fbpx

Pernah mendengar tentang Electronic Direct Mail (EDM)? Jika belum, anda mungkin bukan satu-satunya. EDM marketing intinya  adalah menyampaikan penawaran lewat e-blast. Tetapi EDM jauh lebih kompleks. EDM mencakup beberapa channel. Menggunakan EDM akan meningkatkan strategi email marketing.

EDM marketing adalah salah satu cara terbaik menjangkau pelanggan potensial. Pada tahun 2022, anda tentu tidak akan menemukan orang yang tidak memiliki email. Email harus menjadi titik fokus setiap kampanye pemasaran modern karena potensinya untuk menjangkau audiens yang sangat besar.   Lantas kapan kita harus menggunakannya?

Contents

Apa itu EDM Marketing?

Electronic Direct Mail (EDM) adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan. Marketer menggunakan EDM untuk mengirimkan email yang dipersonalisasi yang membangun hubungan pelanggan yang kuat, mendorong brand loyality dan mendorong konversi. EDM marketing lebih dari sekadar email marketing.

EDM Marketing membangun loyalitas pelanggan dengan menjangkau kelompok besar klien dan calon klien, membangun dan membina hubungan, menghasilkan lead baru dan meningkatkan penjualan. Dengan menggunakan cross channel marketing, perusahaan bisa menggunakan EDM marketing untuk membidik pelanggan pada berbagai channel.

EDM Marketing vs Email Marketing: Apa Perbedaannya?

Anda mungkin masih bertanya apa perbedaan antara EDM dengan email marketing. Keduanya menggunakan email untuk membuat daftar dan meningkatkan konversi sehingga bisa dipahami bahwa keduanya tampak mirip.

Meskipun kampanye email marketing hanya sebatas itu namun kampanye EDM jauh lebih kompleks. Kampanye EDM marketing dimulai dengan e-blast namun dilanjutkan dengan retargeting untuk melihat siapa yang sudah melihat email, kampanye media sosial pendukung dan bahkan papan reklame atau iklan cetak di majalah.

Kampanye marketing pendukung ini dibangun di atas email dan masing-masing berfungsi sebagai salah satu dari banyak titik kontak brand yang dibutuhkan serta akan membantu mengubah prospek menjadi pelanggan dan pelanggan yang sudah ada akan menjadi pelanggan tetap.

Calon pelanggan perlu melihat atau mendengar pesan marketing anda setidaknya tujuh kali sebelum mereka melakukan aksi dan membeli produk/jasa Anda. EDM marketing membantu anda membuat strategi marketing yang komprehensif dan lebih luas dari email marketing.

Manfaat EDM Marketing

Meskipun manfaat menggunakan EDM marketing sama seperti email marketing namun perbedaan utamanya adalah kampanye multi channel biasanya menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kampanye email marketing pada umumnya.

1. Menghemat Waktu dan Biaya

Baik EDM ataupun email marketing sangat menghemat biaya. Setelah anda memiliki daftar email, anda bisa mengirimkan email kepada mereka dengan biaya yang cukup murah berdasarkan jadwal yang sudah ditetapka. Anda bisa membuat email yang cantik dengan menggunakan template atau keahlian tim desain internal. Waktu juga lebih hemat karena anda bisa melakukan semuanya sendiri tanpa harus beralih ke printer atau layanan pengiriman untuk menyampaikan pesan ke audiens.

2. Membangun Kepercayaan dan Meningkatkan Konversi

Bisa berbicara langsung dengan audiens adalah salah satu cara dimana bisnis dapat membangun kepercayaan dengan pelanggannya dan email marketing adalah cara yang paling efektif untuk melakukan ini. Studi BCG menemukan bahwa, bagi kaum milenial, mempercayai sebuah brand adalah hal terpenting kedua setelah diskon. Studi pada tahun 2019 menemukan bahwa 62% konsumen setia pada brand dengan 51% lainnya menyatakan bahwa mereka akan mendukung brand yang mereka percayai. 

Salah satu elemen terbesar dalam EDM marketing adalah anda bekerja dengan daftar orang yang telah memberikan izin secara langsung untuk menghubungi mereka lewat email. Mereka sudah memilih untuk menerima komunikasi dari anda sehingga anda tahu bahwa mereka tertarik mendengar langsung dari anda. Untuk itu, mereka cenderung terlibat dengan konten yang dikirimkan oleh bisnis anda. Ini memungkinkan anda membangun kepercayaan dengan audiens dengan mengirimkan email yang tepat waktu dan menarik. Dengan membangun trust, anda bisa mengubah mereka menjadi pelanggan berbayar.

