Feed Instagram bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan engagement terhadap audiens dan tampak menonjol di antara competitor. Fitur Instagram Stories telah diluncurkan sejak Agustus 2016 dan kini telah berkembang serta digunakan oleh 500 juta pengguna aktif harian. Ini artinya setengah dari keseluruhan basis pengguna Instagram membuat atau melihat story setiap hari.
Ini artinya anda punya potensi untuk terhubung dengan audiens Instagram anda pada dua tempat berbeda di aplikasi. Anda tentu tidak ingin menyia-nyiakan peluang tersebut dengan story dan visual yang membosankan.
Untuk membantu anda menarik perhatian audiens pada Instagram Story, ada beberapa tips desain Instagram Stories yang bisa memungkinkan anda membuat visual berkualitas tinggi dan bisa dilihat kembali oleh followers anda.
Contents
Tips Desain untuk Konten Instagram Story untuk Bisnis
1.Mulailah dengan Menggunakan Storyboard
Ada banyak cara yang berbeda untuk menggunakan Instagram Story mulai memperomosikan postingan blog baru sampai dengan membagikan fitur baru dan masih banyak lagi. Story adalah cara yang bagus untuk terlibat dengan audiens tanpa harus melibatkan feed anda.
Jika menggunakan Instagram Story, anda tentu ingin memastikan bahwa anda menyusun desain yang visualnya menarik dan membuat audiens ingin menontonnya. Cara terbaik untuk memulainya yaitu dengan menggunakan storyboard untuk merencanakan story anda bahkan sebelum anda membuat desain.
Jika anda ingin mempromosikan entri blog maka buat story board tentang beberapa tips utama yang menarik audiens untuk klik atau anda bisa menyusun storyboard yang menunjukkan cara bagaimana menggunakan produk atau jasa anda. Desain anda bisa dibuat dengan lebih mudah dengan Story Board.
2.Stay In The Lines
Instagram story memiliki beberapa line dan parameter yang cukup penting yang ingin anda pertahankan. Area bawah dan atas grafik story anda masing-masing dilindungi oleh nama pengguna dan cara interaksi dengan story anda. Anda tidak ingin memasukkan informasi atau elemen desain apapun pada area ini.
Untungnya, Instagram akan memperingatkan anda jika anda memindahkan elemen terlalu jauh ke atas atau ke bawah layar namun penting untuk memastikan apapun yang anda desain di luar aplikasi juga akan tetap berada dalam garis.
Jadi, sekalipun dimensi Instagram Stories adalah 1080 x 1920 pixel, namun Instagram merekomendasikan agar menyimpan seluruh elemen desain utama pada ukuran 1080 x 1420 pixel. Anda harus menyisakan 250 pixel pada bagian bawah dan bagian atas.
3.Buat Panduan Style Khusus Insta Story
Sekalipun anda bisa memanfaatkan grafik yang diproduksi dan klip video pendek untuk story anda namun Instagram juga menawarkan banyak elemen desain yang bisa anda gunakan untuk memperindah konten anda.
Pertimbangkan untuk menyusun panduan gaya khusus untuk pilihan font, filter, jenis GIF dan lainnya yang bisa digunakan oleh perusahaan anda agar tetap tampil bermerk.
Anda bisa membuat panduan ini dalam berbagai format agar tetap bisa berguna kapanpun seseorang di dalam tim membuat dan membagikan story Instagam. Karena banyak sekali preferensi desain yang berbeda, panduan style khusus Story bisa membantu meningkatkan pengenalan brand dengan lebih jauh.
4. Gunakan Font dan Warna Brand Khas Anda
Pertahankan semua yang anda buat berdasarkan brand. Bahkan untuk Instagram Story anda. Ini artinya anda ingin kit brand anda siap dengan kode warna anda, font anda, logo anda dan masih banyak lagi yang lainnya.
