Sering dengar istilah campaign di media sosial? Marketing campaign mencakup berbagai strategi marketing terkoordinasi yang meliputi periklanan, penetapan harga, promosi, merchandising dan distribusi. Di tengah persaingan yang ketat, bisnis sangat perlu melakukan berbagai jenis marketing campaign untuk menempatkan produk mereka di pasar. Kampanye mencakup beberapa usaha yang mempengaruhi berbagai channel distribusi dan komunikasi.
Contents
Apa itu Campaign?
Dalam digital marketing, campaign adalah berbagai usaha terorganisir untuk mencapai tujuan bisnis secara spesifik misalnya dengan meningkatkan brand awareness produk atau mengumpulkan feedback dari konsumen. Campaign marketing dapat terdiri dari strategi organic atau berbayar. Campaign menjangkau konsumen melalui berbagai media seperti media sosial samapi dengan iklan PPC.
Iklan PPC adalah salah satu contoh kampanye berbayar dengan Google Ads sebagai platform iklan PPC yang paling banyak digunakan. Ads campaign bertujuan untuk mempersuasi orang lain untuk melakukan tindakan yang spesifik seperti mendaftar program atau membeli produk/menggunakan jasa.
Jenis-Jenis Campaign
Berikut ini beberapa jenis campaign:
1. SEO
SEO adalah tindakan untuk meningkatkan ranking website di search engine. Saat suatu website berhasil ada di peringkat teratas search engine, potensi kenaikan traffic organic, brand awareness, leads hingga conversions juga meningkat pesat.
2. Product Marketing
Product marketing campaign digunakan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produk ke pasar. Ini adalah salah satu langkah terpenting dalam product life cycle karena berhasil tidaknya marketing campaign berpengaruh besar terhadap penjualan.
3. Brand Awareness Campaign
Brand awareness campaign dijalankan saat bisnis menginginkan supaya produknya lebih dikenal luas di masyarakat. Semakin diingat suatu produk maka semakin besar kemungkinan customer untuk mempertimbangkan produk ketika ingin berbelanja. Dalam brand awareness campaign, harga bukan satu-satunya factor yang memotivasi perilaku konsumen. Strategi ini lebih membangkitkan perasaan emosi dan kognitif. Misalnya ketika seseorang membeli produk yang mahal dan merknya dikenal prestise maka kepercayaan dirinya akan meningkat.
4. Media Sosial
Social media campaign memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau target audiens. Platform ini memungkinkan bisnis secara langsung berinteraksi dengan audiens. Social media campaign sangat cocok digunakan membangun brand awareness, menghasilkan traffic, mendorong engagement sampai dengan meningkatkan penghasilan.
5. PR Campaign
Campaign hubungan masyarakat (public relations campaign) bertujuan mengelola komunikasi agar perusahaan mendapatkan citra positif dari media dan masyarakat umum. Berbeda dengan kampanye lain yang biasanya memberikan diskon dan penawaran khusus, PR campaign justru mengirimkan press release tentang manfaat dan bagaimana produk bisa menjawab permasalahan audiens. PR campaign efektif digunakan untuk memberikan nilai tambah produk, membangun brand image, mendapatkan perhatian media serta mempromosikan gagasan penting.
6. Sales Promotion Campaign
Sales promotion campaign bertujuan merangsang permintaan produk/jasa. Campaign jenis ini adalah campaign dalam jangka pendek yang hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja. Langkah yang sering diambil yaitu memberikan diskon, memberikan penawaran khusus, kupon, obral kilat dan sebagainya. Meskipun mempercepat penjualan, tetapi sales promotion campaign juga memungkinkan untuk menurunkan nilai produk dan lebih sulit menjual produk dengan harga yang normal di masa mendatang.
7. Email Marketing Campaign
Email marketing campaign dilakukan dengan menyebarluaskan campaign melalui saluran email. Suatu bisnis biasanya mengirimkan email kepada target audiens berisi newsletter, informasi bahwa ada barang yang tertinggal di keranjang belanja, diskon dan penawaran khusus, promosi produk baru dan masih banyak yang lainnya.
