fbpx

Seiring dengan perkembangan teknologi, era bisnis digital saat ini telah didukung oleh berbagai software atau aplikasi yang memudahkan untuk pengelolaan bisnis. Salah satunya adalah aplikasi Customer Relationship Management (CRM). Software ini memiliki peranan penting dalam merintis suatu bisnis. Customer relationship management  adalah aplikasi manajemen yang mengatur hubungan antara pebisnis dengan pelanggan. CRM memungkinkan anda untuk melakukan pengelolaan secara mendalam pada pelanggan.

Dengan aplikasi ini, anda dapat mengelola berbagai aspek penting yang berhubungan dengan data konsumen seperti jadwal pertemuan, laporan, pengiriman email, penambahan catatan dan public relation (PR). Semua dapat dilakukan hanya dengan satu aplikasi saja. Tidak mengherankan jika aplikasi CRM banyak digunakan oleh pelaku bisnis dunia.

Baca juga: Manfaat Penggunaan CRM Bagi Bisnis Anda

Contents

Aplikasi CRM Terpopuler yang Cocok untuk Bisnis Anda

1. Hubspot

Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) pertama adalah HubSpot. Aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan oleh anda yang baru pertama kali menggunakan CRM. Selain memiliki berbagai fungsi penting yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis, aplikasi ini juga memiliki desain interface yang mudah dipahami bahkan oleh pemula sekalipun. Selain itu, anda juga bisa menghubungkannya dengan Gmail ataupun Outlook supaya setiap aktivitas yang dilakukan otomatis langsung tersimpan.

Dengan tampilan yang sederhana, pemula tentunya bisa langsung mengaplikasikan manajemen pelanggan dengan mudah di dalamnya serta bisa menyimpan kontak sampai dengan satu juta. HubSpot memiliki layanan gratis yang tak terbatas. Artinya, anda dapat menggunakan beberapa fitur standar tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun.

Beberapa fitur yang ditawarkan HubSpot antara lain:

  • Deal tracking
  • Pipeline management
  • Email tracking
  • Meeting scheduling
  • Dan lainnya

2. Contact Constant

Anda juga bisa mencoba Contact Constant. Sebagian pengguna hanya tahu jika layanan satu ini merupakan aplikasi untuk melakukan strategi digital marketing lewat email marketing. Padahal, Contact Constant juga dapat digunakan sebagai aplikasi CRM.

Contact Constant juga sangat bagus untuk mengirimkan email dalam jumlah banyak dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, ada juga beberapa fitur yang dapat dimaksimalkan seperti pengelolaan konsumen, alamat, produk, jadwal pengiriman dan banyak hal penting yang lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi ini, sebuah bisnis bisa secara otomatis mengirimkan pesan secara personal berdasarkan perilaku, minat pelanggan serta interaksi antara pelanggan dengan perusahaan. Tidak hanya itu, Constant Contact juga memungkinkan bisnis untuk melihat siapa saja yang membuka, mengklik dan membagikan email secara realtime.

3. Pipedrive

Kalau anda membutuhkan aplikasi manajemen pelanggan berbayar dengan kualitas terbaik maka Pipedrive bisa menjadi pilihan terbaik. Aplikasi ini memungkinkan anda mengelola database pelanggan termasuk laporan penjualan secara penuh.

Sekalipun tersedia dalam versi berbayar, anda tetap dapat mencoba aplikasi CRM ini secara gratis dengan memanfaatkan free trial yang diberikan. Anda pun dapat memastikan cocok atau tidaknya layanan ini digunakan untuk bisnis anda.

Aplikasi ini bisa diakses dari mana saja 24×7 dengan menggunakan bowser web atau mobile apps. Pipedrive memberikan visbilitas penuh tahapan kemajuan untuk setiap transaksi dengan detail lengkap untuk item yang bisa ditindaklanjuti. Pipedrive juga menawarkan fitur pelaporan dan penjualan khusus untuk memantau target individu dan tim, menganalisis data penjualan serta menghasilkan laporan visual.

Harga langganan Pipedrive yaitu mulai dari $ 12.50.bulan.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Pipedrive antara lain:

  • Business card/badge scanning
  • Calendar management
  • Call management
  • Campaign management
  • Churn management
  • Client tracking
  • Collaboration tools

Baca juga: Apa Itu Sales Pipeline? Ini Manfaatnya Bagi Sales Dan Bisnis

Manfaat Menggunakan CRM

NoManfaat Menggunakan CRM
1Akses yang lebih mudah ke data pelaggan
2Meningkatkan efisiensi secara umum dan meningkatkan profitabilitas
3Menemukan pelanggan baru serta memperluas pasar
4Meningkatkan penjualan karena mengantisipasi kebutuhan berdasarkan tren historis
5Mengidentifikasi kebutuhan dengan memahami keinginan pelanggan secara spesifik
6Mengidentifikasi pelanggan mana yang menguntungkan dan mana yang tidak
7Meningkatkan kepusan pelanggan serta meningkatkan peluang customer retention

4. GreenRope

Jika anda merasa layanan dari Pipedrive belum sesuai dengan bisnis yang sedang anda rintis atau belum cocok dengan penerapan digital marketing strategy yang sedang dijalankan, maka ada aplikasi CRM lainnya Bernama GreenRope yang dapat anda coba. GreenRope terbagi menjadi tiga bagian yaitu penjualan, pemasaran dan operasional. Aplikasi CRM termasuk ke dalam penjualan dengan fitur yang lengkap serta ada tambahan alat penilaian skor.

