fbpx

Anda mungkin pernah mendengar orang-orang mempromosikan barang dagangannya dengan menggunakan TOA di mobil pick up. Sekarang, saatnya mengganti promosi semacam itu dengan cara yang lebih sederhana yaitu dengan menggunakan podcast. Saat ini, podcast sudah sangat familiar poada berbagai kalangan mulai dari comedian sampai dengan politisi. Ada yang hanya berupa audio sampai merambah ke audio visual juga.

Sebenarnya apa itu podcast? Mengapa podcast sangat digemari? Apakah podcast juga bisa menghasilkan uang? Apa untungnya untuk sebuah bisnis? Untuk anda yang memiliki bisnis, tidak ada salahnya mendsiplay bisnis anda di podcast.

Baca Juga: Jenis-Jenis Konten Video Untuk Digital Marketing

Contents

Apa itu Podcast?

Podcast adalah rekaman audio mengenai suatu topic tertentu yang bisa didengarkan oleh kapanpun dan siapapun. Biasanya, podcast diupload ke suatu platform internet. Kemudian orang bisa langsung mendengarkannya, mendownload, bahkan melakukan subscribe audio podcast. Inilah yang membuat podcast menjadi semakin populer. Topic yang dibahas juga sangat beragam tergantung dari niche podcast itu sendiri misalnya podcast teknologi, kesehatan, ilmu pengetahuan, berita dan sebagainya.

Manfaat Podcast untuk Perkembangan Bisnis

Sebagian besar orang di Indonesia sudah familiar dengan podcast bahkan menjadi pendengar setia. Tingginya audiens podcast sebenarnya menjadi pangsa pasar yang strategis untuk berbagai jenis bisnis.  Tetapi sayangnya, belum banyak bisnis yang menangkap peluang untuk menjaring konsumen dengan podcast.

Dengan demikian, dunia podcast saat ini bukan lagi hiburan semata. Ada manfaat besar yang akan didapatkan oleh bisnis anda jika memaksimalkan podcast. Supaya anda tidak ragu, anda bisa mempertimbangkan manfaat podcast untuk bisnis berikut ini:

1. Membangun Branding Bisnis

Anda tentu ingin bisnis semakin dikenal masyarakat luas, kan? Jika iya, maka anda bisa memanfaatkan podcast untuk branding bisnis anda. Membangun branding bukan hanya tentang menjual produk anda namun juga memberikan edukasi yang berguna untuk target bisnis. Dengan demikian, anda bisa memupuk kepercayaan calon konsumen. Di samping itu, kredibilitas bisnis juga akan meningkat.

Anda bisa mulai dengan mengeksplorasi berbagai topic berhubungan dengan sector bisnis anda. Jika sudah membuat podcast sesuai dengan niche bisnis secara konsisten, maka pendengar setia akan muncul secara alami. Ini memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit namun hasilnya akan memaksimalkan branding yang sudah dibangun.

Jika konten podcast sudah memiliki kesan untuk audiens, maka saatnya anda menjaring konsumen dari podcast. Gunakan podcast sebagai content marketing anda.

Baca Juga: Strategi Content Marketing Untuk Bisnis

2. Menyampaikan Pesan dengan Efektif

Sasaran bisnis anda memiliki karakteristik yang berbeda. Ada yang lebih aktif membaca.. sebagian mungkin lebih senang menonton tayangan audio-visual. Namun tidak sedikit yang lebih memahami hanya dengan mendengarkan.

Untuk bisa merangkul semua target market anda, sebaiknya lakukan pendekatan terhadap ketiganya. Podcast menjadi lahan subur yang berpotensi jika benar-benar diolah dengan tepat. Penikmat podcast semakin lama semakin meningkat. Bisnis anda juga akan sampai tepat sasaran. Itu dibuktikan dengan 67% pendengar podcast berasal dari usia yang produktif antara usia 18-44 tahun. Pasar yang sangat menjanjikan, bukan?

Penyampaian pesan promosi dengan media podcast sebenarnya trebilang sangat mudah. Karena mendengarkan intonasi suara host secara langsung maka pesan semakin mudah dipahami oleh audiens. Apalagi, podcast yang dikemas dengan berbagai niche. Yang pasti memiliki target audiens dengan bidang yang sama.

