Jika anda menggunakan Google Ads dengan sekadarnya, anda tentu saja telah mengetahui bagaimana caranya. Google Ads/Google AdWords dikenal sebagai iklan berbayar yang efektif meningkatkan penjualan. Namun, agar promosi anda lebih efektif dan efisien maka gunakan berbagai tips dan trik.
Dengan menggunakan tips iklan di Google Ads, strategi promosi yang anda impikan pun menjadi tidak asal-asalan. Tujuan marketing anda pun jauh lebih mudah tercapai. Ada beberapa tips iklan di Google Ads yang bisa membantu anda meningkatkan performa iklan bisnis anda.
Contents
Tips Google Adwords yang Efektif dan Paling Lengkap
1.Menentukan Tujuan Iklan yang Lebih Jelas
Menentukan tujuan wajib dilakukan sebelum membuat Google Ads. Setiap iklan punya tujuan yang berbeda. Artinya, strategi iklan juga harus disesuaikan baik dari segi copywriting, budget, desain landing page dan yang lainnya. Misalnya, anda ingin meningkatkan penjualan maka gunakan jenis copywriting yang tepat. Sebaiknya jangan gunakan copywriting yang berlebihan jika tujuan anda hanya ingin mendapatkan leads.
Inilah mengapa tujuan yang jelas sangatlah penting. Tanpa tujuan yang jelas, anda tidak mungkin bisa mengukur keberhasilan iklan Google Ads anda.
2.Menggunakan Keyword yang Tepat
Tips menggunakan Google Adwords selanjutnya yaitu menggunakan keyword yang tepat. Google akan menampilkan iklan yang sesuai dengan keyword pengguna. Pengiklan harus mengetahui apa saja keyword yang bisa digunakan sehingga cara yang paling efektif adalah dengan melakukan riset keyword. Sudah banyak sekali tool riset keyword yang sangat mudah digunakan. Anda bisa melakukan riset keyword yang sering digunakan oleh kompetitor.
Setelah anda mendapatkan keyword yang tepat, anda bisa menggunakannya pada iklan anda. Anda bisa meletakannya pada judul iklan dan teks iklan/deskripsi yang ada di halaman landing page. Tujuannya yaitu agar peluang iklan dilihat oleh target pelanggan menjadi lebih besar.
3. Buatlah Teks Iklan yang Menarik Perhatian Pembaca
Tips selanjutnya agar performa iklan Google Ads meningkat yaitu merangkai teks pada iklan agar lebih menarik perhatian audiens. Sebaiknya gunakan teknik copywriting terbaik. Bagaimana caranya membuat teks iklan yang lebih menarik? Jangan penuhi teks dengan informasi produk secara detail. Tampilkan saja manfaat dan kegunaan fitur penggunaan produk anda secara umum.
Pastikan iklan yang anda tuliskan tidak hanya menarik calon pembeli namun juga menarik bagi Google. Oleh karena itulah, anda juga harus menerapkan SEO copywriting agar mesin pencari juga tertarik dengan iklan anda.
4. Menyesuaikan Iklan dengan Landing Page
Jika judul dan meta description pada iklan anda tidak sesuai dengan apa yang anda iklankan, maka audiens menyangka iklan anda adalah clickbait dan akan langsung meninggalkan website anda. Jadi, sesuaikan iklan dengan landing page yang ada pada setiap kampanye promosi. Jika tidak seperti itu, maka calon pembeli akan kecewa. Bahkan kepercayaan bisnis anda bisa menurun.
Karena iklan dan halaman tujuan relevan, maka calon pembeli bisa langsung mendapatkan informasi penawaran. Bahkan calon pembeli bisa langsung membeli produk tersebut.
