Internet telah mengubah banyak hal termasuk cara kita dalam mempersiapkan liburan seperti membeli tiket transportasi dan memesan akomodasi. Saat ini, rasanya jarang kita menemukan orang yang pergi ke biro perjalanan wisata alias travel agent untuk memilih paket wisata.
Saat ini, sebagian besar orang lebih memilih mencari dan memesan sendiri tiket dari berbagai sumber. Dengan cara ini, selain mereka bisa mendapatkan pengalaman yang sesuai dengan selera pribadi, biayanya juga bisa ditekan.
Bukan berarti bahwa tidak ada peluang untuk bisnis travel agen. Hanya saja konsumen sekarang memang semakin cerdas karena mereka bisa mendapatkan informasi tentang apa saja, kapan saja dengan cepat dan mudah. Jika travel agent masih ingin bertahan, maka harus menyesuaikan perubahan.
Agar pemain industri travel bisa bertahan secara online, ada beberapa tips digital marketing yang bisa dimanfaatkan.
Contents
Tips Digital Marketing untuk Travel Agent
1. Atur Anggaran PPC dengan Proporsional
Sebagian besar perusahaan mengalokasikan anggaran dengan merata setiap bulan. Bagi sebagian besar perusahaan, cara ini bisa sangat ideal namun tidak bagi PPC untuk travel dan jenis bisnis lain yang spesifik. Perjalanan wisata yang merupakan bidang bisnis travel dipengaruhi oleh musim. Anda harus mempelajari kapan sebagian besar orang mulai merencanakan perjalanan wisata mereka, pastinya memang tidak ketika musim liburannya namun mungkin beberapa bulan sebelumnya.
Travel yang berhubungan dengan pekerjaan dan bisnis mungkin juga agak terpengaruh misalnya perjalanan bisnis akhir tahun agak menurun karena sebagian besar perusahaan melakukan tutup buku ketika musim liburan sekolah tiba.
2. Bangun Hubungan Lebih Dekat dengan Pelanggan
Pemsanan travel pasti bisa dilakukan jauh-jauh hari, seringkali beberapa bulan bahkan satu tahun sebelumnya. Dalam hal ini, pemesan travel tidak mengetahui kualitas jasa dan fasilitas apa saja yang akan mereka dapatkan dari pesanna mereka. Untuk itulah, kepercayaan sangat penting. Apapun yang anda lakukan, sebesar apapun diskon yang anda tawarkan, jika mereka meragukan perusahaan anda maka mereka akan berpikir sebelum memesan.
Jadi jika anda ingin memanfaatkan digital marketing untuk travel/usaha yang sejenis, jangan lupa untuk tetap berhubungan baik dengan para pelanggan misalnya dengan mengirimkan email atau melalui akun media sosial.
3. Ajak Pelanggan untuk Memberi Review
Saat ini, orang akan cenderung mencari informasi sendiri daripada mendengarkan penjelasan pegawai agen travel. Pelanggan akan melakukan Googling, membaca situs forum, blog dan tentu akun media sosial. Review pelanggan yang sudah lebih dulu menggunakan layanan tentu menjadi hal yang sangat penting ketika mereka mengambil keputusan.
Jadi jangan lupa lakukan dengan cara-cara yang sopan untuk mengundang pelanggan anda dan membiarkan mereka menuliskan review. Bagi pemilik usaha, sangat penting untuk bersikap terbuka. Untuk menghadapi review negatif, sebaiknya jangan menghapus review atau justru membalasnya dengan kalimat yang negatif.
Ada baiknya anda mempedulikan keluhan pelanggan sehingga anda justru bisa membalikkan keadaan, review negatif bisa menunjukkan bagaimana kepedulian anda terhadap pelanggan.
4. Doronglah Banyak Orang untuk Membagikan Konten
Blogger, pelanggan atau siapa saja, doronglah mereka untuk membagikan review melalui kanal digital mereka seperti forum, blog, website atau media sosial. Foto dan video bisa menunjukkan lebih banyak hal dibandingkan dengan kata-kata. Foto-foto pelanggan dan pengunjung lainnya dinilai lebih nyata dibandingkan dengan foto yang ‘estetik’ dan diambil fotografer yang memang anda sewa jasanya.
