Dalam beberapa tahun belakangan, Key Opinion Leader (KOL) menjadi strategi yang penting dalam digital marketing. Strategi ini sangat efektif karena bisa meningkatkan brand awareness serta mendorong lebih banyak penjualan. Anda tentu pernah membeli suatu produk atau menggunakan jasa atas rekomendasi seseorang baik itu teman maupun keluarga. Pemasaran dari mulut ke mulut memang cukup efektif mempengaruhi seseorang melakukan tindakan karena opini datang dari seseorang yang terpercaya.
Saat ini, banyak bisnis yang memanfaatkan strategi KOL untuk mempengaruhi lebih banyak orang dengan jangkauan yang lebih luas. Sebenarnya apa itu Key Opinion Leaders? Apa saja manfaat dari KOL marketing? Bagaimana cara memilih KOL yang tepat?
Baca juga: Jenis Marketing Tools Dan Aplikasi Marketing Tools Untuk Meningkatkan Bisnis
Contents
Apa itu KOL?
KOL adalah singkatan dari Key Opinion Leader. Key Opinion Leader adalah seseorang yang punya pengetahuan dan pengalaman hebat dalam bidang tertentu serta pendapatnya sangat penting untuk industry atau public. Perannya dalam suatu produk yaitu membuktikan bahwa brand tersebut memiliki produk yang sangat bagus serta disetujui oleh ahlinya.
Dengan adanya KOL pada suatu brand bisa menarik perhatian konsumen untuk percaya serta membeli produk dari brand tersebut. Dalam dunia marketing, posisi Key Opinion Leader sangatlah penting. Bahkan jenis pemasaran ini terus berkembang sehingga banyak bisnis yang saling berlomba mendapatkan Key Opinion Leader terbaik.
Di Tiongkok, rekomendasi dari KOL sangat penting sehingga anda bisa mempengaruhi 83% konsumen. Jadi, peran Key Opinion Leader sangat kuat dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen bahkan menarik lebih banyak konsumen serta mengembangkan bisnis ke level lainnya. Karena pengaruhnya yang besar, mereka dianggap memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan dengan media massa.
Baca Juga: Elemen-Elemen Dalam Inbound Marketing
Manfaat KOL untuk Brand
Menggunakan key opinion leaders untuk strategi pemasaran bisa memberikan berbagai manfaat. Beberapa manfaat KOL untuk brand antara lain:
1.Membantu Mempromosikan Produk atau Brand
Saat seorang KOL melakukan social media marketing pada akunnya artinya dia sedang membantu proses promosi brand anda. Dengan jumlah followers yang dimiliki, maka kemungkinan bisnis anda dikenal oleh banyak orang akan semakin besar. Mereka yang tertarik akan membuka akun bisnis anda untuk mencari tahu lebih jauh tentang produk-produk yang dijual. Selanjutnya kemungkinan akan terjadi proses transaksi dalam bisnis anda.
2. Meningkatkan Kredibilitas Brand
KOL bukan hanya sekadar orang yang dikenal oleh banyak orang namun dia sudah berpengalaman dalam satu bidang. Dengan menggunakan KOL dalam marketing, maka kredibilitas brand anda bisa mengalami perubahan yang positif. Calon konsumen yang melihat promosi dari KOL anda tentu bisa lebih mudah percaya dan terpengaruh terhadap rekomendasi untuk akhirnya memilih brand anda dibandingkan dengan competitor.
3. Menambah Jumlah Pelanggan
Saat kredibilitas brand anda meningkat, maka jumlah pelanggan pasti ikut mengalami peningkatan. Selain karena pemasaran yang dilakukan oleh KOL pada media sosialnya, peningkatan jumlah pelanggan juga bisa didapatkan dari review positif yang disampaikan oleh pelanggan kepada orang-orang yang ada di sekitarnya. Dengan demikian, pelanggan baru anda bisa datang dari mana saja.
Baca Juga: Digital Marketing Tools Yang Wajib Dimiliki
Tips Memilih KOL yang Tepat
No | Tips Memilih KOL yang Tepat | Penjelasan |
1 | Relevansi | Menemukan seberapa relevan angka KOL untuk pasar yang menjadi target. Jika bisnis dalam bidang kosmetik maka pilihan yang paling relevan untuk KOL adalah dokter spesialis kulit atau kecantikan |
2 | Jangkauan | Kekuatan pengaruh Key Opinion Leader di public bisa membantu anda menjangkau audiens dengan lebih efektif |
3 | Engagement | Harus memilih figure yang tepat dengan jumlah fans atau followers yang bukan hanya banyak tetapi juga aktif. Engagement yang dihasilkan juga akan meningkatkan penjualan bisnis |
4 | Berpengaruh | Key opinion lebih dari sekadar influencer atau selebriti media sosial tetapi juga bisa memberikan saran dan semacam konsultasi dalam menggunakan produk pad khalayak |
4. Menjangkau Target Market yang Tepat
KOL bisa memilih kelompok audiens yang lebih homogeny dan spesifik. Dengan bekerjasama dengan KOL, maka pesan pemasaran yang ingin disampaikan dapat dijangkau oleh target market yang tepat sesuai dengan niche bisnis anda. Misalnya, jika anda menjual produk makanan maka gunakan jasa KOL dari orang-orang yang ahli dalam bidang kuliner seperti chef atau food blogger yang telah dikenal oleh banyak orang.
5. Meningkatkan Engagement
Karena KOL bisa menjangkau target audiens dengan tepat maka lebih banyak engagement yang anda dapatkan. Pesan yang disampaikan bisa dijangkau oleh pelanggan yang memang tertarik dengan niche bisnis anda. Dengan demikian, KOL efektif bisa membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan pada bisnis anda.
Meskipun demikian, anda harus mengingat bahwa saat memiliki seseorang untuk menjadi KOL bisnis anda maka gunakan KOL yang aktif dalam berkomunikasi dengan kelompok audiensnya. Kalau tidak maka kecil sekali kemungkinan untuk bisa meningkatkan engagement dengan baik.
6. Mendorong Penjualan Lebih Banyak
KOL juga memiliki kemampuan untuk mempengaruhi seseorang. KOL bisa membantu memperkenalkan suatu produk atau layanan perusahaan sehingga ada lebih banyak konsumen baru yang mengetahuinya. Hal tersebut akhirnya akan membangun kepercayaan konsumen serta mendorong lebih banyak penjualan.
Selain itu, harus diingat bahwa sebagian besar konsumen lebih percaya pemasaran dari mulut ke mulut dibandingkan dengan iklan berbayar. Kalau strategi pemasaran dari mulut ke mulut disampaikan oleh ahli di bidangnya tentu membuat lebih banyak orang mempercayainya.
FAQ
Apa itu KOL Marketing?
-Kampanyel KOL adalah salah satu metode pemasaran pada era digital yang fokus dalam memanfaatkan jumlah penggemar di media sosial untuk mengkomunikasikan pesan marketing dari bisnis anda.
Apa perbedaan antara KOL dengan Key Opinion Leader (KOL)?
-Seorang KOL tidak selalu aktif menjadi influencer di media sosial. Sedangkan influencer sangat aktif mengelola konten-konten di sosial media mereka, memiliki kemungkinan punya banyak penggemar dari berbagai wilayah atau punya penggemar di berbagai belahan dunia.