Ada begitu banyak data yang dapat diambil dari situs web Anda yang dapat memberi tahu Anda berapa banyak pengunjung situs web, dari mana saja mereka berasal, dan apakah mereka mengambil penawaran anda atau tidak. Dalam marketing, kita mungkin menjadi penimbun data, termasuk ketika kita menjalankan SEO.
Dalam SEO, ada beberapa metrik yang sangat penting untuk dilacak agar kita bisa merancang strategi pemasaran.
Tapi, apa saja metrik itu? Mari kita lihat 8 metrik terpenting dalam SEO.
Contents
8 Metrik SEO Paling Penting untuk Dilacak
1. Traffic Organik
Baiklah. Mari kita mulai dengan metrik yang sudah jelas. Untuk mengetahui apakah semua waktu yang Anda habiskan untuk strategi SEO Anda memberikan hasil atau tidak, Anda perlu mengetahui seperti apa metrik traffic organik Anda. Traffic organik adalah jumlah pengunjung situs web yang datang ke situs web Anda dari mesin pencarian. Anda tidak membayar iklan di Google agar mereka mengunjungi website anda atau merujuk mereka melalui situs web lainnya. Pengunjung ini menemukan Anda ketika mereka melakukan penelusuran di Google.
Metrik lalu lintas organik Anda sangat penting karena akan memberitahu anda seberapa baik peringkat Anda dan strategi apa yang paling berhasil untuk website Anda.
Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk melihat sesi pencarian organik, pengguna baru, bounce rate, dan durasi halaman.
2. Kata Kunci yang Anda Ranking
Ada 2 jenis peringkat kata kunci yang berhubungan dengan SEO. Kami akan menjelaskan yang pertama di sini, kata kunci yang Anda peringkatkan di sini dan di bawah. Metrik ini memberi tahu kata kunci apa yang anda ranking.
Misalnya, perusahaan pemasok alat kantor mungkin memberikan peringkat untuk buku catatan tanpa harus berupaya keras untuk memeringkat frasa kunci “notebook”. Ini bagus karena notebook jelas merupakan produk yang mereka jual. Ini memberikan titik awal pada mereka untuk menentukan apa lagi kata kunci yang mereka ranking.
Untuk menemukan kata kunci apa yang akan diranking, Anda bisa menggunakan Google Search Console.
3. Kata Kunci yang Ingin Anda Rangking
Tapi bagaimana dengan kata kunci yang INGIN Anda rangking? Dalam contoh di atas, perusahaan perlengkapan kantor mungkin ingin memberikan peringkat untuk… “perlengkapan kantor”. Notebook memang bagus dan sesuai dengan niche mereka, tetapi peringkat untuk “perlengkapan kantor” dapat membuat perbedaan besar untuk bisnis mereka.
Inilah mengapa Anda ingin melacak kata kunci yang ingin Anda rangking. Anda sebaiknya melihat berapa banyak penelusuran yang dimiliki kata kunci tertentu setiap bulan dan kemudian melihat hasil penelusuran tersebut secara menyeluruh untuk melihat di mana peluang diberikan oleh peringkat untuk kata kunci tersebut.
Anda bisa menggunakan tool seperti SearchVolume.io atau Keyword Everywhere untuk melihat volume pencarian untuk kata kunci. Kemudian, Anda dapat mencari tahu kata kunci apa yang layak anda bidik.
4. Peringkat Alexa
Penelusuran suara seharusnya menjadi perhatian untuk anda. Peringkat pada pencarian suara (tergantung pada industri Anda) bisa memberikan hasil yang fantastis pada bisnis Anda. Memberikan peringkat untuk keyword ideal Anda di Google itu penting. Peringkat di Alexa adalah langkah selanjutnya.
48% konsumen dalam survei Adobe mengatakan bahwa mereka menggunakan suara untuk pencarian web. Dari 48% itu, 85% menggunakan suara di ponsel mereka dan 39% menggunakannya di Amazon Alexa atau Google Home mereka. Meskipun suara sepertinya tidak penting bagi Anda sekarang — namun sebaiknya melihat bagaimana hal itu bisa sangat penting di masa depan.
Tool seperti Alexa.com bisa memberikan analisis SEO, analisis situs web kompetitif, informasi riset keyword dan masih banyak lagi tergantung pada seberapa penting peringkat pencarian Alexa Anda.
5. Backlink ke Situs Anda vs. Pesaing
Melacak backlink Anda akan memberikan gambaran tentang seberapa bagus konten Anda. Jika konten sangat bagus, maka Anda akan mendapatkan banyak backlink gratis. Namun melacak backlink pesaing Anda akan membantu Anda melihat konten mereka yang benar-benar bagus dan dimana saja kelemahan dalam konten anda.