Tetapi anda harus menggunakan versi berbayar untuk dapat memanfaatkan semua fitur pada aplikasi ini. Hanya saja untuk pengguna pertama, anda tetap bisa mendapatkan free trial lebih dulu untuk melihat kesesuaian aplikasi ini dengan bisnis. Jika aplikasi ini ternyata yang and acari dan butuhkan, anda tinggal melanjutkan versi berbayar saja ketika masa free trial berakhir.

Fitur-fitur CRM tools GreenRope:

  • Manager alur kerja
  • Sistem pemesanan kalender
  • Alat penilaian skor
  • Analitik prediktif dan masih banyak lagi

5. Freshsales

Software pengelolaan konsumen yang lainnya yang dapat diandalkan untuk bisnis anda adalah Freshsales. Aplikasi customer relationship management (CRM) ini dibuat oleh Freshworks. Berbeda dengan jenis aplikasi CRM yang lainnya, aplikasi yang satu ini dikhususkan untuk para pebisnis skala kecil atau UMKM dan UKM. Hal tersebut dapat terlihat dari pilihan paket pembayaran yang disediakan.

Sama seperti aplikasi Customer Relationship Management lainnya, anda dapat mencoba lebih dulu layanan ini secara gratis. Ada pilihan free trial selama 21 hari yang dapat digunakan sebaik mungkin. Jika anda memutuskan untuk langsung menggunakan versi bayar, biaya yang harus dikeluarkan juga masih sangat terjangkau.

Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur antara lain:

  • Ticketing
  • Collaboration
  • Automations
  • Reporting & Analytics
  • Email tracking
  • Event tracking
  • Manajemen sales

Baca juga: Tools Terbaik Untuk Melakukan A/B Testing

6. Drip

Kalau memperhatikan namanya sekilas, rasanya mungkin kurang meyakinkan sebagai sebuah aplikasi CRM. Tetapi aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Drip ini layak dipertimbangkan.

Drip tidak hanya memiliki layanan yang lengkap untuk menjalankan sebuah bisnis namun juga memiliki integrasi yang bagus untuk toko online popular sehingga sudah banyak digunakan oleh pebisnis. Beberapa fitur yang terintegrasi dengan aplikasi Drip ini antara lain Magento, Shopify, dan WooCommerce. Drip tersedia untuk pilihan free trial selama 14 hari yang dapat anda manfaatkan lebih dulu sebelum memutuskan menggunakan versi yang berbayar.

Manfaat Menggunakan Drip

  • Membebaskan kekuatan data pelanggan dengan integrasi e commerce yang menarik data pelanggan untuk memperkuat strategi pemasaran seperti membidik pelanggan pada apa yang mereka beli, jelajahi dan klik pada seluruh toko.
  • Melakukan segmentasi pada semua orang dan menyesuaikan semuanya dengan segmen yang dibuat sebelumnya serta diupdate secara otomatis sehingga memungkinkan anda menargetkan pelanggan dengan konten yang sangat detail dan dipersonalisasi.
  • Mendapatkan insight dan panduan yang akan membuat bisnis anda terus berkembang dengan memberitahukan anda apa yang berhasil, apa yang harus ditingkatkan dan dimana menemukan peluang pendapatan anda selanjutnya.

7. Salesforce

Aplikasi CRM terpopuler lainnya adalah Salesforce. Aplikasi ini adalah layanan sistem pengelola pelanggan yang dapat dibilang memiliki fitur beragam dan menyediakan berbagai tools pengelolaan penjualan secara cloud. Anda dapat melihat live demo aplikasi ini tanpa harus melakukan pembelian lebih dulu.

Ada berbagai fitur menarik di dalam Salesforce yaitu sales cloud, service cloud, marketing cloud, salesforce platform and appexchange, dan salesforce chatter. Anda bisa mencoba free trial selama 30 hari untuk melihat keseluruhan fitur yang ada pada aplikasi ini.

Layanan ini juga termasuk cocok untuk berbagai jenis bisnis termasuk bisnis kecil-kecilan yang baru anda jalankan pada masa COVID-19 karena mereka juga menyediakan dukungan informasi dan layanan terkait dengan pandemic yang sedang terjadi.

8. Sugar CRM

Salah satu perusahaan yang menciptakan aplikasi Customer Relationship Management untuk sales monitoring adalah Sugar CRM. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2004 oleh Jacob Taylor, Clint Oram dan John Roberts serta memiliki sekitar 450 orang karyawan.

Aplikasi CRM terbaik SugarCRM ini memiliki beberapa fungsi yang mencakup otomatisasi tenaga penjualan, marketing campaign, customer service serta reporting.

Berbagai macam fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Sugar CRM antara lain:

  • Otomatisasi pemasaran
  • Customer support
  • Otomatisasi sales force
  • Laporan analisis penjualan  

FAQ

Apa tujuan CRM?

-CRM menjadi pendekatan baru untuk mengelola hubungan antara korporasi dengan pelanggan bisnis. Inilah tujuan-tujuan dari keberadaan CRM yaitu meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan yang sudah ada untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Apa saja implementasi CRM dalam bisnis?

-Database email marketing, segmentasi jenis pelanggan, assignment yang lebih teratur, menganalisa kebiasaan pelanggan dan targeting ads.

wpChatIcon
wpChatIcon
× Chat dengan kami di WhatsApp