Apakah anda pernah memeriksa inbox pada email kemudian menemukan email newsletter yang berupa promosi, notifikasi atau update terbaru dari perusahaan yang mengirimkan newsletter tersebut? Tentunya sering, bukan? Email newsletter biasanya ada pada inbox email khususnya pada kategori “social” atau “promotion”. Email jenis ini sangat jarang masuk pada bagian “utama” di inbox email.
Saat ini, banyak sekali perusahaan digital dan non digital di Indonesia yang menggunakan email newsletter sebagai salah satu strategi mereka untuk menjangkau serta engage dengan pelanggan. Jika saat ini perusahaan anda masih belum memiliki email newsletter maka anda harus mempertimbangkan untuk mulai menggunakannya.
Email newsletter sendiri saat ini sudah terbukti bisa meningkatkan ROI (Return of Investment) dari perusahaan dimana ROI menjadi komponen terpenting untuk memaksimalkan bisnis suatu perusahaan. Artikel ini akan membahas tentang email newsletter mulai dari definisi hingga manfaat bagi bisnis dan perusahaan.
Baca juga: Daftar Plugin Email Terbaik Untuk WordPress Yang Direkomendasikan
Contents
Apa itu Email Newsletter?
Newsletter dalam Bahasa Indonesia disebut dengan “Buletin” atau “Nawala”. Newsletter merupakan media informasi atau siaran berita yang singkat ditujukan kepada para pembaca yang sibuk atau tidak punya banyak waktu untuk membaca berita yang terlalu panjang dan detail. Bisa disimpulkan bahwa newsletter adalah sebuah tools yang bisa menjembatani perusahaan dengan pelanggan untuk berbagi informasi penting dan menarik terkait dengan perusahaan secara rutin.
Bagi perusahaan, newsletter membuka kesempatan luas untuk menjangkau pelanggan secara langsung. Dengan newsletter, maka perusahaan lebih mudah mengirimkan konten-konten marketing seperti promosi produk atau event terbaru, membagikan enganging content atau melakukan survey untuk mengetahui interest dari pelanggan perusahaan.
Newsletter sebagai salah satu bentuk email campaign juga sangat mudah untuk dievaluasi. Dari newsletter yang di-blast ke semua pelanggan nantinya bisa dikategorikan mana saja pelanggan yang membuka newsletter tersebut dengan rutin (digolongkan sebagai pelanggan yang loyal dan aktif) dan mana pelanggan yang enggan membuka newsletter dari perusahaan (digolongkan sebagai pelanggan yang kurang engage).
Manfaat Menggunakan Newsletter
Ada berbagai manfaat newsletter untuk perusahaan dan bisnis anda. Salah satunya adalah sebagai media yang menghubungkan perusahaan dengan pelanggan. Untuk mengetahui manfaat lain, maka silahkan simak pembahasan berikut ini.
1. Menjangkau Lebih Banyak Audiens
Anda ingin terhubung dengan pelanggan dan berinteraksi langsung dengan mereka? Maka menggunakan newsletter menjadi pilihan yang tepat. Newsletter bisa dikirimkan secara rutin pada seluruh pelanggan, entah itu adalah pelanggan baru atau pelanggan lama.
Saat ini, tidak semua orang punya waktu untuk mengecek berita atau website-website tertentu sehingga dengan newsletter semua pelanggan perusahaan akan mengetahui berbagai promo, event terbaru, produk baru dan berbagai update lain dari perusahaan.
2. Memungkinkan Pelanggan Mengetahui Update Terbaru dari Perusahaan
Fungsi utama dari newsletter adalah supaya pelanggan tidak ketinggalan tentang berbagai update terbaru mulai dari produk, event, promosi, pemberitahuan dan lain sebagainya.
Pelanggan yang anda kirimkan newsletter adalah orang-orang yang sudah engage dengan perusahaan anda. Karena tidak mungkin suatu perusahaan mendapatkan alat email mereka kecuali sudah pernah membeli atau menggunakan jasa perusahaan tersebut atau mereka telah subscribe pada perusahaan dengan mengisikan data diri mereka (termasuk alamat email).
