Social media marketing membutuhkan perencanaan. Anda bisa saja melakukan improvisasi kapanpun anda mau namun lebih baik memiliki rencana – khususnya saat mengembangkan strategi konten media sosial. Saat ini, sebagian besar marketer menyadari bahwa media sosial berperan penting dalam strategi pemasaran yang efektif. Dengan banyaknya media sosial untuk dikelola dan dipublikasikan maka penting untuk tetap teratur dan memiliki rencana kapan dan apa yang sebaiknya anda bagikan pada platform tersebut.
Contents
Tools Konten Kalender Media Sosial untuk Merencanakan Konten
1. Hubspot’s Template for Excel
Marketer mungkin sudah menggunakan Excel untuk berbagai jenis laporan serta analisi data dalam pekerjaan mereka namun ini juga merupakan tool yang sangat berguna untuk mengatur kalender konten media sosial. Excel bisa diubah sesuai dengan prioritas atau metric apapun yang menjadi fokus tim. Ini akan menjadi tools yang hebat untuk planning ke depan.
Marketer bisa menggunakan template ini untuk merencanakan postingan media sosial, baik bulanan atau tahunan, sambil mengawasi gambaran yang lebih besar.
Gunakan “Monthly Planning Calendar Tab” untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang apa yang akan terjadi pada saluran konten mereka pada bulan tertentu
Pada tab “Content Repository”, pengguna bisa merekam konten yang mereka publikasikan pada tab ini untuk melacak bagian mana yang sudah dipromosikan dan dengan mudah mengingat konten lama yang bisa dipromosikan kembali di media sosial
Pada tabs “Social Network Update”, pengguna bisa menyusun dan merencanakan posting media sosial lebih dulu. Tab ini bertujuan untuk pengaturan dan konten posting itu sendiri harus diunggah ke social media publisher.
Baca Juga: Social Media Manager: Tugas & Tanggung Jawab
2. Google Drive
Google Drive memiliki beberapa fitur yang bermanfaat yang mempermudah social media marketer untuk membuat kalender konten yang efektif. Dengan bantuan Google Documents, pengguna bisa menyimpan semua komentar pada satu tempat dan bisa berkolaborasi dalam berbagai proyek tanpa harus selalu mengirimkan email dan harus menjadwalkan rapat. Ini menjadi fitur yang sangat penting untuk mengedit konten media sosial yang mungkin perlu didesain dan disetujui dengan cepaat.
3. Loomly
Jika anda menginginkan lebih banyak hal dari kalender konten lebih dari sekadar tanggal penerbitan, anda bisa beralih ke platform perencanaan dan penerbitan konten yang lengkap seperti Loomly. Loomly menawarkan tools di luar pengelolaan konten, bahkan bisa memberikan inspirasi dan ide postingan untuk membantu anda membuat konten. Ini juga memungkinkan anda untuk mengelola asset konten, menjadwalkan postingan, mengelolanya dalam tampilan daftar dan dalam tampilan kalender serta menganalisis apa yang berfungsi.
Tetapi set fitur yang paling kuat mencakup lingkungan kolaborasi dan persetujuan sehingga tim bisa mengirimkan mockups, memberikan komentar, melihat log versi dan menandai persetujuan. Ini bisa membantu anda meningkatkan efisiensi.
Baca Juga: Apa Manfaat Menggunakan Influencer Untuk Promosi?
Manfaat Kalender Social Media Content
No | Manfaat Kalender Social Media Content | Penjelasan |
1 | Visualisasi dan organisasi | Salah satu manfaat menggunakan kalender social media content adalah kemampuan untuk memvisualisasikan strategi konten sosial anda selama periode waktu tertentu dan tetap teratur pada semua social media channel. Ini membantu anda merencanakan usaha pemasaran media sosial anda tentang peluang penting dalam industry atau perusahaan anda |
2 | Konsistensi | Menggunakan kalender social media content memungkinkan anda mengembangkan suara terpadu dan menciptakan content flow yang konsisten dan terus berkembang menuju tujuan akhir dari marketing |
3 | Reporting (pelaporan) | Selain perencanaan, kalender social media juga membantu upaya reporting dan follow up |
4 | Mempermudah | Ini juga membuat hidup anda lebih mudah ketika membuat postingan dengan mengurangi kebutuhan untuk mencari ide konten. Anda bisa melihat seluruh usaha pemasaran dan membuat keputusan yang tepat tentang waktu posting sosial anda. |
4. Trello
Trello adalah alat planning media sosial lainnya yang sangat efektif untuk kolaborasi tim. Trello juga menawarkan tampilan kalender penuh yang mempermudah memvisualisasikan konten apa yang akan dipublikasikan dan kapan. Yang lebih khusus lagi yaitu social media manager bisa menggunakan “cards”, “boards” yang bisa dikustomisasi dan “lists” yang bisa disesuaikan untuk memetakan daftar tugas, mengelola kalender konten, merencanakan kampanye dan menampung ide dari brainstorming.