Dasar-Dasar Digital Marketing
No | Dasar-Dasar Digital Marketing | Penjelasan |
1 | Website | Website adalah aset terbesar di dunia online dan menjadi aset marketing terbaik untuk anda. Website akan mendatangkan calon pelanggan. |
2 | Search engine marketing (SEM) | SEM adalah kombinasi teknik dan metode pemasaran agar perusahaan bisa mendominasi hasil mesin pencarian. |
3 | Search engine optimization (SEO) | SEO adalah bagian dari SEM dan proses mengupdate kode website dan konten agar website anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencarian secara organik. |
4 | Pay per click advertising (PPC) | PPC adalah iklan berbayar dimana anda hanya akan membayar setiap kali seseorang mengklik iklan anda sehingga dinamakan dengan “pay per klik” |
5 | Remarketing | Strategi untuk menarik kembali user yang sempat berinteraksi dengan kita. |
6 | Email marketing | Marketing yang dikirimkan melalui email. Email marketing memiliki ROI yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis digital marketing lainnya. |
7 | Social media marketing | Social media marketing mengacu pada aktivitas marketing yang dilakukan lewat profil media sosial dan platform. |
8 | Video marketing | Video marketing terdengar seperti marketing yang berbentuk video. |
5. Mengelola Blog Travel
Mengelola niche blog travel sangat penting sejauh usaha anda berhubungan dengan industri travel. Jangan hanya fokus pada usaha sendiri karena travelling biasnaya berupa pengalaman yang menggabungkan berbagai hal.
Misalnya anda mengelola sebuah hotel maka sebaiknya jangan hanya membicarakan hotel anda sendiri, fasilitas yang tersedia dan event yang dilaksanakan secara berkala. Sebaiknya buatlah blog anda menjadi travel blog yang sesungguhnya. Tampilkan informasi tentang daya tarik yang ada di sekitar anda misalnya destinasi-destinasi wisata lain yang bisa dicapai dengan lebih mudah dari tempat anda.
Jangan lupa memasukkan unsur visual. Tampilkan foto dan video dalam blog anda sehingga ini akan sangat membantu menarik perhatian.
6. Tunjukkan Kepedulian pada Dunia Digital
Satu hal yang sangat sederhana namun sangat berkesan adalah mengemas informasi yang sesuai dengan profil para pelanggan. Misalnya anda memiliki bisnis hotel dan berusaha melakukan up-selling, menawarkan informasi wisata kepada pelanggan yang telah memesan kamar. Daripada mengirimkan satu email/newsletter yang sama untuk seluruh list pelanggan, maka sebaiknya perhatikan profil mereka dan kirimkan email/newsletter yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
7. Ciptakanlah Website yang User-Friendly
Kita seringkali hanyut dalam jargon desain dan ingin tampil berbeda namun justru membuat website tidak user-friendly. Misalnya banyak orang yang berfikir bahwa website yang banyak fiturnya itu bagus sehingga website tampak ribet dan tidak ramah pengguna. Akhirnya, calon pelanggan anda lebih memilih jasa travel agent yang lainnya.
8. Fokus pada Long Tail Keyword
Untuk SEO, sebaiknya jangan terlalu mengejar keyword yang pendek karena tingkat kompetisinya sangat tinggi sedangkan traffic website yang dihasilkan bisa besar namun tidak terlalu fokus pada target pasar. Misalnya bisnis hotel maka pilihlah keyword yang lebih spesifik seperti “hotel murah di Bali”, “hotel murah di Lombok” dan sebagainya. Traffic yang dihasilkan mungkin tidak terlalu banyak namun konversinya akan jauh lebih baik.
FAQ
Apa yang dimaksud dengan keyword dalam digital marketing?
-Keyword adalah kata atau sekelompok kata yang digunakan oleh pengguna internet untuk melakukan pencarian di mesin pencarian seperti Google. Dalam strategi SEO, keywords sangat penting dan harus bisa menjadi inti dari tulisan yang ada di website.
Apa itu SEO?
–SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yaitu praktik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic ke situs website anda melalui hasil pencarian organik.