3. Memungkinkan Personalisasi

EDM Marketing memungkinkan anda mempersonalisasikan strategi email berdasarkan cara anda mengelompokkan audiens. Untuk itu, bisnis anda bisa terhubung dengan audiens pada tingkatan yang lebih autentik. Ini menawarkan informasi yang sangat berguna bagi mereka. Anda tidak perlu lagi mengirimkan email ke audiens global yang mempromosikan pengiriman gratis – dengan segmentasi audiens yang tepat, anda bisa menangani berbagai audiens secara akurat.

Email marketing adalah tentang mengumpulkan lead dan mencoba membangun hubungan dengan mereka. EDM marketing mengambil satu langkah lebih jauh dan mencoba memanfaatkan informasi berharga yang sudah dikumpulkan untuk meningkatkan cara marketing anda. Komunikasi yang dipersonalisasi hanya salah satu cara untuk meningkatkan hubungan pelanggan.

Bangun Strategi Kampanye EDM dalam 7 Langkah

1. Memilih Penyedia Layanan Email

Jika anda sudah memiliki pilihan untuk penyedia layanan email, maka anda bisa melanjutkan ke langkah kedua. Namun jika belum, anda harus menemukan platform email yang cocok untuk anda. Kalau anda menerapkan kampanye marketing EDM, maka disarankan menggunakan tool email marketing yang memiliki fitur seperti segmentasi daftar, autoresponder, workflow otomatis dan analitik.

Ada banyak pilihan bagus dan anda harus melakukan pengujian untuk melihat mana yang terbaik. Platform apapun yang dipilih, anda memiliki kemampuan untuk mengelompokkan daftar dan mengirimkan kampanye email otomatis yang dipicu oleh KPI yang ditetapkan.

2. Membangun List Email

Keberhasilan kampanye email marketing EDM terletak pada daftar prospek anda. Anda ingin memastikan bahwa database anda valid dan anda secara konsisten harus membersihkan email list anda. Jika anda sudah berbisnis dalam waktu yang cukup lama, anda harus menggabungkan semua kontak ke dalam satu daftar. Tarik kontak dari akun email, platform eCommerce dan CRM serta dari email list yang sekarang.

Jika anda membuat list sejak awal, anda harus meluangkan waktu untuk menyusun strategi pembuatan email list. Ada banyak tool email marketing yang bisa membantu anda mengubah lebih banyak visitor website menjadi pelanggan.

  • Menciptakan lead magnet – tawarkan free trial 30 hari, kode diskon 10%, kuis interaktif – semua ini bekerja dengan baik dalam menarik audiens untuk mendaftar.
  • Menunjukkan Cara pada Audiens untuk Mendaftar – Gunakan formulir lead, sematkan formulir pada konten anda, gunakan tombol CTA yang mengambang dan banyak lagi yang lainnya untuk mengumpulkan alamat email pada situs website anda secara efektif.
  • Buat Halaman Khusus untuk Pegambilan Lead – Buatlah halaman lead capture yang kuat dan tautkan profile media sosial, iklan, jaminan marketing dan sebagainya.
  • Jangan Lupa Offline – Anda bisa menggunakan toko fisik dan kehadiran fisik lainnya untuk memasukkan email ke dalam database anda.

3. Segmentasikan Daftar Email

Sekali anda telah membangun list, maka ini saatnya mulai melakukan segmentasi. Agar bisa mengirimkan konten yang paling tertarget kepada pelanggan, anda harus mengelompokkan daftar sesuai dengan itu. Jika anda sedang mengadakan obral pakaian wanita, maka tidak mungkin jika anda mengirimkan email kepada pelanggan pria.

Bagaimana cara anda mengelompokkan daftar akan sangat bergantung pada tujuan dan informasi yang sudah dikumpulkan dari audiens anda. Ada beberapa jenis segmentasi yang bisa diterapkan yaitu demografis, psikografis, geografis dan perilaku.