Jika Anda melihat banyak sekali backlink ke postingan blog tertentu — ini pertanda bagus. Postingan tersebut cukup penting bagi situs web lain sehingga mereka mengutipnya yang menaikkan peringkat Anda di peringkat pencarian.
Anda bisa melihat backlink ke situs web Anda di Google Search Console dan backlink ke pesaing Anda menggunakan alat seperti Moz.
Manfaat SEO untuk Bisnis
No | Manfaat SEO bagi Bisnis |
1 | Membuat situs website tampil pada halaman pertama mesin pencarian |
2 | Berpotensi mendapatkan CTR (Click-Through Rate) hingga 60% |
3 | Mendapatkan pengunjung yang lebih tertarget |
4 | Berpotensi meningkatkan jumlah penjualan dan meningkatkan repeat order |
5 | Bisa bersaing dengan bisnis besar |
6 | Meningkatkan brand awareness |
7 | SEO bekerja selama 24 jam |
8 | Data hasil SEO bisa digunakan untuk pengembangan bisnis |
6. Kecepatan Halaman
Ini adalah salah satu metrik yang sepertinya tidak penting— tetapi kenyataannya, ini harus menjadi salah satu metrik pertama. Kecepatan loading halaman akan berdampak besar terhadap bounce rate Anda. Bounce rate adalah persentase pengunjung situs web yang meninggalkan situs web Anda beberapa detik setelah berkunjung. Peringkat ini adalah indikator negatif bagi Google bahwa konten Anda bukanlah yang mereka cari — yang berarti Google ingin mencari orang lain untuk menggantikan website anda.
Tidak hanya bounce rate Anda dipengaruhi oleh kecepatan halaman, tetapi Google akan menurunkan peringkat SEO Anda jika kecepatan halaman Anda lambat. Aturan umumnya adalah membuat kecepatan halaman Anda kurang dari 2 detik.
Anda bisa menggunakan Page Speed Insight oleh Google untuk melihat kecepatan loading dari setiap halaman web Anda.
7. Traffic Sosial
Melacak traffic sosial Anda sangat penting bagi bisnis yang memasukkan waktu, uang, dan upaya ke dalam strategi media sosial. Jika tawaran anda di Instagram tidak mengubah pengikut menjadi pengunjung situs web — inilah saatnya untuk memikirkan kembali strategi media sosial Anda.
Traffic sosial Anda akan memberi tahu Anda berapa banyak pengunjung situs web yang berasal dari saluran media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan Twitter. Dengan melacak metrik ini, Anda bisa melihat seberapa baik strategi sosial Anda, seberapa baik kinerja kampanye, atau jenis penawaran media sosial apa yang menciptakan lonjakan besar dalam lalu lintas situs web Anda.
Google Analytics akan menunjukkan kepada Anda berapa banyak pengunjung situs web yang berasal dari saluran media sosial.
Navigation; manfaat influencer & cara kerja seo
8. Konversi Organik
Metrik terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah konversi organik. Berapa banyak pengunjung situs web yang menemukan Anda dari pencarian Google yang memilih untuk menerima penawaran Anda? Metrik ini akan menentukan strategi SEO Anda di masa mendatang. Memiliki 100.000 pengunjung situs web bulanan memang luar biasa … tetapi hanya jika Anda bisa mengubah setidaknya 10% dari mereka menjadi pelanggan.
Konversi organik adalah pandangan Anda tentang seberapa baik konten Anda mengubah pengunjung situs web menjadi pelanggan email, memotivasi pengunjung ini untuk ikut serta dalam magnet utama, atau membeli penawaran tripwire.
Di dalam Google Analytics, Anda bisa menentukan sasaran konversi sehingga Anda dapat melihat seberapa baik konten Anda mengonversi lalu lintas.
SEO tampak menakutkan dan penuh dengan persaingan, tetapi banyak tool gratis dari Google yang bisa membantu anda.
Google ingin konten Anda memiliki peringkat yang baik, gunakan metrik ini agar strategi SEO Anda tetap tajam dan untuk menentukan bagian mana yang harus anda perbaiki.
FAQ
Mengapa metrik dibutuhkan untuk SEO?
-Untuk menentukan strategi pemasaran yang lebih baik ke depan.
Apakah kekurangan SEO sebagai strategi pemasaran?
-Membutuhkan waktu yang cukup lama dan persaingan sangat tinggi.