Keuntungan Google Ads untuk Bisnis
No | Keuntungan Google Ads untuk Bisnis |
1 | Meningkatkan penjualan dengan biaya minim |
2 | Memberikan hasil cepat daripada SEO |
3 | Jangkauan iklan yang jauh lebih luas |
4 | Target audiens jauh lebih spesifik |
5 | Reputasi website bisnis lebih meningkat |
6 | Remarketing |
5. Mengoptimasi Landing Page
Mengapa penting untuk melakukan optimasi terhadap landing page? Landing page merupakan patokan bagi audiens untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya. Intinya, landing page harus bisa memberikan informasi yang menarik dan menggiring audiens untuk mengklik CTA. Jadi, optimasi landing page berhubungan dengan bagaimana informasi tersebut bisa dipahami oleh audiens dengan lebih mudah.
Jika desain atau tampilan landing page membingungkan maka calon pelanggan kemungkinan besar bisa membatalkan pembelian pada website anda.
6. Membuat Iklan yang Mobile Friendly
Tips lain untuk meningkatkan iklan Google Ads selanjutnya yaitu dengan membuat iklan yang mobile friendly. Karena ada lebih dari 50% pengunjung website yang mengaksesnya lewat perangkat mobile. Artinya iklan anda bisa dilihat lebih banyak orang jika desain yang anda gunakan sangat mobile friendly. Sebaliknya, jika iklan anda sulit dilihat dari smartphone/perangkat mobile, maka audiens juga sulit mendapatkan informasi.
Misalnya iklan anda terlalu besar sehingga bagian deskripsi kemungkinan akan terpotong. Bisa juga desain yang digunakan untuk membuat tombol CTA tidak bisa diklik oleh pengunjung dari ponsel mereka.
Jika hal tersebut terjadi maka iklan menjadi kurang menarik dan tidak bisa menjangkau audiens yang diinginkan. Oleh karena itulah, anda harus membuat desain iklan yang tepat di desktop dan mobile. Jika perlu, buatlah desain khusus untuk keduanya.
7. Menentukan Bidding yang Tepat
Tips lain dari Google Adwords yang tidak kalah penting yaitu menentukan bidding sesuai dengan budget serta kebutuhan anda. Bidding adalah penawaran harga per klik untuk iklan anda. Ketika anda menggunakan Google Ads, anda harus membayar biaya setiap kali iklan diklik oleh pengunjung. Oleh karena itu, anda harus pandai mengatur budget dan melakukan bidding iklan yang pas.
Strateginya yaitu menampilkan iklan sesuai dengan target pasar dengan menggunakan budget yang efisien. Anda bisa melakukan bidding manual dengan strategi anda tetapi akan lebih mudah jika anda memanfaatkan fitur automated bidding atau smart bidding dari Google Ads.
8. Jangan Lupa A/B Testing
A/B testing bisa menjadi cara terbaik untuk menentukan jenis iklan yang paling efektif untuk mencapai target iklan. Test ini bisa dilakukan satu per satu mulai desain iklan, copywriting dan bidding hingga landing page suatu iklan. Bisa juga dilakukan sekaligus. A/B testing sangat penting karena terbukti mampu memberikan insight mengenai hasil terbaik meskipun perubahan yang dilakukan mungkin tidak terlalu banyak.
9. Retargeting
Retargeting adalah memberikan penawaran kepada pengunjung yang sudah berinteraksi di web anda namun belum juga melakukan pembelian. Retargeting harus menjadi strategi promosi karena peluang konversinya bisa mencapai 60%. Cara ini dilakukan dengan menampilkan kembali iklan yang ada di berbagai website, media sosial serta aplikasi yang digunakan oleh para pengunjung. Jika anda bisa melakukan retargeting dengan baik maka promosi iklan anda menjadi jauh lebih efektif.
FAQ
Bisakah saya membatalkan iklan Google kapanpun?
-Anda bisa membatalkan akun Google Ads anda kapan saja. Ini akan menghentikan seluruh iklan anda secara otomatis dalam waktu 24 jam.
Apa saja jenis-jenis kampanye iklan yang ada di Google Ads?
-Search campaign ( biasanya berbentuk teks. Iklan ini bisa ditampilkan pada halaman hasil pencarian Google), display campaign (biasanya ada dalam bentuk gambar. Biasanya muncul di situs website yang dikunjungi klien), video campaign (biasanya berdurasi 6 sampai dengan 15 detik. Iklan ini ditampilkan selama atau sebelum konten video YouTube).