Mengelompokkan daftar email memungkinkan anda memenuhi kebutuhan pelanggan, memasarkan secara langsung kepada mereka dan mengirimkan email yang efektif setiap saat. Ini adalah bagian integral dari strategi marketing EDM.

4. Membuat Kampanye Email

Anda telah siap menciptakan kampanye dan mengirimkan email ke dalam daftar anda. Tergantung pada platform email anda, langkah-langkah menciptakan kampanye email agak berbeda. Tetapi ada beberapa tips email marketing yang bisa digunakan ketika membangun kampanye:

  • Hindari Jargon yang Sulit Dipahami – Bicara ke audiens anda dengan bahasa yang mudah dipahami
  • Buat email muncul secara visual – Ganti kalimat yang terlalu banyak dengan gambar
  • Menuliskan subject email yang menarik – Subject email adalah bagian email yang paling penting karena menentukan apakah orang akan melihat email anda atau tidak
  • Konsisten dengan Brand – Konsisten dengan desain email, tone of voice, mengirimkan interval dan sebagainya
  • Jangan sembunyikan tombol unsubscribe – Hukum anti spam bukanlah candaan jadi pastikan untuk menampilkan tombol atau link unsubscribe di bagian footer.

5. Menyiapkan Autoresponder

Manfaatkan autoresponder untuk membantu anda mengotomatiskan komunikasi email. Autoresponder adalah email yang dikirimkan secara otomatis ke dalam daftar anda berdasarkan pemicu yang diatur dalam platform email. Pemicu bisa berupa:

Tindakan spesifik seperti ketika seseorang ikut serta dalam daftar anda dan email sambutan yang dikirimkan

Rilis berwaktu seperti seminggu setelah mendaftar ke email list anda, kode diskon akan dikirimkan

Jika anda mencari cara untuk menyertakan autoresponders dalam kampanye EDM marketing, cobalah beberapa hal berikut ini:

  • Salam ulang tahun
  • Tagihan, tanda terima, konfirmasi pengiriman dan email transaksional
  • Rekomendasi produk
  • Konten dibangun berdasarkan perilaku visitor di situs website anda
  • Reminder cart

6. Aktifkan Pelacakan

Jika anda menjalankan kampanye marketing dalam bentuk apa saja, anda harus melacak hasilnya. Tanpa keberadaan analitik, anda tidak bisa sepenuhnya memahami bagaimana kampanye mempengaruhi tujuan marketing anda. Berikut ini beberapa metrik yang harus dilacak untuk kampanye marketing EDM anda:

  • Open Rate – Berapa banyak orang yang membuka email anda
  • Rasio klik untuk membuka – membandingkan jumlah klik unik dengan pembukaan unik
  • Tingkat pertumbuhan list –  Jumlah orang yang berlangganan dari list anda
  • Email sharing rate – jumlah orang yang membagikan email anda
  • Unsubscribe rate – jumlah orang yang bergenti berlangganan dari list anda
  • Sebagian besar platform email bisa memberikan informasi ini – ditambah dengan Google Analytics, anda harus bisa melacak semua metrik yang dibutuhkan untuk mengukur keberhasilan kampanye EDM anda.

7. Menjalankan Kampanye Marketing Pelengkap

Tergantung pada tujuan anda, lengkapi kampanye email  langsung anda dengan kampanye pada saluran media lainnya, seperti pemasaran ulang iklan bayar per klik, postingan media sosial,  remarketing SMS, notifikasi push web, iklan cetak atau strategi offline yang lainnya. Misalnya kalau anda mempromosikan launching produk baru dan anda sudah mengirimkan email blast ke daftar penerima email, anda bisa menindaklanjuti dengan iklan media sosial yang tertarget dan SMS reminder pada hari launching serta iklan di majalah.   

FAQ

Bagaimana cara menulis surat langsung elektronik?

-Salinan untuk eDM berbeda dengan tulisan korporat lainnya. Itu harus lebih seperti salinan online: singkat, ringkas dan mudah dipindai.

Mengapa EDM Marketing efektif?

-EDM mungkin satu-satunya saluran yang menawarkan jangkauan lebih luas bersama dengan opsi penargetan yang tepat. Ini menawarkan segmentasi serbaguna, memicu konten berdasarkan perilaku pengguna dan terutama menawarkan kemampuan personalisasi yang tak tertandingi.

× Chat dengan kami di WhatsApp