Instagram adalah media sosial yang cukup populer di kalangan generasi milenial dan generasi Z. Bukan hanya sekedar media berbagi kehidupan pribadi, Instagram juga sering menjadi tempat jual beli. Berdasarkan riset dari Impact, 72% orang membeli suatu produk setelah mereka melihat produk tersebut di Instagram. Ini membuktikan bahwa Instagram menjadi media sosial yang paling efektif untuk digunakan sebagai digital marketing.
Meskipun demikian, ada beberapa strategi yang harus dilakukan untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari Instagram marketing. Omset bisnis pun akan meroket dengan melakukan strategi pemasaran Instagram yang tepat.
Contents
Strategi Instagram Marketing Paling Efektif
1.Gunakan Akun Instagram Khusus Bisnis
Ketika anda ingin menggunakan instagram sebagai alat marketing, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftar akun Instagram bisnis. Instagram memperkenalkan fitur yang bernama Instagram for Business yang akan membantu pebisnis membangun brand secara profesional di Instagram.
Dengan menggunakan akun Instagram bisnis, anda bisa mendapatkan berbagai fitur keren yang dapat digunakan untuk keberhasilan marketing bisnis anda. Fitur yang paling populer dari akun IG bisnis adalah fitur Insights. Fitur tersebut akan memudahkan anda menganalisa performa konten akun anda.
Anda bisa mendaftar akun Instagram bisnis dan menghubungkannya dengan page Facebook untuk bisnis anda. Mudah bukan?
2.Buat Akun Instagram Tampak Menarik
Agar akun Instagram bisnis anda menjadi lebih optimal, anda bisa membuat akun menjadi lebih menarik. Profil yang profesional dan menarik bisa membantu anda mendapatkan calon konsumen yang potensial. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memilih username yang mudah diingat. Sebaiknya pilihlah username yang berhubungan dengan bisnis anda.
Kemudian, gunakan foto profil brand anda yang profesional. Jika anda memiliki logo brand, anda sebaiknya menggunakan logo tersebut sebagai foto profil. Ini akan membantu anda tampak lebih profesional.
Setelah kedua hal tersebut anda lakukan, maka buatlah bio untuk akun bisnis anda. Instagram menyediakan 150 karakter yang bisa anda gunakan untuk menjelaskan bisnis anda dan manfaat apa yang akan didapatkan oleh konsumen.
Oleh karena itu, anda sebaiknya menulis bio yang pendek namun tetap menarik dan informatif. Anda juga bisa memasukkan Call To Action (CTA) dan link yang akan membawa pelanggan menuju ke landing page bisnis.
3. Perjelas Aktivitas dengan Guidelines
Srategi lain yang tak kalah penting yaitu menentukan guidlines akun bisnis anda. Guidlines bisa dibilang adalah acuan yang akan digunakan dalam aktivitas pada akun tersebut. Ini biasanya berhubungan dengan akun Instagram bisnis anda. Bagaimana anda bisa menarik konsumen? Bahasa apa yang anda gunakan untuk akun tersebut? Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Untuk itulah, sangat penting untuk mengetahui seluk beluk bisnis anda. Jika anda memiliki tim strategi media sosial, maka sebaiknya tentukan guidlines bersama dengan tim anda.
4. Memahami Jenis-Jenis Postingan Instagram
Agar Instagram marketing anda berjalan dengan baik, anda tentu harus memahami jenis konten yang tampil di Instagram. Di Instagram, konten terbagi menjadi 4 jenis yaitu Instagram feed, Instagram live, Instagram story, dan Instagram TV.
Jenis-Jenis Postingan Instagram
No | Jenis Postingan Instagram | Penjelasan |
1 | Instagram feed | Foto dan video di akun Instagram seseorang. Feed adalah tempat dimana anda akan melihat semua postingan akun tersebut. |
2 | Instagram stories | Konten singkat yang ada di atas Instagram feed. Konten ini biasanya merupakan cuplikan singkat yang akan bertahan selama 24 jam. |
3 | Instagram live | Anda bisa melakukan live atau siaran langsung. Instagram live biasanya digunakan untuk melakukan giveaway atau sesi tanya jawab. |
4 | Instagram TV | Ini adalah konten video yang durasinya bisa lebih dari satu menit dan biasanya tidak ditampilkan di Instagram Feed. Lebih mirip dengan YouTube. |
5. Aktif Berinteraksi dengan Audiens yang Ditargetkan
Salah satu strategi Instagram marketing yang harus dilakukan yaitu berinteraksi dengan target audiens anda. Media sosial adalah platform dimana orang saling bersosialisasi dengan sesamanya. Dengan interaksi dan melibatkan audiens, anda bisa menciptakan hubungan yang lebih personal dengan audiens.
Ini bisa meningkatkan kepercayaan konsumen pada brand anda. Anda bisa mengadakan sesi tanya jawab, menulis caption yang unik/lucu, hosting giveaways. Ini akan membuat audiens menuliskan komentar pada postingan anda.
6. Kirimkan DM yang Telah Dipersonalisasi
DM atau direct message merupakan salah satu fitur Instagram yang sangat berguna untuk Instagram marketing. Dengan fitur ini, anda bisa mengirimkan pesan singkat ke followers dengan lebih mudah. Ini tentu sangat membantu proses promosi bisnis anda. Kirimkan pesan yang menarik dan berisi tentang bisnis serta produk anda. Tujuannya yaitu agar followers merasa termotivasi untuk membeli produk atau melakukan konversi yang lain.
Sebaiknya perhatikan juga frekuensi pengiriman DM ke followers. Jangan sampai anda dianggap sebagai spammer dan justru kehilangan followers hanya karena mereka merasa risih.
7. Bekerja Sama dengan Influencers
Bekerja sama dengan influencers menjadi salah satu strategi yang jarang akan gagal. Influencer marketing sendiri memiliki banyak sekali manfaat seperti menambah jumlah followers, brand awareness dan reach dari bisnis anda.
Dalam memilih influencers, pastikan anda memilih yang berhubungan dengan bisnis dan produk anda. Pilih juga jumlah followers yang dimiliki, apakah sudah sesuai kriteria anda atau belum.
Hashtags merupakan fitur Instagram yang digunakan untuk mencari konten baru yang berhubungan dengan nama hashtag. Dengan menggunakan hashtags, anda bisa meningkatkan engagement dan jangkaan anda. Untuk menentukan hashtag yang cocok digunakan, anda bisa melakukan riset dan carilah tagar yang sering digunakan oleh kompetitor anda.
Anda juga bisa mencari tahu hashtag apa saja yang diikuti oleh target audiens anda dan melihat hashtag terpopuler yang ada di area pasar bisnis.
9. Konsisten Membuat Postingan yang Menarik
Konsistensi menjadi strategi penting dari Instagram marketing yang wajib anda ketahui. Agar bisa berhasil dalam Instagram marketing, anda harus menampilkan postingan yang berguna untuk followers anda. Jika anda terus membuat postingan yang informatif, menarik dan edukatif maka bisnis anda akan terus menerus berkembang.
Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika anda menentukan jadwal postingan dan jenis konten yang akan ditampilkan dalam setiap bulan.
FAQ
Mengapa harus menggunakan Instagram untuk bisnis?
-Karena anda bisa menampilkan sisi visual dari bisnis anda. Anda bisa menampilkan sisi lain dari bisnis anda kepada pelanggan.
Jam berapa sebaiknya mengupload postingan di Instagram?
-Biasanya, orang-orang menggunakan Instagram pada siang/sore hari. Pada pagi hari, orang-orang berangkat kerja dan mematikan semua media sosialnya.