Untuk memanfaatkan para pelanggan yang telah mengenal dan menggunakan produk perusahaan anda agar tetap engage bahkan terus berlangganan maka dibutuhkan media promosi yang tepat sasaran. Inilah peran dari newsletter. Saat perusahaan meluncurkan produk baru atau mengadakan berbagai event yang menarik, anda dapat melakkan blast email newsletter agar informasi tersebut diketahui oleh pelanggan secara rata.
Baca juga: Daftar Plugin Email Terbaik Untuk WordPress Yang Direkomendasikan
Cara Membuat Newsletter yang Menarik
No | Tips Membuat Newsletter yang Menarik |
1 | Desain yang kece dan menarik |
2 | Membuat tampilan newsletter responsive di semua device |
3 | Menampilkan konten yang beragam |
4 | Mengimplementasikan image based CTA (calls to action) |
3. Menentukan User Profiling/User Segmentation
Newsletter juga bisa digunakan untuk media survey selain bisa digunakan sebagai media promosi. Survey yang dilakukan pada pelanggan juga berguna untuk mengetahui interest atau produk dan event tertentu yang disukai oleh pelanggan. Ini bisa juga dijadikan sebagai sumber data untuk membuat fitur personalisasi.
4. Meningkatkan User Engagement
Hal lain yang bisa anda dapatkan lewat newsletter adalah membangun dan menjaga relasi yang baik antara perusahaan dengan pelanggan. Pelanggan akan terus menerus ingat dengan perusahaan anda ketika mereka membaca newsletter. Hal tersebut yang diharapkan bisa meningkatkan engagement.
5. Meningkatkan Konversi Penjualan
Newsletter bisa membantu meningkatkan konversi penjualan. Elemen CTA (Call to Action) yang disematkan pada newsletter akan membantu mengarahkan pelanggan yang membaca newsletter ke page produk yang ada di website perusahaan tersebut. Hal itu dapat mempermudah pelanggan untuk melakukan purchase atau pembelian jika mereka tertarik dengan produk yang terlampir pada newsletter.
6. Meningkatkan Traffic Situs Website
Jika anda ingin mengarahkan lebih banyak traffic ke situs website, maka anda tidak bisa berharap itu akan terjadi secara organic. Anda harus aktif bekerja untuk menarik visitor dan mengirimkan newsletter rutin bisa membantu. Undanglah mereka, dorong dan berikan konten yang bermanfaat secara rutin jika anda ingin pelanggan mengunjungi website perusahaan, mengakses konten kemudian melakukan pembelian. Pastikan anda membidik audiens yang tepat dan menyertakan Call To Action (CTA) yang menonjol.
Baca juga: Cara Membuat Email Marketing Profesional Dan Efektif
7. Mengembangkan Komunitas Media Sosial
Email yang berisi tombol “share” social media memiliki Click Through Rate (CTR) yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang tidak. Platform media sosial seperti Twitter, Facebook dan LinkedIn sangat penting untuk keseluruhan pertumbuhan dan strategi marketing. Tetapi menumbuhkan channel-channel tersebut membutuhkan lebih banyak waktu dan tenaga. Newsletter bisa membantu membangun komuntas online dengan melibatkan mereka melalui inbox mereka dan membimbing ke channel media sosial perusahaan. Di sana, anda punya lebih banyak jangkauan dan mulai menghasilkan lebih banyak engagement.
FAQ
-Email marketing campaign adalah proses mulai dari merencanakan, melaksanakan, mengukur dan meningkatkan hasil campaign marketing lewat email. Email marketing campaign yang sukses akan membuat penerima email melakukan tindakan, terlibat dengan bisnis anda dan membantu untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.
-Komunikatif, informatif, bahasa yang menarik, visual yang menarik dan sesuaikan dengan target pasar.