Pengguna bisa menyesuaikan board sesuai dengan kebutuhan mereka. Trello “cards” juga memungkinkan banyak kustomisasi. Anda bisa melacak kemajuan dalam menyelesaikan daftar perika yang bisa berguna bagi social media marketer yang ingin melacak progress kampanye.
Selain itu, Trello cards bisa diberikan kepada anggota tim yang berbeda, ditandai dengan tanggal deadline dan dikomentari. Pengguna bahkan bisa menyesuaikan label dengan status publikasi yang berbeda sehingga semua anggota tim bisa melihat progress postingan media sosial dan kapan waktunya di kalender.
5. SproutSocial
Social media kalender dan alat publishing Sprout Social mempermudah tim atau individu untuk merencanakan dan menjadwalkan semua postingan sosial. Anda bisa menjadwalkan konten untuk diposting secara otomatis ke Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, Pinterest dan lainnya.
Anda juga bisa menandai setiap postingan sosial dan menambahkan note untuk melacak dan melaporkan strategi dan kampanye postingan dengan lebih baik. Selain itu, rangkaian peneritan mereka menyertakan tool yang disebut dengan Optimal Send Times yang menganalisis data media sosial dan otomatis menerbitkan ketika audiens paling aktif.
Baca Juga: Cara tambah like Instagram
6. Evernote
Evernote adalah aplikasi pencatat yang bisa digunakan marketer untuk melacak semua bagian bergerak yang membentuk kampanye media sosial. Evernote juga menampilkan log tahunan sampai dengan per jam yang mempermudah untuk melacak kapan anda menerbitkan konten di media sosial, ketika anda memproduksi konten blog dan prioritas seluruh anggota tim yang lainnya. Apa fitur lain yang berguna?
Evernote’s Web Clipper extension untuk Chrome. Marketer bisa menggunakan tool ini bisa menyimpan link ke Evernote Notebook untuk dibagikan nantinya. Aplikasi mobile Evernote juga menawarkan beberapa fitur menarik untuk membantu marketer menjaga ide konten sosial mereka tetap bagus.
Fitur ini sangat penting untuk pembuat konten sosial yang ingin mempertahankan simpanan foto untuk dipublikasikan di Instagram.
7. Hootsuite
Hootsuite menawarkan alat Planner untuk membantu anda membuat kampanye, mengidentifikasi celah penerbitan dan berkolaborasi dengan tim pembuatan konten. Fitur utamanya adalah dalam penerbitan sosial sehingga anda bisa merilis konten ke jaringan anda lebih dulu namun juga memiliki banyak fitur untuk kolaborasi dan persetujuan posting. Anda bahkan bisa mengkurasi konten dari sumber lain tanpa login ke akun anda. Setelah konten anda ditulis, anda bisa melakukan preview dengan tool Composer yang ditampilkan sesuai dengan format unik pada setiap media sosial.
FAQ
Apa itu kalender konten untuk media sosial?
-Kalender konten media sosial adalah perencana bagi bisnis untuk merencanakan konten untuk postingan mereka, waktu untuk publikasi dan platform tempat dimana mereka akan mempublikasikannya.
Apa saja seharusnya isi konten kalender?
-Kalender konten harus menyertakan petunjuk bagi tim media sosial untuk membuat jadwal penerbitan media sosial termasuk jenis konten, judul postingan, link untuk konten, cuplikan, link gambar dan tanggal publikasi.