ads juga menawarkan tool analitik cerdas yang bisa anda gunakan untuk melihat bagian mana yang perlu anda ubah dan bagian mana saja yang perlu anda tonjolkan dalam kampanye iklan anda.

Tool analitik ini juga akan berguna untuk menentukan siapa saja yang akan menjadi target audiens anda. Anda akan memiliki gambaran yang jauh lebih baik terhadap jenis-jenis orang yang tertarik pada bisnis anda. Konten yang tertarget adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan SEO organik anda.

FAQ

Apa yang membuat iklan boncos/lebih banyak dari pemasukan?

-Tidak mematuhi aturan, iklan vide/gambar kurang menarik, caption tidak menarik dan kurang kreatif

Bagaimana strategi SEO yang tepat?

Riset keyword, membuat konten yang berkualitas, SEO on page, SEO offpage, audit website.

Navigation: jasa seo bandung & pakar seo indonesia

Locations: Jasa SEO Medan, SEO services in Semarang & SEO audit in Jogjakarta

× Chat dengan kami di WhatsApp