3. Bisa Diterima Audiens dengan Lebih Fleksibel

Podcast merupakan konsep yang paling efektif untuk orang sibuk karena podcast memang didesain mengutamakan kualitas dari bahan pembicaraan tanpa harus melihat layar. Podcast bisa didengar ketika olahraga, santai dan sebagainya. Karena bersifat fleksibel, podcast menjadi konten yang sangat digemari. Di samping itu, podcast yang berkualitas juga akan menarik pendengar untuk mendownload dan mensubscribe channel podcast anda. Jika merilis podcast episode baru maka otomatis audiens anda bisa mendengarkannya tanpa batas waktu serta tempat.

Jenis-Jenis Podcast  

NoJenis-Jenis PodcastPenjelasan
 1Podcast wawancaraIni adalah format podcast yang paling banyak dibuat dimana satu atau dua orang pembawa acara akan mewawancarai bintang tamu atau narasumber yang berbeda dalam setiap episodenya
 2Podcast tunggalPodcast pun juga bisa dibuat dengan format tunggal atau hanya diisi oleh satu pembicara yang berlaku sebagai narasumber sekaligus pembawa acara. Artinya, sepanjang durasi podcast ini, pengisi suara tunggal akan melakukan monolog
 3Podcast atau multiple hostPodcast jenis ini dilakukan oleh dua orang pembawa acara atau lebih. Yang membedakan adalah tidak ada bintang tamu sebagai narasumber. Para pembawa acara akan saling diskusi, tukar pendapat dan bahkan berdebat dengan bebas terkait topic tertentu
 4Video Podcast (Vidcast)Ini hanyalah podcast dengan tambahan elemen video. Format videonya bisa sederhana atau kompleks sesuai dengan kehendak si pembuatnya

5. Sebagai Media Promosi

Manfaat utama dari podcast yaitu sebagai salah satu channel mempromosikan bisnis. Anda bisa mengangkat tema-tema tentang bisnis anda dan mengemasnya dengan konten yang berkualitas. Dengan demikian, anda bukan hanya mengedukasi audiens namun juga memberikan kesan dan menarik perhatian audiens. Dalam setiap podcast, anda bisa menyisipkan peranan bisnis anda.

Harapannya adalah audien akan tertarik, mengeksplorasi produk atau layanan anda dan membelinya. Simple, kan? Yang harus anda lakukan yaitu mencerdaskan audiens dengan informasi yang diberikan atau dengan kata lain beriklan dengan cerdas.

Baca Juga: Apa Itu Konten? Manfaat Dan Jenis-Jenisnya

6. Salah Satu Sumber Pemasukan

Membicarakan bisnis tentu tidak jauh dengan yang namanya uang, benar kan? Saat ini sudah banyak platform podcast yang memungkinkan anda untuk melakukan monetisasi podcast. Ada beberapa cara menghasilkan uang lewat podcast yaitu

  • Hasil menjaring customer dengan menggunakan content podcast
  • Mengadakan webinar berbayar atau paid live streaming podcast
  • Kolaborasi dengan pihak lain atau host-read adas
  • Menyediakan podcast kursus online dengan tema tertentu
  • Google AdSense jika membuat podcast di website

7. Meningkatkan Skill Public Speaking

Untuk bisa menarik perhatian audiens mulai dari awal sampai dengan akhir, maka dibutuhkan announcer yang handal. Dengan memproduksi episode baru secara konsisten, maka ini bisa meningkatkan kemampuan public speaking announcer. Oleh karena itu, anda juga bisa memanfaatkan podcast untuk mengasah kemampuan staf dalam public speaking, khususnya staf yang langsung berhubungan dengan konsumen.

FAQ

Apakah podcast bisa dilakukan sendiri?

-Podcast bisa ditemukan pada berbagai layanan aplikasi smartphone seperti Anchor, Spoon, Joox, SoundCloud dan Spotify.

Apakah podcast di Spotify bisa mendapatkan uang?

Jawabannya adalah iya karena konten apapun bisa dimonetitasi termasuk podcast. Monetisasi adalah mengkomersialkan konten yang anda miliki agar dapat menghasilkan uang dari konten tersebut.

wpChatIcon
wpChatIcon
× Chat dengan kami di WhatsApp