Memasukkan font serta warna brand anda membantu pengenalan merk ketika followers anda hanya melihat story mereka. Mereka akan melihat salah satu grafik anda dan otomatis mengetahui bahwa itu adalah milik perusahaan anda., bahkan tanpa harus melihat username anda.
Manfaat Fitur Instagram
No | Manfaat Fitur Instagram Story untuk Bisnis Online |
1 | Membuat orang merasa semakin penasaran |
2 | Metode terbaik mengalahkan algoritma mesin pencarian |
3 | Memberikan kemudahan berkomunikasi secara langsung |
4 | Menciptakan live content yang berkualitas |
5 | Meningkatkan brand awareness dan memperbanyak penjualan |
6 | Membuat anda lebih kreatif menggunakan produk dan layanan terkait |
5. Gabungkan Fotografi
Instagram story anda tidak harus selalu berisi desain grafis khusus. Tidak masalah jika anda mengubahnya dan menggabungkan beberapa fotografi. Keindahan Instagram story yaitu tidak semua yang anda publikasikan harus berkualitas tinggi dan dibuat dengan professional.
Sebagai gantinya, anda bisa menggunakan smartphone dan mengambil beberapa foto di belakang layar langsung di aplikasi. Jangan lupakan jutaan pilihan foto stok gratis yang tersedia agar bisa digunakan. Pastikan itu relevan dengan brand anda dan konten yang anda bagikan.
6. Gunakan Fitur Boomerang
Boomerang adalah fitur Instagram yang telah dimasukkan secara langsung ke dalam story mereka. Pengguna bisa mengaksesnya dengan mudah dengan cara mengaksesnya dan membuka kamera stories dan menavigasi ke opsi yang ada di sebelah kanan.
Boomerang adalah klip cepat berdurasi 1-2 detik yang berputar dan bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk membuat konten. Gunakan fitur ini daripada harus terus menerus mengambil foto.
7.Tambahkan Bayangan Text
Berkreasilah dengan asset desain yang ada dalam aplikasi Instagram. Anda bisa menambahkan bayangan teks pada dasbor pembuatan story dengan menambahkan dua lapisan yang berwarna berbeda dari teks yang sama.
Anda cukup mengetikkan tek dengan warna yang lebih terang atau lebih gelap dan letakkan di tempat yang anda inginkan di story anda. Kemudian, lakukan hal yang sama persis dengan bayangan utama anda. Letakkan di atas bayangan dengan agak miring.
8.Buat Elemen Desain dengan Simbol
Instagram story punya lima pilihan font yang berbeda: klasik, modern, neon, typewriter dan strong. Ini artinya huruf dan symbol anda punya lima gaya yang berbeda. Jika anda mengambil beberapa huruf dan simbol kemudian mengaturnya maka anda punya beberapa elemen desain yang cukup keren untuk membantu mempercantik Instagram Stories anda.
Desain kiri atas dibuat dengan menggunakan huruf capital dalam font Modern. Putarlah ke samping dan anda bisa membuat diagram batang atau garis bawah/latar belakang untuk teks anda. Selain itu, anda melihat tanda bintang merah muda dalam font Modern. Gunakan ini untuk membuat bintang atau kepingan salju yang ada di foto atau video anda.
FAQ
Mengapa Instagram Story menjadi alat yang ampuh untuk bisnis?
-Dengan jumlah pengguna harian lebih dari 500 juta, Instagram story menjadi cara yang bagus untuk menjangkau calon pelanggan baru serta membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan yang sudah ada. Instagram Stories pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 dan menjadi semakin populer pada platform tersebut.
Bagaimana konsep Instagram Stories?
-Instagram stories adalah sesuatu yang memungkinkan anda membagikan semua momen hari anda, bukan hanya momen yang ingin anda simpan pada feed Instagram anda. Fitur ini memungkinkan anda membagikan banyak foto dan video. Semuanya muncul bersamaan dalam format slideshow yang pada dasarnya seperti Snapchat.