8. 360 Marketing Campaign
360 marketing campaign menggunakan satu pesan yang sama pada berbagai channel marketing untuk memasarkan produk/layanan lewat media online sampai dengan media offline. Dengan menggunakan cara ini, bisnis berkesempatan menjangkau lebih banyak audiens dan mempermudah potential clients untuk membeli produk.
Manfaat Digital Campaign
No | Manfaat Digital Campaign |
1 | Brand punya reputasi yang jauh lebih baik |
2 | Brand diakui keberadaannya dengan luas |
3 | Mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan |
4 | Volume penjualan meningkat |
5 | Punya customer segmentation yang lebih luas |
6 | Meningkatkan brand awareness |
7 | Meningkatkan efisiensi marketing |
Tips Sukses Digital Marketing Campaign untuk Bisnis
Berikut ini cara mudah membuat campaign untuk bisnis anda:
1. Mengenali Target Audiens Bisnis
Mengenali target audiens adalah langkah pertama yang harus anda lakukan. Tujuannya adalah agar campaign yang anda lakukan lebih tepat sasaran dan tidak menjadi sia-sia. Selian itu, dengan mengetahui target pasar sebelum melakukan campaign maka juga mempermudah anda dalam Menyusun strategi campaign sehingga mempermudah anda dalam mencapai tujuan campaign.
2. Membuat Konten yang Menarik
Konten menjadi kunci keberhasilan anda dalam melakukan campaign, anda harus bisa menghasilkan konten yang menarik perhatian audience dan tertarik menggunakan produk atau jasa anda. Seharusnya setelah mengenali target audience maka akan mempermudah anda dalam membuat konten. Content marketer yang baik adalah yang bisa membuat konten yang sesuai dengan kriteria audiens-nya.
3. Tampilan Visual Iklan Harus Konsisten
Setelah membuat konten yang menarik, maka sekarang adalah saatnya anda men-design tampilan iklan campaign. Hal paling penting yang harus anda perhatikan adalah konsistensi tampilan, artinya dalam promosi di media apa saja tampilan visual iklan anda harus tampak sama. Tampilan visual tidak hanya sebatas logo namun juga termasuk font, warna, dan gaya photography yang menjadi ciri khas produk atau jasa anda. Tidak hanya konsisten, tampilan visual iklan anda juga harus menarik dan sesuai dengan kriteria target audiens anda.
4. Memastikan Iklan Terintegrasi
Pada bagian ini, anda bisa menggunakan CTA (Call To Action). CTA adalah suatu action yang berhubungan dengan iklan anda dan bisa mengarahkan audiens ke tujuan akhir campaign misalnya mengarah ke website atau produk anda. CTA biasanya berupa button.
5. Review Hasil Campaign
Setelah melakukan campaign, hal terpenting yang harus anda lakukan yaitu melakukan review hasil campaign anda. Review hasil campaign dijadikan sebagai tolok ukur untuk campaign selanjutnya. Dengan melakukan review hasil campaign juga membuat anda terhindar dari kesalahan yang mungkin anda lakukan pada campaign sebelumnya. Dengan demikian, bisnis anda akan terus berkembang lewat campaign yang anda lakukan.
FAQ
Mengapa perlu melakukan kampanye pemasaran?
-Kampanye pemasaran diperlukan untuk mencapai tujuan bisnis seperti meningkatkan penjualan, memperluas basis pelanggan, meningkatkan kesadaran merek, dan mempengaruhi perilaku konsumen. Kampanye pemasaran yang baik dapat membantu mencapai hasil yang diinginkan dengan cara yang efektif dan efisien.
Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum meluncurkan kampanye pemasaran?
-Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum meluncurkan kampanye pemasaran antara lain: tujuan kampanye, target audiens, anggaran yang tersedia, saluran pemasaran yang akan digunakan, pesan yang ingin disampaikan, dan metrik yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye.
Read more about seo google ads & agency live streaming game.